Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Kerap Dilakukan Seseorang Ketika Dirinya Merasa Insecure

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang memiliki kepribadian yang terbuka akan banyak hal tentang dirinya sendiri. Dan ada juga orang yang terlalu menutup diri karena mereka mungkin takut jika orang lain mengkritik dan menghakimi mereka. Orang-orang yang tertutup cenderung tidak percaya diri. Mereka juga sulit mempercayai orang lain. Bahkan mereka juga meragukan kemampuan diri mereka sendiri meskipun mereka mencapai kesuksesan atau berada dalam hubungan yang sukses.

Orang yang tertutup memiliki beberapa pola perilaku yang mencolok yang menunjukkan tingkat ketidakamanan mereka. Lalu kebiasaan apa yang kerap dilakukan orang yang merasa insecure terhadap dirinya sendiri? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pencarian Konstan akan Validasi

Seseorang yang merasa insecure seringkali mencari konfirmasi dan validasi dari orang lain untuk mengukur nilai diri mereka. Mereka mungkin sering bertanya, "Apa pendapatmu tentangku?" atau "Apa yang seharusnya aku lakukan?" jangan ragu memberikan dukungan dan pujian positif kepada mereka, tetapi penting juga untuk mendorong mereka menemukan nilai diri dari dalam.

2. Perbandingan yang Berlebihan dengan Orang Lain

Merasa insecure sering kali disertai dengan perbandingan yang berlebihan dengan orang lain. Individu ini cenderung membandingkan dirinya dengan standar yang tidak realistis, terutama yang dilihat dari kehidupan orang lain di media sosial. Ingatkan mereka bahwa setiap orang memiliki perjalanan masing-masing dan tidak adil untuk membandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

3. Perasaan Takut Ditolak atau Ditinggalkan

Seseorang yang merasa insecure seringkali memiliki ketakutan mendalam akan penolakan atau ditinggalkan. Mereka mungkin cemas bahwa jika mereka tidak memenuhi harapan orang lain, hubungan atau persahabatan akan berakhir. Sebagai sahabat, penting untuk memberikan dukungan dan meyakinkan mereka bahwa kamu ada di samping mereka, bahkan saat situasi sulit.

4. Menutupi Ketidakamanan dengan Sikap Defensif atau Arogan

Beberapa orang yang merasa insecure mengatasi perasaan mereka dengan mengambil sikap defensif atau arogan. Mereka mungkin terlihat sangat percaya diri dari luar, tetapi sebenarnya mereka hanya mencoba menyembunyikan ketidakamanan yang dirasakannya di dalam. Jadilah pendengar yang baik dan hindari menghakimi. Tunjukkan empati dan bantu mereka merasa diterima.

5. Keengganan untuk Menerima Pujian atau Kritik

Seseorang yang merasa insecure mungkin kesulitan menerima pujian atau kritik. Mereka mungkin merasa tidak pantas mendapatkan pujian atau merasa sangat terpukul oleh kritik. Penting untuk bersikap sabar dan memberikan dukungan positif. Ajarkan mereka untuk melihat pujian sebagai apresiasi dan kritik sebagai peluang untuk tumbuh.

Merasa insecure adalah pengalaman manusiawi yang sering kita alami. Penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung di sekitar kita dan memberikan dukungan kepada mereka yang mungkin merasa tidak aman. Bersama-sama, kita dapat menciptakan ruang yang positif dan memberdayakan satu sama lain. Ingatlah, kita semua berjuang dan tumbuh bersama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading