Sukses

Lifestyle

3 Tips Merayakan Green Christmas dan Maknanya

Fimela.com, Jakarta Hari Natal sudah dekat, bahkan bisa dihitung dengan menggunakan jari. Salah satu liburan yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh semua orang. Hari ini identik dengan sukacita, kebersamaan dan kemeriahan. Tidak selalu soal kado, tetapi soal keluarga.

Salah satu cara yang terbaik untuk memiliki Natal yang Indah adalah dengan menjaga lingkungan sekitar kita. Cara yang terbaik adalah dengan melakukan green christmas

Green Christmas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perayaan Natal yang ramah lingkungan. Green Christmas bertujuan untuk mengurangi dampak negatif perayaan Natal terhadap lingkungan, seperti polusi udara, polusi air, dan sampah.

Nah, untuk Sahabat FIMELA yang tidak mengetahui cara melakukan Green Christmas, berikut adalah 3 tips yang diberikan oleh Coway demi natal yang sempurna.

Memilih kado dan gunakan pembungkus daur ulang

Hadiah Natal merupakan salah satu tradisi yang tidak terpisahkan dari perayaan Natal. Hadiah Natal tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat hubungan, tetapi juga cara untuk menunjukkan kepedulian dan kasih sayang kepada orang-orang terkasih.

Tips Memilih Hadiah

  • Pilihlah hadiah yang terbuat dari bahan-bahan alami atau dapat didaur ulang.      
  • Hindari membeli hadiah yang tidak dibutuhkan oleh penerimanya.      

Tips Mengurangi Sampah Pembungkus

  • Berikan hadiah tanpa dibungkus.         
  • Gunakan pembungkus hadiah yang dapat didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.      
  • Buatlah pembungkus hadiah sendiri dari bahan-bahan alami,seperti daun atau ranting.    

Hindari peralatan makan sekali pakai

Acara makan bersama merupakan salah satu momen spesial yang tidak boleh dilewatkan. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih dan berbagi suka cita.

Untuk menikmati momen spesial ini, kita dapat menggunakan peralatan makan yang reusable. Penggunaan peralatan makan yang reusable dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

Data dari Business Waste menunjukkan bahwa jumlah kemasan plastik Natal yang dibuang ke tempat sampah umum dan bukan ke tempat daur ulang di Inggris pada tahun 2018 mencapai 114.000 ton. Jumlah ini setara dengan 2.200 mobil.

Dengan menggunakan peralatan makan yang reusable, kita dapat ikut mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Hal ini dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut adalah beberapa tips untuk merayakan Natal secara ramah lingkungan:

  • Gunakan peralatan makan yang reusable.      
  • Bawa tas belanja sendiri saat berbelanja.       
  • Hindari penggunaan kemasan plastik.  

Belanja langsung

Belanja online menghasilkan emisi karbon yang lebih besar daripada belanja langsung di toko. Hal ini karena pengiriman barang secara online membutuhkan jarak tempuh yang lebih jauh dan membutuhkan lebih banyak kemasan barang.

Emisi karbon dari belanja online dapat mencapai 5 kali lebih besar daripada emisi karbon dari belanja langsung di toko. Oleh karena itu, jika memiliki waktu luang, lebih baik untuk berbelanja langsung di toko. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Berikut adalah beberapa tips untuk berbelanja secara ramah lingkungan:

  • Buatlah daftar belanja sebelum pergi ke toko.    
  • Bawa tas belanja sendiri.    
  • Belilah produk yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang atau biodegradable.      
  • Hindari membeli barang yang tidak kamu butuhkan.      

Untuk Sahabat FIMELA yang sedang ingin mencari kado natal yang Green Christmas kamu bisa membeli produk dari Coway. Mulai 18 sampai 25 Desember 2023, Coway memiliki berbagai macam promo menarik yang terbatas. Jadi mulailah berbelanja, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi customer service Coway (021) 1500070.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading