Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Freezer Tidak Dingin yang Sering Jadi Masalah dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan di rumah, manfaat dari kulkas sendiri menyimpan makanan agar lebih segar dan awet. Tak hanya itu beberapa bagian dari kulkas juga memiliki fungsi seperti freezer untuk membekukan makanan atau air menjadi es.

Pernahkah kamu mengalami masalah pada freezer? Ketika salah satu bagian dari kulkas mengalami masalah tentu akan menghambat makanan atau minuman yang telah kita simpan di dalam kulkas. Bagaimana jika freezer di dalam kulkas tidak dingin? Tentu kamu akan bertanya apa saja penyebab nya.

Mungkin kita jarang merawat kulkas sehingga jarang memperhatikan kesehatan dan perawatannya dengan baik. Tetapi jika ada masalah pada freezer tentu akan membuat kita bertanya dan mencari seorang teknisi untuk memperbaikinya. Sebelum itu kamu perlu mencari tahu beberapa penyebab freezer tidak dingin yang menjadi masalah: 

1. Mengisi Freezer Terlalu Penu

Di dalam freezer tentu terdapat udara yang sangat dingin berfungsi untuk bersikulasi dan membekukan semua makanan yang mudah rusak yang telah kamu masukan. Jika kamu mengisinya hingga penuh tentu akan membuat freezer tidak cukup menerima udara dingin dan tetap tidak beku. Hal ini dapat kamu atasi dengan cara mengurangi makanan ataupun minuman yang telah kamu masukan ke dalam freezer, selain itu juga dapat membuat makanan atau minuman menjadi lebih dingin dan dapat belu.

2. Periksa Segel Pintu

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan selain mengurangi makanan di dalam freezer adalah periksa paking pintu. Pemeriksaan ini harus dilakukan secara teliti agar mengetahui bagian yang sobek, meskipun terkadang kita tidak memperhatikannya secara teliti tetapi kamu perlu memperhatikan beberapa bagian yang terlihat longgar atau membuat freezer tidak dingin.

Kamu dapat memasukkan selembar uang kertas di antara paking dan freezer dan menarik uang kertas tersebut, jika ada bagian yang longgar tentu akan sangat terlihat.

3. Besihkan Koil Kondensor atau Evaporator yang Kotor

Kumparan kondensor dari kebanyakan lemari es dapat kamu lihat di bagian belakang sisi kulkas. Gunakanlah kombinasi sikat Evaporator, kain lembab, dan vakum untuk membersihkan nya hal ini perlu kamu lakukan secara hati hati. Ketika Kumparan kondensor terlalu kotor, biasanya tidak dapat menyebarkan panas secara efisien.

Hal inilah yang biasanya akan buat kompresor bekerja, freezer tidak dapat mempertahankan suhu dingin untuk membukan makanan atau mengawetkan makanan. Selain itu untuk memastikan nya kamu dapat mengoperasikan dengan membersihkan koil kondensor setidaknya satu minggu satu kali.

4. Relay Start yang Salah

Jika kompresor tidak bekerja tentu freezer tidak dapat membekukan bahan yang mudah rusak. Salah satu kemungkinan penyebab primer tidak dingin adalah relay start yang rusak atau salah. Hal ini bukan sesuatu yang dapat kamu lakukan sendirian, tetapi kamu dapat memanggil teknisi untuk memperbaikinya. Tak hanya itu hal ini juga membutuhkan beberapa alat dan pengetahuan tentang kulkas serta freezer.

5. Perhatikan Kipas Evaporator

Kipas evaporator memiliki fungsi utama yaitu untuk memindahkan udara di atas kondensor serta menghilangkannya untuk menurunkan suhu. Jika kipas ini tidak berfungsi dengan baik tentu freezer tidak dapat membantu membekukan makanan karena sirkulasi udara tidak akan cukup dingin. Kamu dapat memanggil teknisi untuk memperbaiki kipas operator tersebut.

Cara Mencegah Freezer Tidak Dingin dan Beku

  • Baca Buku Panduan : saat kita membeli kulkas tentu akan diberikan buku panduan tentang menyalakan kulkas atau memperbaiki kulkas ketika ada yang rusak. Jika kamu tidak dapat memanggil teknisi, kamu dapat membaca buku panduan untuk mengetahui beberapa caranya.
  • Bersihkan Freezer : Seberapa sering kah kamu membersihkan freezer? Banyak dari kita yang jarang memperhatikan kebersihan dan merawat freezer serta kulkas dengan baik. Padahal masalah yang paling utama freezer tidak menjadi dingin atau kerusakan kulkas adanya kotoran yang jarang kita bersikan, mulai dari dari sekarang cobalah untuk membersikan freezer dan pakaian kulkas lainnya agar menjadi dingin kembali.
  • Jaga Suhu Tetap Optimal : Idealnya suhu bagian dalam freezer yaitu 0°F (-17.78°C). Bagaimana cara menjaga suhu kulkas tetap optimal? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan dengan mengurangi beberapa makanan atau minuman yang membuat kulkas menjadi penuh.

Frezeer yang tidak dingin tentu akan membuat kita kesulitan untuk membekukan makanan atau minuman. Hal ini mungkin dapat terjadi karena kita jarang memperhatikan perawatan kulkas atau membersihkan bagian bagian dalam kulkas, jika kamu mengalami beberapa masalah pada freezer atau bagian kulkas lainnya dapat memanggil teknisi atau kamu dapat membersihkan kulkas secara rutin dan memperhatikan perawatan kulkas lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading