Sukses

Lifestyle

Dinding Dapur Kotor Karena Noda Minyak? Bersihkan Dengan Tips Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Memasak memang menjadi salah satu pekerjaan yang paling berantakan, banyaknya cipratan, noda-noda, tumpahan cairan bahkan bekas minyak sekalipun. Meskipun kamu hanya membuat ayam goreng atau snack ringan, cipratan minyak bukanlah hal yang mudah untuk dihindari. 

Jika tidak segera dibersihkan, bekas minyak tersebut akan mengendap pada permukaan dinding dan dapat menciptakan cipratan api jika berdekatan dengan sumber api. Sangat berbahaya bukan khususnya untuk keselamatan saat berada di dapur.

Terlebih bila noda minyaknya baru saja muncul pada permukaan dinding sebaiknya segera bersihkan sebelum benar-benar membekas. Gunakan tissue paper untuk mengangkat sebagian minyak (Ingat jangan diusap) kemudian gunakan kain bersih dan lap pada bagian yang masih kotor.

Sangatlah esensial untuk segera mengangkat noda minyak membandel sebab noda yang tersisa akan benar-benar menempel. Ditambah, bahannya juga mudah terbakar serta baunya menarik hewan-hewan kecil yang tentu saja kamu tidak mau dapurmu akan 'dikunjungi' tamu-tamu kecil tersebut?

Namun meskipun membersihkan dinding dapur menjadi hal yang krusial, tidak banyak pembersih yang cocok untuk digunakan. Ditambah, dinding dapur juga memiliki bahan utama yang berbeda. Alih-alih menggunakan pembersih yang memiliki bahan keras, tekstur dinding dapur malah ikutan rusak. 

Kamu tidak perlu khawatir sebab FIMELA telah merangkum cara ampuh untuk menghilangkan noda minyak membandel pada berbagai tipe dinding dapur. Jangan jadikan kesempatan memasak hidangan keluarga tercinta luntur karena kotornya dinding dapur! Berikut informasi yang disadur dari Maid2Match blog. 

Tips dan cara membersihkan noda minyak pada berbagai tipe dinding dapur

1) Membersihkan dinding dapur berbahan tile 

Sekalinya ada noda seperti bekas minyak pada permukaan dinding, segera campurkan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat. Celupkan spons dan bersihkan dengan pelan. Setelah itu ambil kain bersih dan lap dengan pelan untuk mengangkat noda minyak.

Untuk noda membandel campurkan baking soda dengan air hangat dengan perbandingan sama hingga membentuk pasta, aplikasikan pasta pada area tadi dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu angkat dengan menggunakan kain bersih. 

Alternatifnya campurkan cuka dengan air dalam botol spray kemudian semprotkan pada bagian noda dan biarkan 5 menit. Lalu bersihkan dengan kain bersih. 

 

2) Membersihkan dinding dapur yang ditata dengan cat 

Meskipun noda minyak tidak akan merusak cat dinding, namun nodanya dapat merusak permukaan yang kena jika tidak dibersihkan secara cepat. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih yang gentle dan coba dulu tes di titik area apakah cocok atau tidak. Hindari juga pembersih yang abrasif serta berbahan kimia dan jangan membersihkannya terlalu cepat. Kamu bisa celupkan spons atau lap bersih pada air hangat kemudian lap hingga bersih, hentikan sejenak untuk mengganti atau mencuci spons juga sudah kotor. 

3) Membersihkan dinding dapur dengan bahan yang glossy 

Meskipun dinding dapurmu termasuk jenis semi-gloss paint, bukan berarti noda minyak tidak akan membekas. Untuk membersihkannya kamu dapat celupkan kain lap pada air hangat untuk mengangkat bekas minyak. Jika bekas minyak masih ada, campurkan saja pembersih serbaguna pada air tadi. 

 

4) Membersihkan noda minyak pada dinding dapur berbahan latex

Latex dapat tahan lama jika kamu menggunakan pembersih serbaguna non-abrasif ataupun pembersih khusus untuk mengangkat minyak. Campurkan salah satu dari pembersih tersebut dengan air kemudian aplikasikan dengan spons lembut atau lap. Jangan lupa gunakan sarung tangan ketika sedang membersihkan dinding dapur agar tidak kotor. 

5) Membersihkan dinding dapur berbahan kayu 

Kamu bisa menggunakan campuran sabun dan air serta cuka yang sudah terdistilasi, akan tetapi jangan sampai mendiamkan larutan terlalu lama pada permukaan kayu sebab akan membuat tekstur kayu berubah. Ada 2 larutan yang bisa kamu gunakan.

Larutan pertama kamu bisa menggunakan campuuran air dengan beberapa tetes sabun cuci piring atau campuran cuka dengan air pada botol spray kemudian semprotkan pada permukaan yang kotor. Setelah bersih, gunakan lap bersih untuk mengeringkan permukaan dinding. 

Jika bekas minyak masih membandel 

Jika noda bekas minyak membandelnya masih belum hilang, kamu bisa membuat DIY pembersih berikut ini: 

  • 1 cup cuka putih yang sudah terdistilasi
  • 3 cup air
  • 1 cup baking soda
  • 1/2 cup sabun cuci piring

 

Caranya campurkan seluruh bahan pada sebuah mangkuk dan celupkan spons atau lap bersih kemudian aplikasikan pada bagian dinding dapur yang berminyak. Angkat bekas secara merata dan tambahkan cairan jika diperlukan. Kemudian ambil lap bersih untuk mengangkat sisa-sisa (Jika ada) dan keringkan. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading