Sukses

Lifestyle

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Keluarga di Rumah, Dijamin Tidak Bosan

Fimela.com, Jakarta Momen liburan terutama akhir tahun menjadi momen yang ditunggu. Selain karena anak-anak libur sekolah setelah masa ujian, para orangtua yang telah bekerja juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Pada tahun 2020 sekitar 60% orang memilih untuk tetap berada di rumah karena pandemi COVID-19. Meskipun saat iini border wisata telah di buka, bukan berarti kita tetap bisa abai akan protokol kesehatan. Sebagai contoh di Singapura, peningkatan kasus COVID-19 kembali terjadi sekitar 80% bahkan ditambah dengan adanya kutu busuk. 

Tidak hanya itu, strain COVID-19 terbaru juga muncul di Jakarta. Dan dari sini kita bisa melihat jika benar-benar ingin berlibur alangkah baiknya kita tetap memperhatikan kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan setidaknya akan mengurangi risiko yang nantinya akan berakibat fatal pada kesehatan.

Jika kamu memang memilih untuk tidak berpergian pada saat liburan nanti kamu tidak perlu berkecil hati. manfaatkan momen liburan dengan melakukan aktivitas serta meningkatkan bonding dengan keluarga di rumah. Berikut alasan dan tips liburan di rumah menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama orang rumah, informasi ini disadur dari GVTC Communication. Selamat membaca. 

4 alasan mengapa liburan di rumah lebih menguntungkan

1) Menghemat uang 

Liburan jangka panjang membutuhkan berbagai biaya baik jika kamu berlibur dengan cara backpacker atau mengikuti tour dari berbagai travel. Ditambah dengan membawa anggota keluarga pastinya akan menambah biaya yang harus diperhitungkan kembali. Namun bukan berarti kamu tidak dapat menikmati liburan yang menyenangkan meskipun di rumah sekalipun. Kamu bisa menggunakan uang untuk kebutuhan lain misalnya memasak dan memesan makanan online untuk keluarga tersayang. 

2) Memiliki privasi yang cukup dengan keluarga 

Jika kamu adalah tipe orang yang membutuhkan waktu lebih, masa liburan bersama keluarga di rumah menjadi hal yang kamu gemari. Kamu pastinya akan merasa tenang dan nyaman sebab dapat berlibur tanpa ada gangguan dari orang lain. Kamu bisa melakukan aktivitas bersama orang tersayang, bahkan dengan keluarga sekalipun. 

3) Beristirahat di ruang yang familiar 

Menyesuaikan diri dengan lingkungan baru membutuhkan waktu tersendiri. Jika kamu memilih untuk berwisata ke berbagai destinasi berbeda seperti luar negeri misalnya kamu akan merasakan jet lag akan perbedaan waktu selama beberapa hari ke depan. 

 

4) Menjaga ikatan antara orang-orang tersayang 

Setelah bekerja seharian, musim liburan menjadi hal yang dinantikan untuk terus menjaga hubungan dengan keluarga dan teman. Mungkin kamu tidak bisa mengunjungi destinasi liburan karena jadwal padat dan adanya acara yang tiba-tiba namun di rumah kamu bisa memiliki waktu bersama yang tiada tanding nilainya. 

4 Aktivitas liburan menarik yang dapat dilakukan bersama keluarga

1) Masak makanan favorit keluarga 

Salah satu aktivitas liburan yang bisa dilakukan adalah dengan memasak makanan favorit keluarga. Kamu juga dapat melibatkan anak seperti menuangkan dan mengkreasikan topping dalam setiap masakan. Skip restoran mahal jika bisa membuat makanan enak di rumah. 

2) Bermain role play 

Pernah melihat adegan role play atau memainkan drama dengan kostum favorit seperti di film The Little Women? Kamu bisa manfaatkan liburan dengan bermain role play bersama keluarga. Dengan gaun cantik ala princess Disney hingga pahlawan gagah seperti Marvel. Kamu dan keluarga dapat menghabiskan waktu dengan meniru karakter favorit kesayangan. Tentunya liburan akan terasa jauh lebih ceria. 

3) Marathon nonton film 

Menghabiskan waktu bersama keluarga juga bisa dilakukan dengan melakukan marathon film. Matikan semua lampu dan sisakan TV dan menyetel berbagai film yang menarik. Jangan lupa juga sediakan tempat menonton yang nyaman serta makanan dan minuman pedamping. Marathon nonton film bersama dapat meningkatkan bonding keluarga juga. 

4) Memainkan permainan yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa 

Banyak sekali permainan yang bisa dimainkan bersama anak-anak termasuk ketika liburan sekalipun. Kamu bisa memilih permainan di dalam maupun di luar yang tentunya dapat mengasah kemampuan anak dalam menentukan strategi terbaik mereka. Kamu bisa bermain petak umpet hingga permainan papan seperti scrabble. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji 

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading