Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Meluangkan Waktu Istirahat dari Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, terlalu sering terpaku pada media sosial bisa berdampak sangat buruk buat kesehatan fisik pun psikis. Terlalu berlebihan dalam bermedia sosial, ini bisa memengaruhi kesehatan mental dan emosional kita. Jadi, sangat penting bagi kita untuk meluangkan waktu sejenak istirahat dari beragam aktivitas terkait media sosial. 

Istirahat dari media sosial bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesejahteraan kita. Ini bahkan bisa membuat kita merasakan ketenangan, yang mungkin saja belum pernah kita rasakan sebelumnya. Adapun beberapa manfaat dari meluangkan waktu untuk istirahat dari media sosial antaranya sebagai berikut: 

Hidup Makin Tenang

Saat kita mengurangi aktivitas bermedia sosial, pikiran kita pun menjadi lebih tenang. Perlu diketahui jika segala informasi dari media sosial baik itu konten yang positif, fluktuasi informasi yang cepat, hingga hiburan lainnya, perlahan tapi pasti bisa meningkatkan risiko stres. 

Istirahat darinya, memberi kesempatan bagi pikiran untuk beristirahat dan menemukan ketenangan. Ketika kamu mencoba lepas dari media sosial walau sejenak, kamu bisa merasakan ketenangan yang mengesankan.

Meningkatkan Kebahagiaan

Terkadang, terlalu banyak terpapar dengan kehidupan orang lain di media sosial bisa menimbulkan perasaan kurang bahagia dengan hidup sendiri. Istirahat dari media sosial. memungkinkan kita untuk fokus pada pengalaman langsung, memperdalam hubungan dengan orang di sekitar, dan menemukan kebahagiaan dari hal-hal kecil pun sepele sekalipun. Ini sangat membantu kita menemukan kebahagiaan dari momen-momen kecil dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Meningkatkan Rasa Syukur

Istirahat dari media sosial bisa meningkatkan rasa syukur di hati. Dengan meluangkan waktu tanpa terpapar oleh kehidupan orang lain di media sosial, kita bisa lebih berfokus pada hal-hal yang ada dalam hidup kita sendiri. 

Ini bisa meningkatkan rasa syukur karena kita lebih mampu menghargai apa yang kita miliki. Ini juga memungkinkan kita rendah risiko memandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

Menurunkan Risiko Iri dan Dengki

Istirahat dari media sosial juga membantu kita mengurangi perasaan iri dan dengki terhadap kesuksesan atau kebahagiaan orang lain. Apa yang ditampilkan di platform media sosial oleh orang lain, terkadang membuat kita cemburu dan iri hati.

Perlu diketahui, apa yang tampak di media sosial tidak selalu merepresentasikan realitas sepenuhnya dalam kehidupan nyata. Memutuskan istirahat dari media sosial, memberi kita kesempatan untuk fokus pada pencapaian dan kebahagiaan sendiri. Ini menurunkan risiko kita membandingkan diri dengan orang lain apalagi cemburu akan kebahagiaan orang lain.

Meningkatkan Kualitas Interaksi Sosial

Dengan mengurangi waktu yang dihabiskan di media sosial, kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang-orang di sekitar kita. Ini bisa memperkuat hubungan sosial, membangun koneksi yang lebih dalam, dan meningkatkan kualitas komunikasi kita di kehidupan nyata. 

Istirahat dari media sosial bukan berarti menghilangkan kehadirannya sepenuhnya. Ini adalah tentang menciptakan keseimbangan dan kesadaran dalam menggunakan platform tersebut. Ini juga tentang bagaimana kita bersikap lebih dewasa serta bijaksana dalam menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading