Sukses

Lifestyle

7 Penyebab HP Cepat Panas, Berikut Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Handphone menjadi salah satu barang yang sangat dekat dengan kita, bagaimana tidak. Handphone dapat mempermudah kita untuk melakukan berbagai hal mulai berkomunikasi, browsing, dan mencari hiburan. Karena bentuknya yang simple dan fungsi yang sangat beragam, hal ini membuat banyak penggemar Handphone.

Kecanggihan yang ditawarkan dalam handphone, pasti terdapat batasnya. Seperti jika kamu terlalu sering menggunakan handphone, pasti akan membuat handphone kamu panas dan baterai cepat habis. Hal ini tentunya akan membuat kinerja handphone semakin melambat.

Namun penyebab hp cepat panas dapat dengan mudah untuk diatasi dengan berbagai cara. Bagi kamu yang memiliki masalah handphone cepat panas, berikut beberapa penyebab hp cepat panas yang perlu kamu ketahui :

1. Bermain Game Cukup Lama

Salah satu penyebab utama hp cepat panas adalah menggunakan untuk bermain game dengan waktu yang lama, Kebiasaan ini kerap terjadi jika kamu salah satu penikmat game. Bermain game memanglah hal yang sangat asyik dan tentunya dapat menghibur, akan tetapi jika kamu terlalu sering bermain game dengan waktu yang lama di Handphone, akan membuat hp cepat panas.

Hal ini dikarenakan applikasi game memiliki intensitas yang tinggi dan inti pemrosesan pusat pada posel, selain unit pemrosesan grafis juga dapat membuat handphone kamu cepat panas. Sebaiknya, kamu mengurangi waktu bermain game dengan menggunakan handphone.

2. Streaming

Selanjutnya adalah menggunakan hp untuk menonton streaming, jika kamu jarang menggunakan handphone untuk bermain game mungkin kamu terlalu sering menggunakan handphone untuk menonton konten streaming. Seperti kamu menonton Youtube untuk waktu yang cukup lama, tentu hal ini tidak ada bedanya.

Selain jika kamu kerap menonton konten streaming di Youtube, akan membuat handphone kamu memuat data video dan menjaga tampilan agar tetap aktif untuk jangka waktu yang lama. Dan hal ini akan membuat handphone kamu menjadi cepat panas.

3. Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab hp cepat panas adalah fakto lingkungan, paparan sinar matahari akan menjadi penyebab paling umum hp kamu panas. Hal ini dinamakan overheating, panas sinar matahari akan merusak komponen internal posel, yang akan memperngaruhi masalah baterai, memperlambat kinarja, dan dapat merusak layar.

4. Layar Terlalu Terang

Salah satu penyebab hp cepat panas adalah layar terlalu terang, pengaturan kecerahan layar juga dapat memperngaruhi prosesor dan membuat baterai hp cepat habis. Selain itu juga dapat mengakibatkan hp kamu cepat panas, kamu dapat engatasinyadengan megaktifkan keceraan otomatis dengan menentukan seberapa terang layar yang akan kamu butuhkan.

5. Menggunakan HP ketika di Charge

Jika kamu salah satu orang yang menggunakan handphone ketika di cas, kamu juga harus hati-hati karena jika hal ini terus kamy lakukan, akan merusak hardware dan bahkan dapat  meledakkan handphone. Saat kamu mengisi daya, pastikan untuk menempatkan ditempat yang sejuk dan rata. Hindari untuk menaruh handphone di atas kasur atau bantal.

6. Masalah pada Baterai Charge

Tak hanya menggunakan hp ketika di charge, kamu juga perlu untuk mencari tahu apakah baterai hp kamu bermasalah atau tidak, hal yang perlu kamu perhatikan adalah keadaan baterai dan kabel charging. Jika baterai atau kabel charge yang sudah terlalu lama, akan membuat handphone kamu panas.

7. Pembaharuan Software

Salah satu penyebab hp cepat panas adalah software yang belum diperbaharui, selain itu applikasi pada software di handphone juga membutuhkan pembaharuan. Biasanya handphone akan terlalu panas saat diperbaharui, hal ini dapat terjadi bug di OS yang perlu kamu perbaiki melalui pembaharuan, yang dapat memungkinkan untuk peningkatan daya.

Cara Mengatasi HP yang cepat panas

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi handphone yang cepat panas:

  • Hindari cahaya matahari
  • Matikan applikasi yang tidak dibutuhkan
  • Menurunkan tingkat kecerahan layar
  • Melepaskan casing hp
  • Memperbaharui applikasi dan software
  • Memisahkan ponsel dari gadget lainnya
  • Menghapus applikasi yang tidak dibutuhkan
  • Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba

Nah, itulah beberapa penyebab handphone cepat panas dan cara mnegatasi apabila handphone kamu cepat panas. Menggunakan handphone juga perlu cara perawatannya lho, jika kamu merawat dengan baik akan membuat handphone kamu tidak cepat panas dan tidak cepat baterai habis. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading