Sukses

Lifestyle

7 Penyebab HP Sering Panas dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Ketika kita sedang bermain games atau menggunakan handphone untuk melakukan beberapa pekerjaan, tentu akan membuatnya menjadi lebih panas. HP yang panas tentu sangat tidak nyaman saat digenggam. Hal ini juga dapat terjadi ketika kamu menggunakannya terlalu sering atau membuka applikasi berat lainnya.

Selain itu HP yang terlalu panas juga tidak baik untuk kesehatan baterai dan penggunaannya. Beberapa HP yang panas biasanya akan membuat lemot atau susah saat kita sedang membrowsing sesuatu.

HP juga perlu perawatan yang bagus agar penggunaannya dapat berjangka panjang. Selain itu kamu juga perlu mencari tahu apa saja penyebab HP cepat panas. Berikut di bawah ini beberapa penyebab HP cepat panas:

1. Penggunaan HP yang berlebihan

Beberapa penyebab HP cepat panas yaitu saat kita membuka kamera ponsel dalam waktu lama, menggunakan HP dengan kecerahan layar tinggi, atau bermain game.

Penggunaaan HP yang sangat insentif atau tanpa henti tentu akan membuat prosesornya bekerja terus menerus hal ini tentu akan mengakibatkan HP cepat panas. Selain itu jika kita menggunakan kamera HP untuk waktu yang lama maka membuat prosesor dan layar akan beekrja terus menerus.

2. Pembaharuan Perangkat Lunak

Ternyata pembaharuan perangkat lunak sering menjadi salah satu penyebab utama Hp cepat panas. Terkadang bug dapat menyebabkan applikasi terjebak dalam loop yang memakan sumber daya prosesor, sementara bug dapat mengakibatkan konsumsi memori yang berlebihan. Hal ini tentu akan menyebabkan HP lebih panas dan baterai cepat habis.

3. Baterai, Kabel atau Pengisi Daya yang Rusak

Hal ini ternyata juga sangat berbahaya untuk kesehatan baterai. Baterai, kabel, dan pengisi daya yang rusak dapat membuat HP cepat panas ketingkat yang berbahaya.

Kamu juga perlu tahu bahwa tidak semua pengisi daya dibuat dengan tingkat kualitas yang sama dan baik. Selain itu, kerusakan disik juga dapat membuat baterai tidak dapat menahan tekanan pengisian daya dan membuat beberapa ponsel meldak saat di charge.

4. Mengisi Baterai saat Tidur

Mungkin masih banyak orang yang selalu mengisi baterai HP saat tertidur. Hal ini sangat tidak dianjurkan dan tidak baik untuk kesehatan baterai. Saat kamu tertidur mungkin tidak mengetahui bahwa HP yang kamu charge akan panas atau tidak. Selain itu jika kamu masih charge HP dan menyimpannya di bawah bantal hal ini juga dapat menyebabkan HP kamu cepat panas.

5. Ventilasi Terblokir

Ketika port pengisian diblokir maka akan membuat HP kamu cepat panas. Hal ini biasanya akan terjadi ketika beberapa ponsel dengan model lama. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh suhu ruangan yang tinggi, saat siang hari dan panas yang sangat terik. Selain itu jika kamu menaruh HP di dasbor mobil akan membuatnya semakin panas karena paparan sinar matahari yang berlebih.

6. Kerusakan Internal

Perlu kamu tahu bahwa baterai yang rusak juga menjadi salah satu penyebab utama HP cepat panas. Jenis kerusakan internal lainnya juga dapat dipegaruhi usia HP yang sudah cukup lama. Ternyata beberapa ponsel dilengkapi dengan mekanisme pendingin canggih, hal ini juga bisa rusak jika kamu tidak sengaja menjatuhkan ponsel dan tidak mengetahui kerusakannya.

7. Perangkat Keras

Perangkat keras yang lebih tua, terutama prosesor seringkali dapat membuat ponsel terlalu panas karena berbagai faktor. HP yang sudah lama biasanya dapat membuat termal dapat mengilang, membuat prosesor rentan terhadap pendinginan yang tidak efisien.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Ketika HP yang kamu gunakan panas tentu sangat tidak nyaman saat digenggam. Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab HP panas kamu juga perlu mengatasi HP yang panas, seperti di bawah ini:

  • Hindari pemakaian HP terlalu sering, jika kamu sedang bermain game atau menggunakan HP ada baiknya berhenti sejenak untuk membuat HP kamu dingin.
  • Matikan Wi-Fi atau data seluler di area tanpa sinyal. Jika kamu menyalakan keduanya maka akan membuat HP terus mencari sinyal dan membuat cepat panas.
  • Install applikasi dari pengembang yang paling efektif, selain itu kamu juga perlu mendownload beberapa pengembang HP yang paling menjamin keamanan HP kamu.
  • Perbaharui Applikasi secara berkala, jika kamu memperbaruhi yang paling baru secara langsung dapat membuat bug lama dan menyebabkan baterai cepat panas dan habis.
  • Jangan pernah menggunakan ponsel dengan baterai yang rusak.
  • Hindari meninggalkan ponsel di dalam mobil dan jauhkan HP dengan paparan sinar matari secara langsung saat di mobil.

Nah itulah beberapa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya. Layaknya manusia HP juga memerlukan perawatan yang baik dan benar, selain itu HP yang panas juga membutuhkan istirahat agar HP yang kamu gunakan cepat dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading