Sukses

Lifestyle

Penyebab TV LED Hanya Muncul Warna yang Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta TV LED adalah salah satu teknologi televisi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, ada kalanya TV LED mengalami masalah, salah satunya TV menampilkan warna yang berubah-ubah. Misalnya saja tiba-tiba layar menampilkan warna putih atau biru.

Wajar jika kamu merasa panik ketika mengalami kondisi ini. Namun cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Masalah ini bisa diatasi jika diketahui penyebabnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut berbagai faktor yang menjadi penyebab TV LED hanya menampilkan warna dan tidak menampilkan gambar yang perlu dipahami sebelum mengetahui cara mengatasinya.

Penyebab TV LED Hanya Menampilkan Warna

1. Pengaruh Mainboard

Warna pada TV mungkin tampak didominasi warna biru karena kemungkinan ada masalah pada mainboard.

Mainboard, juga dikenal sebagai motherboard, merupakan tempat berbagai komponen dan chip pengontrol yang bertanggung jawab untuk mengelola lalu lintas data di dalam sistem motherboard.

Mainboard berfungsi sebagai pusat kontrol yang mengawasi pengoperasian semua komponen. Jika kamu mengalami permasalahan ini, kamu perlu membawa TV yang rusak kepada ahlinya untuk diperbaiki.

2. Salah Menekan Tombol Pada Remote

Ada beberapa kemungkinan penyebab warna TV berubah menjadi hitam putih.

Warna pada layar TV yang berubah menjadi hitam putih dapat disebabkan oleh pengaturan yang salah pada remote, yang berpotensi menyebabkan warna tidak normal pada televisi.

3. Kerusakan Transistor

Warna yang tidak normal pada layar TV dapat disebabkan oleh kerusakan pada transistor warna.

Transistor bisa rusak karena berbagai faktor, termasuk usia, penggunaan yang ekstensif, dan penyebab lainnya. Apabila transistor warna rusak, transistor ini sering menunjukkan karakteristik seperti memudarnya ketajaman warna secara bertahap hingga menjadi tidak normal sama sekali.

4. Resistor Rusak

Kemungkinan penyebab lain dari perubahan warna TV yang tidak normal adalah masalah pada resistor.

Resistor dalam TV bertanggung jawab untuk mengatur arus agar sesuai dengan kebutuhan komponen. Biasanya tidak rusak kecuali jika terjadi korsleting.

Selain itu, resistor dapat menjadi rusak karena komponen sebelumnya rusak atau mengalami arus berlebih.

5. Penurunan Tegangan

Penurunan tegangan pada katoda dapat mengganggu pantulan warna pada layar televisi LED. Masalah ini biasanya ditunjukkan oleh layar TV yang lebih gelap atau redup. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penurunan tegangan dan kerusakan pada kabel yang menghubungkan dioda dan katoda.

Cara Mengatasi TV LED Berubah Warna

1. Perbaiki Mainboard

Periksa kabel LVDS yang menghubungkan mainboard ke papan kontroler.

Pastikan semua kabel telah tersambung dengan benar. Jika ada kabel yang longgar, lepaskan kabel tersebut dan konfigurasikan ulang dengan benar.

Atur ulang FPCD dari papan pengontrol ke papan driver dan periksa sambungan solder pada konektor kabel ke papan.

2. Ubah Pengaturan Remote

Jika kamu yakin bahwa warna yang tidak normal pada televisi adalah karena pengaturan yang salah pada remote, ada solusi sederhana untuk memperbaikinya.

Untuk memulai, pilih menu pada remote, lalu pilih panah ke bawah yang terletak di bagian tengah remote dekat kata enter.

Untuk menemukan penulisan sistem warna, pilih pencarian manual dan tekan enter.

Untuk melanjutkan, pilih atau ubah format video dari NTSC ke PAL.

Setelah warna TV berubah menjadi warna normal, kamu bisa menekan menu atau exit untuk keluar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading