Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh Beserta Sumber Makanannya

Ada banyak sekali manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, manfaat vitamin D lainnya juga tak kalah pentingnya. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, otak hingga otot.

Fungsi vitamin D bagi tubuh secara umum berguna untuk membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh, yang nantinya turut membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D merupakan salah satu zat gizi terpenting bagi tubuh manusia.

Tak heran, vitamin D menjadi salah satu asupan yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan ini pada umumnya bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti ikan dan susu. Namun, untuk mendapatkan asupan vitamin D yang banyak yakni berasal dari sinar matahari.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh beserta sumber makanannya. Tentu saja informasi ini akan menambah wawasan kamu tentang kesehatan dan makanan bergizi. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat adanya virus corona, masyarakat jadi lebih paham dan tahu salah satu manfaat vitamin D ini. Ya, vitamin D mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini memang telah terbukti vitamin D bisa mengurangi risiko seseorang tertular pilek, flu serta infeksi pernapasan lainnya.

Tidak banyak yang tahu, vitamin D membantu tubuh dalam mengatur ribuan ekspresi gen. Di mana nantinya akan menyalakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang masuk dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga menjadi pemicu induksi serta ekspresi gen antimikroba peptida. Karena inilah, vitamin D mampu membuat tubuh menjadi lebih optimal dalam melawan infeksi yang sedang menyerang tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah pada Tubuh

Manfaat vitamin D lainnya yaitu bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam darah. Tahukah kalian, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes.

Fakta tersebut juga telah diperkuat oleh sejumlah penelitian. Menurut hasil penelitian, kadar vitamin D yang tidak tercukupi mampu menimbulkan dampak buruk pada sekresi insulin serta toleransi glukosa. Maka dari itu, penuhi kebutuhan asupan vitamin D kalian setiap harinya.

Mencegah Gangguan Depresi

Siapa sangka, manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh salah satunya mencegah terkena depresi. Belakangan, banyak sekali kasus bermunculan di mana seseorang menderita depresi. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami gangguan pada kesehatan mental tersebut.

Salah satu cara mengatasinya yakni mendapatkan vitamin D secara tepat. Ya, kebutuhan asupan vitamin D dalam tubuh tercukupi, mampu membuat risiko seseorang terkena depresi semakin rendah. Vitamin D ini diketahui mampu mengurangi gejala depresi ringan. Hal ini karena kemampuan vitamin D dalam meningkatkan fungsi otak.

Membantu Melawan Penyakit Kanker

Manfaat vitamin D berikutnya yakni mampu membantu melawan kanker. Diyakini vitamin D dapat membantu tubuh dalam melawan beberapa jenis penyakit kanker. Mulai dari kanker usus besar, kanker payudara dan kanker prostat.

Sebab, vitamin D memiliki kandungan jenis hormon aktif yaitu kalsitriol. Hormon aktif inilah yang dipercaya mampu mengurangi perkembangan sel kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, hormon kalsitriol juga bisa memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker dan menekan pertumbuhan serta penyebaran sel kanker.

Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Terakhir, manfaat vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh yakni membantu dalam proses meremajakan kulit. Siapa sangka, vitamin D secara efektif mampu membuat kulit tubuh terlihat semakin cerah dan sehat. Namun tetap harus dengan memenuhi asupan vitamin D secara tepat setiap harinya. Baik itu dari ikan, telur, margarin hingga susu.

Dengan terpenuhinya asupan vitamin D, khususnya jenis vitamin D2 dan D3, maka kulit akan terbantu dalam meremajakan sel-selnya. Jangan heran, bila kulit seseorang bisa terlihat lebih sehat, segar dan awet muda dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin D.

Sumber Makanan Vitamin D

Salmon

Salmon juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D. Selain itu, salmon juga mengandung protein, dan kaya akan kandungan omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada 3 ons ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D.

Selain salmon, ikan yang mengandung vitamin D yang tinggi seperti salmon adalah ikan tenggiri, ikan sarden, dan ikan todak atau swordfish.

Udang

Udang tergolong rendah lemak, sehingga terbilang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, dalam satu porsi udang juga terkandung 152 IU vitamin D. Kandungan baik dalam udang lainnya adalah protein, tembaga, yodium, vitamin B2, dan fosfor.

Kuning Telur

Makanan yang mengandung vitamin D pertama adalah telur. Tepatnya, pada kuning telur kamu bisa mendapatkan vitamin D. Pada satu buah kuning telur, setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D.

Walaupun sehat, namun kamu perlu membatasi jumlah asupan telur, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, satu telur beserta putih telurnya mengandung sekitar 200 miligram kolesterol. Kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi telur lebih dari 300 miligram per hari demi menjaga kesehatan jantung.

Ikan Tuna Kemasan

Makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah ikan tuna. Ya, selain ikan segar, ikan tuna di dalam kemasan juga bisa kamu pilih sebagai alternatifnya. Soalnya, di dalam 100 gram tuna kalengan mengandung 236 IU vitamin D.

Namun, apabila kamu memutuskan untuk mengonsumsi ikan tuna kaleng, pastikan bahwa jenis tuna tersebut terhindar dari merkuri. Disarankan untuk memilih tuna dalam kemasan dengan label “light” atau batasi konsumsi tuna jenis ini setidaknya 200 gram dalam seminggu.

Selain ikan tuna dalam kemasan, kamu juga bisa memilih sarden. Sarden juga mengandung vitamin D di dalamnya. Pada sarden kaleng memiliki 40 IU per dua sardennya.

Tahu

Makanan berbahan dasar kedelai ini juga ternyata mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Pada 100 miligram tahu mengandung 157 IU vitamin D.

Jamur Portobello

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya yaitu jamur Portobello. Jamur ini layaknya manusia, di mana jamur memiliki kapasitas untuk memproduksi vitamin D bila terkena sinar ultraviolet. Jamur biasanya tumbuh dalam gelap dan tidak mengandung vitamin.

Namun, ada jamur tertentu yang hidup karena matahari dan memproduksi vitamin D, seperti jamur Portobello ini. Jamur ini akan memberikan 400 IU vitamin D per 3 ons atau sekitar 1 cangkir jamur potong dadu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading