Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kucing Sakit Mata yang Menjadi Masalah Serius

Fimela.com, Jakarta Mata bagi kucing merupakan salah satu yang indah dan menarik selain bulunya, tapi pernahkah hewan peliharaan kamu satu ini mengalami masalh mata, seperti infeksi atau sakit mata? Jika kita mengetahui hewan kesanyangan kita sedang sakit tentu akan membuat kita sedih sekaligus panik. 

Mungkin kita pernah melihat kucing mengalami sakit pada matanya yang menimbulkan putih-putih di sekitar matanya atau beberapa infeksi lainnya. Tapi tahukah kamu apa yang dapat menyebabkan kucing mengalami sakit mata? Mungkinkah hal ini disebabkan oleh bakteri ataupun virus?

Kucing yang memiliki mata keruh atau mengeluarkan cairan bahkah saat berkedip, tentu saja mereka mungkin mengalami infeksi mata atau sesuatu yang buruk sedang mereka alami. Jika kucing kesayangan kamu mengalami hal ini ada baiknya untuk ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan dan pengobatan khusus, tapi sebelum itu kamu perlu tahu apa saja penyebab sakit mata pada kucing di bawah ini:

 

1. Konjungtivitis "Mata Merah Muda"

"Mata Merah Muda" atau konjungtivitis pada kucing merupakan peradangan serta infeksi pada lapisan luar mata atau permukaan dalam kelopak mata. Biasanya mata kucing akan tampak lebih merah serta bengkak, tak hanya itu ternyata kucing yang mengalami sakit mata juga tidak mendapatkan infeksi mata dari manusia.

Tetapi terkadang terdapat beberapa penyebab infeksi mata yang dapat menyebar dari kucing ke kucing lainnya, jika kucing kamu mengalami hal ini sebaiknya untuk mengobati antibiotik maupun obat tetes mata dan salep untuk meradang. Penyebab lainnya dari konjungtivitis adalah infeksi saluran pernapasan, jamur, virus, bahkah bakteri. 

2. Blefaritis "Kelopak Mata Teriritasi"

Blepharitis satu ini ternyata dapat disebabkan oleh entopion, hal ini akan terjadi ketika kelopak mata terlipak ke dalam dan bergesekan dengan mata. Selain itu ada beberapa kucing yang sangat rentan dengan kondisi seperti ini, biasanya mereka yang memiliki wajah datar dan lipatan kulit yang menonjol. 

Selain itu penyebab lainnya, perlu kamu bawa ke dokter untuk mendiagnosis sakit mata yang dialami oleh kucing. Biasanya dokter akan mendiagnosisi penyebab lainnya seperti kelainan sejak lahir, reaksi alergi, tumor yang mempengaruhi mata, serta gangguan peradangan lainnya. 

3. Katarak Kucing

Sama seperti halnya manusia, seiring bertambahnya usia maka penglihatan bisa akan kabur atau berkabut. Kucing juga akan mengalami hal seperti itu, ia juga dapat terkena katarak meskipun jarang dan biasanya akan terlihat pada kucing geriatri. 

Kasus satu ini biasanya disebabkan oleh peradangan mata ataupun faktor genetik yang akan mempengaruhinya, dalam beberapa kasus katarak yang dialami oleh kucing dapat sembuh dengan melakukan operasi. 

4. Glaukoma "Tekanan Mata Terlalu Tinggi"

Mata yang sehat biasanya akan mengerakkan cairan, istilah ini dikenal sebagai aqueous humor yang akan masuk dan keluar dati belakang lensa mata. Jika cairan tersebut terseumbat maka tekanan yang meningkat akan menyebabkan kerusakan pada mata kucing dan dapat mempengaruhi penglihatan kucing serta membuat ia merasa tidak nyaman. 

Selain itu sebagian kasus besar glukoma yang dialami oleh kucing juga dapat disebabkan oleh peradangan atau infeksi saluran drainase mata yang memungkinkan tekanan menumpuk. Tak hanya itu penyebab lainnya juga dapat dikarenakan peradangan, disklokasi lensa, tumor, maupun kerusakan pada mata lainnya. 

5. Keratitis "Kornea Meradang"

Terdapat kondisi lainnya yang terjadi pada area mata kucing, peradangan pada kornea ini juga akan tembus pandang dan dapat menutupi iris serta pupil yang menyakitkan serta dapat menyebabkan kebutaan jika penyebab dasarnya tidak segera diobati. 

Seperti yang kamu tahu bahwa ternyata banyak alasan mengapa kucing dapat terkena infeksi pada mata. beberapa infeksi pada yang terjadi pada kucing mungkin bukanlah masalah yang serius, tetapi kucing juga perlu membutuhkan perawatn agar merasa nyaman. Bakteri, virus, jamur, bahkan alergi juga dapat mengancam penglihatan kucing. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading