Sukses

Lifestyle

4 Rekomendasi Novel Risa Saraswati yang Penuh Cerita Seram dan Menegangkan

Fimela.com, Jakarta Salah satu genre novel yang banyak diminati para pembaca ialah novel bergenre horor. Jelas saja, karena novel horor memberikan sensasi dan pengalaman membaca yang tidak biasa, bisa saja membuatmu merinding dan ketakutan. 

Berbeda dengan novel yang bertema remaja atau cinta, novel bergenre horor pastinya akan berisi rentetan cerita yang menegangkan karena menampilkan sosok-sosok tak kasat mata. Setiap alurnya akan menuntun imajinasimu pada hal-hal yang mungkin saja belum pernah kamu alami sebelumnya. 

Terkait novel bergenre horor, Risa Saraswati adalah salah satu penulis novel horor yang cukup terkenal karena karyanya banyak yang menjadi best-seller hingga diangkat ke cerita layar lebar. Risa Saraswati sendiri menuliskan novel berdasarkan pengalaman mistis yang ia alami sendiri. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 rekomendasi novel Risa Saraswati yang penuh cerita seram dan menegangkan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Novel Janshen

Judul : Janshen

Penulis : Risa Saraswati

Penerbit : PT. Bukune Kreatif Cipta

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 214 halaman

Sesuai dengan judul, buku ini bercerita tentang kisah hidup Si ompong Janshen. Dalam novelnya, Janshen diceritakan sebagai anak kecil yang dikenal dengan karakternya yang selalu ceria. Ia hampir saja genap berumur enam tahun. Adapun nama lengkapnya adalah Jantje Heinrich Janshen. 

Janshen terlahir dari keluarga yang terkenal akan kebaikannya sekalipun dengan kaum pribumi. Di Hindia Belanda keluarga Janshen bahkan tak kesusahan saat mencari pegawai untuk toko mereka. Orang-orang sangat menghormati mereka. Ibunda Janshen, Martha seringkali mendapat bonus dari para pedagang pribumi saat ia berbelanja. Keempat anaknya dibebaskan untuk berbaur dengan siapapun. Martha berpikir, orang tak akan menjahatinya jika dia bersikap baik pada orang lain.

Kemudian, buku ini juga tidak semata-mata mengisahkan kisah hidup Janshen, tetapi juga kakak-kakaknya yakni Lizbeth, Anna, dan Reina. Mulai dari bagaimana Lizbeth bertahan hidup dengan penyakitnya, persahabatan antara Anna dengan Satirah, hingga kisah cinta Anna dengan guru muda Joshua.

Pada akhir novel diungkapkan tentang bagaimana Anna dan Janshen bertahan hidup di negara jajahan Hindia Belanda sementara orang tua dan dua kakaknya pergi ke Netherland untuk pengobatan Lizbeth dan Reina. Kegaduhan yang ditimbulkan oleh pasukan Nippon membuat Anna terpaksa menyerahkan diri demi melindungi nyawa Si kecil Janshen.

Novel Hans

Judul : Hans

Penulis : Risa Saraswati

Penerbit : PT. Bukune Kreatif Cipta

Tahun terbit : 2017

Jumlah halaman : vi + 258

Hans merupakan salah satu karya Risa Saraswati yang paling banyak ditunggu oleh para pembaca setia novel Risa Saraswati. Novel Hans ini menceritakan tentang konflik semasa hidup Hans. Risa Saraswati membuka gerbang dialog dengan Hans, kemudian Hans mulai menceritakan kisahnya.

Novel ini bermula dari kisah masa kecil Heleen dan Anke. Anke adalah gadis baik hati dan tidak sombong yang berasal dari keluarga terhormat Netherland, sedangkan Heleen merupakan gadis berdarah campuran Netherland dan Irlander. Semasa sekolah hanya Anke yang mau berteman dengan Heleen. Hubungan baik mereka masih barlanjut sampai masing-masing mempunyai anak.

Namun, ketika Anke mulai berteman dengan Leonore Willem, banyak hal buruk yang terjadi, dan menyebabkan persahabatan mereka muali retak. Hingga pada suatu hari Leonore menuduh Heleen yang membunuh Anke padahal Leonorelah yang membunuh Anke. Dimulailah perjalanan nenek Rosemary dan Hans, hidup berpindah-pindah dengan penuh kekhawatiran dan selalu bertanya-tanya apakah keluarganya masih hidup.

Secara garis besar, buku ini menggunakan alur maju mundur yang membuat bingung pada permulaan cerita. Beberapa kisah dalam buku ini merupakan lanjutan dari novel Hendrik contohnya Helena, di dalam buku ini tidak dijelaskan siapa helena tapi tiba-tiba ada tokoh bernama Helena. Tentu saja adanya tokoh-tokoh baru dalam novel ini akan cukup membingungkan pembaca. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membaca novel berjudul Hendrik terebih dahulu. 

Novel William

Judul       : William

Penulis    : Risa Saraswati

Penerbit  : PT. Bukune Kreatif Cipta

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 216 halaman

William Van Kemmen adalah seorang anak kecil yang tampan, apalagi dengan biola yang selalu menemaninya. Namun, jauh didalam hatinya ia merasa kesepian. Semua itu karena perpindahan keluarganya ke Hindia Belanda. Digambarkan bahwa William sering memiliki tatapan kosong karena kesedihan, tidak ada yang mau berteman dengannya.

Ketika William meninggal, barulah dia merasa bahagia. Akhirnya dia berteman dengan Peter si anak nakal, Hendrick yang congkak, Hans yang perasa, Janshen si ompong, hingga Risa si anak manusia yang bisa melihat hantu.

Ini adalah kisah tentangnya, kisah yang selama ini William dekap dengan erat.

Novel Peter

Judul Buku : Peter

Penulis : Risa Saraswati

Tahun Terbit : 2019

 Penerbit : PT. Bukune Kreatif Cipta

Jumlah Halaman : 176

Peter van Gils adalah satu dari lima sahabat tak kasat mata Risa Saraswati, yaitu William, Hendrick, Janshen, Hans, dan Peter. Ia adalah anak hantu keturunan bangsawan Belanda yang tidak bisa diatur, suka memerintah semua teman-temannya, hantu maupun manusia. 

Anak ini tidak berbadan kukuh, namun berlagak seolah memiliki badan paling tegap diantara anak-anak lainnya. Bisa dikatakan bahwa Peter adalah pemimpin bagi keempat sahabatnya. Kisah masa lalunya itu menyebabkan Peter memiliki sikap tersebut.

Peter adalah seorang keturunan Belanda tulen yang lahir di Bandung dari orangtua yang bernama Beatrice van Gils dan Albertus van Gils. Beatrice adalah seorang perempuan cantik yang sangat keibuan, sementara ayahnya merupakan seorang residen komandan yang bertugas di Hindia Belanda.

Secara garis besar, novel ini bisa menjadi bacaan yang sangat menarik dan cocok untuk semua usia. Cerita ini sangatlah cocok untuk orang-orang yang menyukai fiksi, sejarah, sekaligus kisah nyata. Alur dari cerita ini mudah dimengerti walaupun alurnya berpindah maju-mundur dari masa lalu ke masa sekarang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading