Sukses

Lifestyle

Tips Berolahraga saat Liburan untuk Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar

Fimela.com, Jakarta Musim liburan membuat level kesibukan serta tertekan atas pekerjaan maupun hal yang dilakukan terlihat, maka dari itu setiap orang perlu untuk berlibur. Fokus dengan menstabilkan kesehatan fisik dan mental serta healing atau mencari kesejukan disegarnya udara yang sejuk. 

Tetap aktif dengan melakukan olahraga rutin mungkin terlihat tidak dapat dilakukan pada saat hari-hari kalendar penuh akan liburan yang menyenangkan. Namun kamu juga bisa tetap aktif berolahraga di tengah-tengah liburan yang padat. Manfaatkan saja fasilitas hotel yang memiliki gym atau curi-curi waktu dengan berjalan atau berlari di sekitar hotel. 

Ngapain berolahraga toh tidak akan sakit ketika liburan. Mungkin kamu akan berpikir seperti ini namun faktanya banyak juga orang-orang yang jatuh sakit ketika liburan. Beragam faktor mulai dari tekanan pekerjaan serta pengelolaan stress yang buruk menjadi alasan mengapa ketika liburan orang-orang mudah sakit dan liburan yang menyenangkan menjadi tidak menyenangkan. 

Maka dari itu olahraga sangatlah penting dilakukan meskipun kita sedang liburan sekaligus. Jangan khawatir, olahraga ketika liburan tidak harus dilakukan secara berlebihan dan ribet. Cukup bikin simpel saja dengan tips-tips berikut ini serta melakukan olahraga 15 menit seperti core workout juga dapat membuat tubuhmu sehat. Berikut informasi lengkapnya. 

3 Cara memprioritaskan olahraga saat liburan

Melansir dari Verywellfit, kamu bisa berolahraga dengan 3 cara ini agar efektif. 

1. Rencanakan untuk berolahraga pada saat liburan

Jika kamu sedang jalan-jalan, kamu bisa melakukan perencanaan untuk tetap workout. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk memperhatikan perjalananmu, apakah kamu bisa workout dengan nyaman atau tidak. 

Jika kamu berpergian bersama keluarga, kamu bisa cari gym terdekat dan bertanya apakah seorang turis dapat menggunakan fasilitasnya. Atau kamu juga bisa pinjam peralatan keluargamu (jika ada yang membawanya). 

Jika kamu menginap di hotel, kamu bisa melihat fasilitas yang disediakan. Biasanya mereka menyediakan fasilitas fitness.  

2. Buat olahragamu menjadi efisien

Jika kamu tidak tahu akankah jadwalmu dapat membuatmu bisa berolahraga dengan tenang. Kamu bisa menyesuaikan waktu 10-15 menit berjalan di sekitaran hotel atau juga semisal kamu sedang berlibur ke rumah nenek, kamu bisa menggunakan ruangan kosong untuk berolahraga. 

3. Manfaatkan sela-sela waktu luang

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang. Misal kamu sedang berlibur dengan anak-anak di luar, kamu bisa mengajak mereka bermain bola, petak umpet, atau bebentengan bersama di sebuah taman kota atau lapangan yang besar. Kamu juga bisa mengajak anak untuk berjalan atau berlari di luar. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin. 

Tips bugar dalam waktu 15 menit di rumah dengan olahraga core 

Apakah kamu punya rencana untuk tetap di rumah dan tidak berpergian kemana-mana? Kamu bisa menghabiskan waktu liburan di rumah dengan melakukan olahraga core.

Melansir dari Mayo Clinic, core merupakan otot yang berada di sekitar torso dan panggul yang berfungsi untuk membantu seluruh aktivitas fisik yang dilakukan setiap harinya. Olahraga core ini dapat memperkuat dirimu karena otot core yang kuat dapat mencegah terjadinya nyeri belakang serta mempertahankan postur tubuh. 

Olahraga core ini dapat dilakukan dalam waktu 15 menit, tidak hanya itu kamu juga bisa menggunakan yoga mat untuk hasil yang lebih maksimal serta terhindar dari cedera, berikut caranya. 

  • Baringkan tubuh bagian perut dengan menstabilkan perut pada bola besar dengan tangan dan kaki menyentuh lantai. 
  • Pertahankan bahu di atas pergelangan tangan serta lebarkan sedikit kaki kanan searah tinggi panggul dan tangan kiri sejajar dengan tinggi bahu. Tahan selama 5 menit.
  • Kembali ke posisi awal.
  • Lakukan berulang dengan kaki kiri. 
  • Lakukan bergantian dengan 10 sampai 15 kali. 

Bagian kedua 

  • Baringkan tubuh dengan perut pada bola dengan tangan dan kaki menyentuh lantai. 
  • Kemudian secara perlahan arahkan badan ke depan hingga bagian lutut menekuk dan menempel pada bola. 
  • Biarkan bahu sedikit di atas pergelangan tangan, kemudian angkat lutut dan arahkan pada dada dan angkat sedikit bagian pinggul ke atas.
  • Kembali ke posisi semula.
  • Ulangi 10 sampai 15 kali. 

Bagian terakhir

  • Baringkan tubuh kembali dan perlahan luruskan kaki dan tahan dengan bola di antara kaki.
  • Tempatkan kedua tangan pada bagian panggul untuk membantu menahan bagian belakang
  • Angkat kaki kanan lurus ke atas dan jaga keseimbangan dengan bola di antara tubuh dan kaki tadi.
  • Perlahan turunkan kaki hingga hampir menyentuh lantai.
  • Lakukan dengan kaki kiri.
  • Ulangi 10-15 kali.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading