Sukses

Lifestyle

4 Olahraga Tipis-Tipis yang Bisa Dilakukan saat Liburan Tahun Baru

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, tidak terasa, ya? Saat ini, kita sudah berada di penghujung tahun. Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru. Berbicara mengenai tahun baru, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah liburan tahun baru. 

Apakah Sahabat Fimela sudah punya rencana kegiatan untuk dilakukan saat liburan tahun baru? Ada banyak cara untuk mengisi liburan tahun baru, mulai dari pergi jalan-jalan bersama teman, staycation dengan keluarga, dan masih banyak lagi. Namun, jika Sahabat Fimela hanya bisa menghabiskan liburan tahun baru di rumah saja, jangan khawatir, masih banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah dengan berolahraga. Menjelang pergantian tahun, pasti banyak dari kita yang mempunyai resolusi tahun baru untuk menjadi lebih sehat, bugar, dan memiliki berat badan yang ideal. Nah, untuk mencapainya, Sahabat Fimela bisa memulai olahraga tipis-tipis saat liburan tahun baru. Terdapat banyak cara untuk berolahraga selain pergi ke gym, termasuk olahraga di rumah.

Berikut adalah rekomendasi olahraga yang bisa Sahabat Fimela lakukan untuk mengisi liburan tahun baru. Apa saja olahraganya? Simak informasi berikut untuk mengetahui selengkapnya!

1. Jogging

adalah jogging. Olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga aerobik. Dilansir dari Better Health, jogging melibatkan penggunaan kombinasi oksigen dengan glukosa darah atau lemak tubuh untuk menghasilkan energi. 

Jogging secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk membangun tulang kuat, menguatkan otot, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membakar banyak kalori, dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain manfaar fisik, jogging juga dapat meningkatkan kesehatan mental, rasa percaya diri, penuaan yang sehat, dan kualitas hidup.

2. Skipping (lompat tali)

Nah, olahraga ringan yang bisa Sahabat Fimela lakukan berikutnya adalah skipping atau lompat tali. Skipping merupakan salah satu olahraga kardio terbaik yang bisa dilakukan di rumah. Dengan bermodalkan jumping rope, Sahabat Fimela bisa berolahraga untuk mengisi liburan akhir tahun. 

Dilansir dari Everyday Health, melalukan lompat tali secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti peningkatan kesehatan kardiovaskular, pembangunan daya tahan fisik, peningkatan koordinasi dan keseimbangan, serta peningkatan kapasitas paru-paru. Selain itu, lompat tali adalah olahraga yang cukup efektif untuk membakar kalori, sehingga sangat cocok untuk dilakukan saat Sahabat Fimela ingin menurunkan berat badan. 

3. Plank

Jika Sahabat Fimela tidak punya peralatan untuk melakukan olahraga, jangan khawatir, masih ada olahraga ringan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah plank. Plank adalah olahraga untuk melatih kekuatan otot perut sekaligus stabilitas. Dilansir dari Healthline, plank melibatkan penggunaan lengan, kaki, dan seluruh otot perut, menjadikannya latihan yang mencakup seluruh tubuh, sehingga bisa dikatakan cara yang lebih efisien untuk berolahraga.

Terdapat dua jenis plank, yaitu plank dan low plank. Selain itu, ada banyak gerakan variasi plank yang bisa Sahabat Fimela lakukan, di antaranya  side planks, arm and leg extensions, dan knee touches.

4. Burpee

Burpee mungkin bisa menjadi pilihan olahraga Sahabat Fimela untuk mengisi waktu liburan akhir tahun. Olahraga ini simpel karena tidak memerlukan alat apapun. Akan tetapi, kalori yang terbakar dari olahraga ini bisa cukup banyak. 

Dilansir dari Healthline, burpee pada dasarnya adalah latihan dua tahap, yaitu push-up diikuti dengan lompatan ke udara. Melakukan beberapa burpee secara beruntun bisa melelahkan, tetapi hasilnya tidak mengecewakan. Kebanyakan orang bisa melakukan burpee selama kurang lebih 20 menit. Melakukan burpee secara rutin dapat membantu membangun kekuatan dan daya tahan, membakar kalori, dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan pada liburan akhir tahun. Selamat menyambut tahun baru dengan badan yang bugar!

 

Penulis: Denisa Aulia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading