Sukses

Lifestyle

Wajib Jadi Inspirasi Semua Perempuan, Nicky Clara ‘Tidak Ada yang Menjadi Penghambat’

Fimela.com, Jakarta Faktanya semua perempuan di Indonesia memiliki kapasitas dan kemampuannya masing-masing. Hal yang menjadi pembeda adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki tersebut. Salah satu perempuan yang berhasil memanfaatkan kapasitas dan kemampuan uniknya adalah Nicky Clara.

Nicky Clara adalah seorang perempuan yang tidak pernah berhenti menyuarakan terutama dalam memberdayakan perempuan. Bukan hanya itu, Nicky juga aktif dalam berbagai macam platform khususnya dalam membantu pada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelatihan dan pekerjaan. Menambahkan, Nicky Clara juga memiliki beragam pengalaman mendukung apa yang ingin ia suarakan. 

Tidak sembunyi di balik disabilitas yang ia miliki Nicky membuktikan kepada masyarakat bahwa penyandang disabilitas memiliki kesempatan dan kapasitas sama seperti orang lain yang ada di dunia. Perempuan hebat satu ini aktif dalam penggerak Thisable Enterprise yang diusung Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia. Pergerakan ini adalah salah satu social enterprise yang berdiri sejak 2011 yang memiliki tujuan untuk memberdayakan para difabel di dunia ekonomi.

 

Untuk Perempuan

Awalnya memang perempuan tidak memiliki dukungan atau pilihan yang bisa diambil secara mandiri, seolah hidupnya diatur dan sudah ditakdirkan begitu saja. Namun, sekarang ini banyak sekali perempuan yang mampu melepas diri dari stigma tersebut. 

Meskipun, Nicky adalah seorang penyandang tunadaksa, tidak ada hal yang bisa membuatnya berhenti menaklukan segala hal. 

Bagi Nicky, hal yang paling penting untuk wanita adalah pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan adalah salah satu bekal untuk menjalankan hidup yang lebih baik. Karena tanpa pendidikan, perempuan akan lebih sulit untuk mendapatkan hak-haknya. Apalagi di dunia yang semuanya dipimpin oleh laki-laki. 

Bukan hanya itu, pendidikan juga sebagai jembatan kecerdasan, karena anak yang cerdas datang dari ibu yang cerdas. Dengan pilihan pola asuh yang ada Ibu dapat mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik di masa depan.

 

 

 

Temukan Support System

Nicky mengungkapkan bahwa semua pencapaian yang telah ia miliki sekarang ini ia tidak dapatkan secara instan. Melainkan berbagai macam tantangan dan hambatan juga ia lalui, serta tidak adalah hal yang bisa membuat dia berhenti untuk membuat perubahan dalam kehidupan. Nicky mengungkapkan ia merasa bahagia dan makin semangat apalagi ketika mendapatkan dukungan dari keluarganya.

“Bagaimana seorang Nicky bisa menjadi Nicky yang sekarang. Pertama, temukan support system yang luar biasa bagi teman-teman. Sebagai seorang disabilitas, support system pertama aku adalah keluarga,” ujar Nicky yang mengutip dari Liputan6.com.

Menurutnya semua orang harus memiliki support system yang kuat dan dapat membuat dan memberikan inspirasi. Dalam kasus ini, keluarga nicky berhasil memberikan semuanya. Carilah seseorang yang dapat mendorong kearah yang lebih baik tanpa meminta apa apa. Semua orang bisa dalam bentuk dan orang yang berbeda, intinya carilah yang dapat membuatmu nyaman, seta makin semangat. 

“Jangan pernah puas dengan apa yang kita dapatkan sekarang. Kita harus punya satu hal yang ingin kita tuju,” ujar Nicky. 

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Hali

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading