Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Gangguan Tidur saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Tidur nyaman dan berkualitas di malam hari merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Akan tetapi, saat sedang datang bulan, pernahkah Sahabat Fimela mengalami susah tidur? Atau malah jadi tidur terus-terusan? Ternyata mengalami gangguan tidur saat sedang menstruasi adalah hal yang umum.

Penelitian oleh US National Sleep Foundation pada 2020 menemukan bahwa sebanyak 30 persen orang mengalami gangguan tidur selama menstruasi dan 23 persen di antaranya juga mengaku kesulitan tidur delapan jam saat masa menstruasi. Terdapat dua jenis gangguan tidur, yakni kekurangan tidur dan kelebihan tidur. Ada beberapa alasan mengapa perempuan pada saat menstruasi mengalami gangguan tidur.

Menurut Melissa Magdalena, M.Psi, Psikolog seorang Psikolog Klinis Anak dan Remaja, gangguan tidur lazim dialami perempuan saat menstruasi karena perubahan yang ada di tubuh wanita seperti hormon, aliran darah, suasana hati dan juga ada kecemasan menjelang tidur, seperti terbangun di malam hari karena pembalut bocor. Gangguan tidur ini menyebabkan kualitas tidur terganggu. Waktu dan kualitas tidur yang buruk dapat berdampak pada kestabilan emosipmal, kesehatan mental, dan produktivitas kegiatan sehari-hari.

Gangguan tidur saat menstruasi juga dialami oleh aktris Beby Tsabina, “Memang kalau lagi hari-hari pertama mens itu aku lagi ngalamin banyaknya volume menstruasi sampe kadang susah tidur semacam insomnia. Ditambah lagi kalau malam hari kebangun harus ganti pembalut atau malah pas bangun pagi ternyata bocor itu udah gak nyaman banget,” jelasnya saat ditemui pada acara Hers Protex Pajamas Party #SenyamannyaKamu, di kawasan Jakarta Pusat (11/11).

Meskipun gejala tersebut tidak sepenuhnya dapat dihilangkan, ada beberapa tips yang dapat Sahabat Fimela lakukan untuk menambah kenyamanan saat tidur di malam hari ketika menstruasi. Tips ini dibagikan oleh Melissa pada acara talkshow Hers Protex Pajamas Party #SenyamannyaKamu. Yuk, simak tips selengkapnya!

 

 

Tips Tidur Nyaman saat Menstruasi

Menjaga pola hidup sehat

Pola hidup yang sehat berpengaruh pada kualitas tidur, lho. Penting untuk merawat diri dengan perbanyak makan-makanan sehat, selerti buah dan sayur. Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Dengan begitu, kualitas tidurmu akan lebih membaik saat sedang menstruasi.

Batasi screen time

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik saat menstruasi, batasi screen time sebelum tidur. Dilansir dari Sutter Health, screen time yang lebih dari dua jam di malam hari dapat mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan untuk tidur. Maka dari itu, disarankan untuk membatasi screen time minimal 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Sahabat Fimela bisa mencoba aktivitas relaksasi, seperti membaca buku atau mandi sebelum terlelap.

Menerapkan sleep hygine

Sleep hygine atau kebersihan tidur ini meliputi rutinitas kebersihan yang harus kita lakukan sebelum tidur. Misalnya, beberapa orang menyukai tempat tidur yang bersih, sprei yang halus, atau mencium wewangian sebelum tidur. Saat menstruasi, pastikan untuk memilih pakaian tidur yang nyaman, termasuk pakaian dalam.

Menggunakan pembalut yang bersih dengan ukuran yang sesuai

Untuk mengatasi gangguan tidur saat menstruasi dapat dilakukan dengan menggunakan pembalut yang bersih dan dengan ukuran yang sesuai untuk malam hari. Hers Protex Comfort Night 35 cm bisa menjadi pilihan pembalut Sahabat Fimela untuk mendapatkan tidur yang nyaman di malam hari saat sedang menstruasi.

Bebas Tidur #SenyamannyaKamu Tanpa Bocor

Sebagai merk pembalut yang memahami kebutuhan lerempuan sejak 1982, Hers Protex terus berinovasi dengan menghadirkan pembalut sepanjang 35 cm di tahun ini. Pembalut Hers Protex Comfort Night 35 cm membantu untuk tetap nyaman di malam hari saat menstruasi, agar kualitas tidur tetap terjaga tanpa perlu khawatir menstruasi bocor. Hal tersebut didukung dengan tiga keunggulan pembalut Hers Protex Comfort Night 35 cm, yaitu:

  • Triple Guard Zone: Menyerap cairan lebih banyak, mengunci melalui 3 zona penyerapan sehingga tidur nyenyak semalaman hingga 12 jam.
  • Air Soft Edge: Permukaan lembut, kering, nyaman dipakai dan dilengkapi dengan pelindung samping yang lembut.
  • Wider Guard: Pelindung belakang yang lebih lebar sehingga tidak bocor saat bergerak waktu tidur.

“Sekarang jadi lebih tenang dan nyaman sepanjang malam karena bisa pakai Hers Protex Comfort Night 35 cm yang lebih panjang dan bisa mengunci penyerapan banyak cairan. Jadinya waktu tidur tetap terjaga dan tidur lebih nyaman,” jelas Beby Tsabina, Brand Ambassador Hers Protex.

Saat menstruasi pun Beby Tsabina memiliki ritual khusus dalam merawat diri, seperti membuat dirinya merasa nyaman dengan kegiatan yang menyenangkan, dengerin lagu-lagu favorit sesuai mood, makan makanan enak yang bikin suasana hati happy, kompres perut dengan air hangat atau heat patch, nyalain lilin aroma terapi yang baunya soothing dan calming, dan pastinya pakai pembalut panjang anti bocornya Hers Protex.

 

Penulis: Denisa Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading