Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Me Time untuk Ibu Rumah Tangga, Bisa Bantu untuk Hindari Stres!

Fimela.com, Jakarta Di tengah banyaknya aktivitas yang harus dijalankan, setiap orang tetap membutuhkan ruang sendiri. Merawat diri sendiri menjadi kebutuhan yang selayaknya didapatkan. Begitu juga oleh ibu rumah tangga. Meski harus mengurus anak hingga menuntaskan segala pekerjaan rumah, ibu rumah tangga juga membutuhkan me time atau waktu untuk diri sendiri. 

Membesarkan seorang anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Supaya tidak cepat mengalami stres dan kelelahan, maka ibu rumah tangga juga dapat menyisihkan waktu untuk rileks dan fokus pada diri sendiri. Kehidupan yang seimbang akan mendukung kesejahteraan mental. Ibu rumah tangga juga bisa mengatur kehidupan sosial dan rumah tangga dengan tetap meluangkan waktu sesuai jadwal dan kebutuhan. Mengacu pada beberapa sumber, inilah manfaatnya.

 

1. Membuat Pikiran Menjadi Lebih Rileks dan Positif

Sesekali menghabiskan waktu secara pribadi bisa mengubah pandangan menjadi lebih positif. Pandangan tersebut membuat seseorang akan menghargai semua hal baik yang telah terjadi. Rencanakan kegiatan menyenangkan dan menenangkan untuk melepaskan stres. Habiskan waktu dengan orang terdekat atau menyediakan waktu untuk sekadar bersantai dan menyendiri. 

Pada dasarnya, sebelum menjadi ibu, setiap orang memiliki hobi dan kehidupan bersama dengan kerabat terdekat. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika sesekali mencoba untuk kembali melakukan hobi yang disenangi atau sekadar bertemu kembali dengan sahabat.

2. Merasa Bahagia akan Menjadikan Ibu yang Lebih Baik

Me time untuk ibu rumah tangga akan menjaga kesehatan mental. Memenuhi kebutuhan tersebut dapat memengaruhi pola asuh dan cara untuk menyikapi segala pekerjaan yang diperlukan. Meluangkan waktu secara teratur untuk me time bisa membantu untuk menjadi ibu yang lebih baik. Kebutuhan diri yang telah terpenuhi akan berdampak pada kondisi emosional dan memunculkan rasa kebahagiaan sehingga sangat baik untuk mengembangkan diri menjadi orang tua yang lebih baik. 

3. Memperkuat Hubungan dengan Pasangan dan Keluarga

Me time memungkinkan untuk memberi kesempatan mempererat hubungan dengan pasangan dan keluarga. Menghabiskan quality time dengan pasangan akan memunculkan perasaan bahagia dan momen baru yang berkesan. Sesekali gunakan waktu untuk menonton film bersama atau mengobrol di luar rumah untuk menguatkan hubungan dan mencegah adanya kesalahpahaman. Hubungan yang sehat dengan pasangan penting untuk mendukung perkembangan anak. 

Sama halnya dengan hubungan bersama keluarga. Sempatkan waktu untuk menikmati kebersamaan atau bertukar cerita untuk mempererat ikatan. 

4. Menjadi Teladan untuk Anak

Pikiran ibu yang bahagia dan positif akan menjadi contoh yang baik untuk anak. Anak yang telah dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang akan turut termotivasi untuk menjalankan hidup yang sama. Apalagi, anak akan selalu berkaca pada orang tua. Bila seorang ibu dengan aktif menjalankan kegiatan yang disukai, maka anak pun ikut bersemangat agar tumbuh layaknya sang ibu. Bahkan, dengan melihat minat dan hobi yang dimiliki orang tua, anak bisa menemukan keterampilan dan ketertarikannya pada sesuatu. 

Sekian manfaat yang bisa diperoleh apabila seorang ibu rumah tangga telah menerapkan me time. Terkesan simpel, tetapi sering kali terabaikan atau muncul adanya rasa bersalah sebagai ibu yang memiliki tanggung jawab penuh. Namun, merawat diri dan tetap melakukan kegiatan yang disenangi pun tetap bisa dijalani, meski telah menjadi seorang ibu. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading