Sukses

Lifestyle

Merasa Takut dan Cemas dengan Hari Senin? Inilah 5 Tips untuk Mengatasi Monday Blues

Fimela.com, Jakarta Setelah menghabiskan waktu di weekend, Sahabat Fimela pernah merasa tertekan atau tidak bersemangat saat kembali menjumpai hari senin? Bahkan, mengingat hari tersebut seakan-akan sudah menguras energi. Hari senin seakan-akan telah dipandang sebagai hal yang menyebalkan dan bisa mengubah perasaan seseorang dalam waktu singkat. Munculnya suasana hati yang buruk di hari tersebut sebenarnya juga memiliki istilah tersendiri, yakni monday blues

Monday blues pastinya bisa dialami oleh siapa pun, tetapi akan berpengaruh besar pada pelajar, pekerja, dan karyawan yang memiliki jadwal lima hari dalam seminggu. Ditinjau dari definisinya, laman Medical News Today menyebutkan bahwa monday blues adalah perasaan negatif yang dialami oleh beberapa orang di awal minggu.

Kembali ke rutinitas pekerjaan setelah menikmati akhir pekan bisa membuat seseorang merasakan kecemasan hingga tidak termotivasi lagi untuk menjalankan aktivitas dengan penuh energi. Lebih lanjut, monday blues pada hakikatnya bukanlah penyakit klinis, melainkan hanya perasaan takut yang dirasakan secara nyata untuk beberapa orang. Di samping itu, kondisi ini hanya terjadi dalam waktu yang spesifik saja. Lantas, apa penyebab sebenarnya yang membuat seseorang alami monday blues?

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Monday Blues?

Penyebab yang dapat berpotensi untuk memicu monday blues akan bermacam-macam bagi tiap orang. Diantaranya sebagai berikut:

  • Ketidakpuasan atau merasa kelelahan untuk bekerja
  • Merasa takut untuk kembali bekerja dan kesulitan untuk mengendalikan stres
  • Aktivitas di akhir pekan yang membuat tubuh lelah dan mengganggu suanasa hati
  • Kurang tidur dan pola makan yang terganggu
  • Merasa kurang sehat 
  • Merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sekitar
  • Merasa bahwa hidup terasa biasa karena tidak adanya kesenangan dalam tugas-tugas keseharian

Apa Saja Gejala yang Bisa Dirasakan?

Monday blues bukanlah gangguan klinis, tetapi perasaan ini bisa mengganggu berjalannya hari-hari. Gejala utama yang umum dirasakan sebenarnya adalah suasana hati yang buruk di hari Senin. Tak jarang, seseorang juga akan merasakan gejala stres dan tertekan tersebut saat akhir pekan telah berakhir. Menurut laman Medical News Today dan Psych Central, inilah beberapa gejalanya:

  • Kesedihan
  • Kelesuan atau kelelahan
  • Merasa gelisah
  • Rasa khawatir yang terjadi secara terus menerus dan berpikir secara berlebihan
  • Perasaan tidak nyaman secara keseluruhan
  • Ketegangan otot 
  • Sakit kepala dan detak jantung cepat
  • Peningkatan tekanan darah

Cara untuk Mengatasi Monday Blues

Apabila Sahabat Fimela mengalami monday blues, inilah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati dan mengatasi perasaan negatif tersebut. Apalagi, jika sudah menimbulkan gejala fisik yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Lakukan cara-cara seperti di bawah ini:

1. Tidur lebih cepat

Kualitas tidur dapat berkontribusi pada suasana hati seseorang. Itulah mengapa, tidur yang cukup bisa mengurangi dampak dari monday blues. Apalagi, jika kamu telah bangun dalam keadaan segar setelah beristirahat sesuai standarnya, yaitu selama 8-9 jam. Suasana hati pun akan membaik, energi akan tercukupi, dan mengubah pikiran agar memandang sesuatu secara positif dan optimis. 

2. Membatasi Diri di Akhir Pekan

Untuk menyimpan energi di awal minggu, buatlah batasan untuk aktivitas yang ingin dilakukan di akhir pekan. Supaya tidak mengalami kelelahan secara berlebihan, gunakan akhir pekan sebagai waktu untuk bersantai. Selain itu, cobalah untuk melepaskan diri dari masalah yang berhubungan dengan pekerjaan pada waktu tersebut sehingga bisa lebih fokus pada waktu pribadi. 

3. Lakukan Aktivitas Fisik sebagai Bentuk Relaksasi

Aktivitas fisik yang berhubungan dengan latihan ketahanan atau aerobik akan membantu dalam meningkatkan suasana hati dan kondisi emosional. Efek positif dari olahraga sangatlah banyak, termasuk untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh, mengurangi gejala kecemasan, hingga kondisi mental lainnya. Melakukan aktivitas ini secara optimal bisa mengusir pikiran monday blues yang dengan mudah datang menjelang hari Senin. 

4. Rencanakan Kegiatan Menyenangkan

Melakukan sesuatu yang menyenangkan di hari senin akan membantu untuk melawan monday blues. Jika kamu memiliki kegiatan yang dinanti-nantikan, maka kamu akan lebih bersemangat untuk menghadapi hari Seenin. Meski dilakukan di penghujung hari pun, merencanakan hal tersebut tetap bisa memperbaiki mood dan motivasi diri. 

5. Melakukan Kebiasaan untuk Merawat Diri

Suasana hati yang buruk bisa ditimbulkan dari adanya kebiasaan tidak sehat yang masih dipertahankan, seperti pola makan dan jam tidur yang berantakan. Kebiasaan tersebut tak hanya menimbulkan dampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Cobalah untuk menyeimbangkan gaya hidup akhir pekan dan hari pada biasanya supaya tidak cepat merasa lelah dan stres. 

Dengan memperhatikan diri sebelum hari Senin hingga saat menjalani hari tersebut, suasana hati dan perasaan bisa berjalan lebih baik. Oleh karenanya, pahami dengan baik penyebab dari monday blues yang pernah dirasakan dan cobalah untuk mengatasinya dengan kebiasaan sehat dan memuaskan hati. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading