Sukses

Lifestyle

5 Minuman yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari sebagai Pengganti Kopi

Fimela.com, Jakarta Menikmati secangkir kopi di pagi hari tentunya terasa begitu nikmat dan menghangatkan. Apalagi, kandungan kafein di dalamnya sangat berpotensi untuk mencegah rasa kantuk. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk meminum kopi di awal hari sebagai penambah energi. Setelah mengonsumsinya, tubuh akan terasa lebih segar dan lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas yang padat. 

Di balik kandungannya, tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi karena minuman ini tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung. Namun, masih banyak variasi minuman sehat yang baik untuk diminum di pagi hari sebagai pengganti kopi. Diketahui dari laman Newsweek, berikut ragam pilihan yang bisa kamu coba:

1. Teh Hijau

Minuman sehat pertama untuk alternatif pengganti kopi di pagi hari adalah teh hijau. Secangkir teh hijau punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Kaya akan antioksidan, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan energi. Sebagai minuman yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, teh hijau memiliki kegunaan lainnya untuk mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan usus. 

2. Cokelat Panas

Jika tidak ingin minum teh, maka kamu bisa mencoba cokelat panas yang tak kalah berkhasiat. Hampir serupa dengan teh hijau, cokelat panas juga memiliki antioksidan seperti polifenol yang bisa mengendalikan gula dan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan melancarkan sirkulasi darah. Antioksidan ini juga berperan dalam mengurangi peradangan. Menyeduh secangkir cokelat akan terasa menenangkan, membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan memberikan kepuasan tersendiri bagi tubuh. 

3. Susu Kunyit

Memberikan khasiat alami yang sangat berguna untuk daya tahan tubuh, ramuan herbal berupa susu kunyit bisa menjadi minuman pagi yang menyegarkan tubuh. Bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk ditemukan, seperti jahe, kayu manis, dan kunyit. Mencampurkan bahan-bahan ini dengan susu bisa memberikan sensasi hangat bagi tubuh. 

Jika membutuhkan pemanis tambahan, gunakan vanili dan madu sebagai bahan pelengkap. Kurkumin dalam kunyit diketahui merupakan bahan aktif dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Oleh karena itu,  minuman tradisional ini bisa menjadi alternatif dalam memperkuat sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit. 

4. Smoothies

Malas makan buah? Jadikan smoothies sebagai cara lain untuk mengonsumsi buah secara rutin. Meminum campuran buah-buahan ini di pagi hari akan meningkatkan energi, terutama untuk menggantikan kopi. Untuk mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama, kamu pun bisa menambahkan protein melalui yoghurt.

Minuman ini bisa menjadi sumber untuk karbohidrat dan serat sebagai pembuka hari. Siapkan buah-buahan favoritmu dan olah menjadi minuman berwarna-warni yang kaya rasa dan mempunyai beragam manfaat. Selain buah, kamu juga bisa mengganti bahan utama dengan sayuran.

5. Teh Hitam

Dibandingkan jenis teh lainnya, teh hitam mempunyai rasa yang kuat karena memiliki banyak kandungan kafein. Namun, kandungan kafein tersebut lebih sedikit dari kopi. Senyawa pada teh hitam pun bisa menghilangkan radikal bebas sehingga meminimalisir adanya kerusakan sel pada tubuh. Antioksidan polifenol dalam teh hitam inilah yang memegang peran penting dalam hal meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meminum teh tanpa pemanis ini akan mengurangi kadar gula darah sehingga tetap bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

 

Sekian pilihan minuman pagi hari untuk pengganti kopi. Sederhana, tetapi bisa bikin sehat, kan? Jadi, Sahabat Fimela ingin memulai rutinitas dengan minum apa, nih? 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading