Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Suka Iri Dengki Atas Kesuksesan Orang Sekitarnya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki karakter atau kepribadian masing-masing dalam dirinya. Ada beberapa orang yang berkarakter sangat baik dan mengesankan. Tapi, tak sedikit orang dengan karakter cukup bikin kesal apalagi ketika ia rentan merasa iri dan dengki atas kesuksesan orang-orang di sekitarnya. 

Ya, saat melihat orang lain bahagia dan sukses, tak semua orang akan ikut merasa bahagia. Beberapa orang justru kerap merasa iri, dengki dan benci. Ada beberapa tanda ketika seseorang suka iri dan dengki atas kesuksesan orang di sekitarnya. Berikut tanda tersebut.

Meremehkan Prestasi Orang Lain

Orang yang cenderung iri terhadap kesuksesan orang lain, akan cenderung meremehkan pencapaian yang telah diraih oleh individu tersebut. Mereka mungkin menyepelekan pencapaian orang lain untuk menjaga perasaan negatif mereka. Meremehkan adalah cara agar ia bisa merasa lebih lega atas kekecewaan yang dirasakan karena tak bisa sesukses orang lain tersebut. 

Tidak Senang Melihat Orang Lain Sukses

Orang yang suka iri dan dengki sering menunjukkan ketidaksenangan ketika orang lain mencapai kesuksesan. Ini bisa terlihat dari reaksi dingin atau kurangnya dukungan terhadap pencapaian orang lain. Orang-orang yang suka iri dengki, rentan tampak kecewa atau tidak senang atas kebahagiaan orang lain.

Membandingkan

Orang yang mudah iri cenderung suka membandingkan dirinya dengan orang lain. Mereka rentan membandingkan secara konstan antara diri mereka dan kesuksesan orang lain. Mereka terus-menerus membandingkan pencapaian mereka sendiri dengan pencapaian orang lain. Padahal hal ini bisa bisa memicu perasaan kurang puas dan iri hati yang lebih besar. 

Kehilangan Keterbukaan

Orang-orang yang suka iri dengan orang lain, akan cenderung kehilangan keterbukaan. Mereka merasa bahwa hidup ini tidak adil. Mereka kerap merasa tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan ketidakpuasan terhadap pencapaian orang lain dan mudah iri serta dengki.

Reaksi Emosional yang Negatif

Seseorang yang mudah iri seringkali menunjukkan reaksi emosional negatif, seperti marah, kecewa, atau frustasi ketika melihat kesuksesan orang lain. Mereka lebih rentan  merasa bahwa mereka seharusnya juga mendapatkannya atau justru yang memilikinya dan bukan orang lain. 

Itulah sekian tanda bahwa seseorang mudah iri dengki atas kesuksesan orang-orang di sekitarnya. Selain tanda di atas, orang yang mudah iri biasanya juga menampakkan sikap manipulatif di mana ia kerap pura-pura baik di depan saja. Mereka juga suka mencari tahu akan segala hal detail tentang orang yang membuatnya iri serta dengki. Bahkan, mereka tak segan untuk menfitnah dan menyebar kabar tak benar terkait orang tersebut. 

Saat menemui orang dengan sikap ini, sebaiknya kita bisa lebih sabar dan bijaksana. Kita juga harus lebih waspada dan jaga jarak dengan mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading