Sukses

Lifestyle

Tips Menata Rumah Minimalis Modern, Jadikan Ruangan Lebih Estetik dan Nyaman Ditempati

Fimela.com, Jakarta Tips menata rumah minimalis bisa menjadi salah satu solusi buat kamu yang ingin membuat ruangan sempit agar jadi lebih lega. Beberapa tahun terakhir, rumah minimalis telah menjadi pilihan gaya hidup yang populer. Desain rumah minimalis yang sederhana dan fungsional membuat rumah ini menjadi pilihan bagi banyak orang yang menginginkan tata ruang yang efisien dan nyaman. 

Rumah minimalis modern juga sangat cocok di era modern ini, di mana harga lahan semakin naik dan terkadang juga terbatas. Meski begitu, memilih rumah minimalis sederhana ternyata membawa tugas tertentu bagi para pemiliknya. Sebab, menata ruangan di rumah minimalis sendiri membutuhkan perhatian khusus agar tetap estetik dan nyaman. 

Eits, nggak perlu khawatir dulu jika kamu ingin atau sudah memiliki rumah minimalis. Pasalnya, ada beberapa tips menata rumah minimalis yang dapat membantu kamu menciptakan ruangan minimalis yang indah dan menyenangkan. Intip dulu yuk apa saja itu!

1. Pilih Furnitur yang Fungsional dan Simpel

Memilih furnitur yang berfungsi ganda dan memiliki desain sederhana bisa menjadi salah satu tips menata rumah minimalis yang diterapkan. Salah satu karakteristik utama dari rumah minimalis modern sendiri adalah ukuran ruangannya yang terbatas. Maka dari itu, pemilihan furnitur yang fungsional dapat menjadi krusial untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang terbatas tersebut.

Nggak perlu khawatir jika furnitur yang fungsional dan simpel akan mengganggu estetika dalam rumah. Pasalnya, saat ini terdapat banyak sekali varian dan desain dari furnitur yang mampu menarik hati. Bahkan, ada pula beberapa tempat yang menjual berbagai macam furnitur sesuai dengan apa yang kamu mau alias bisa custom dulu. Selain estetik, ingat pula untuk memilih barang-barang furnitur yang bisa memenuhi kebutuhan harianmu. Jangan lupa, hindari furnitur yang terlalu besar atau rumit, sehingga ruangan tetap terlihat lapang dan teratur.

Apabila merasa ragu atau nggak memiliki ide untuk menata rumah yang sempit, kamu bisa banget lho mencari desainer interior yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang profesional. Sehingga, kegiatan menata ruangan kecil jadi luas nggak lagi jadi beban.

2. Warna Netral sebagai Dasar

Tips menata rumah minimalis yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu memilih warna dasar yang tepat. Banyak sekali desainer interior yang menyarankan penggunaan warna netral sebagai pilihan warna untuk menciptakan tampilan rumah minimalis yang bagus. Akan tetapi, apa sih sebenarnya keuntungan yang bisa didapatkan dari tips menata rumah yang sempit satu ini?

Ragam warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem diyakini memiliki kemampuan untuk membuat ilusi ruang yang lebih luas di dalam rumah minimalis modern. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan warna-warna ini sendiri dapat membantu menghindari kesan sesak atau sempit. Maka dari itu, sebelum menata ruangan kecil jadi luas, ada baiknya jika kamu memilih dulu warna-warna apa saja yang dapat membuat ruangan di rumah minimalis jadi lebih baik.

3. Pencahayaan yang Baik

Tips menata rumah minimalis selanjutnya yaitu memerhatikan pencahayaan. Buat yang memiliki rumah minimalis modern, pencahayaan menjadi salah satu unsur penting yang nggak boleh diabaikan. Sebab dari pencahayaan sendiri nantikan dapat tercipta ilusi ruang yang lebih besar. Yup, penggunaan cahaya yang tepat dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terbuka.

Tips menata rumah yang sempit seperti ini bisa kamu lakukan menggunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin dengan memaksimalkan pemakaian jendela. Namun, perhatikan lagi desain rumah minimalis yang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu-lampu dengan desain simpel dan modern untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di malam hari.

4. Berkreasi dengan Tanaman Indoor

Untuk menambah nilai estetika di dalam rumah minimalis modern, kamu juga bisa berkreasi dengan aneka macam tanaman indoor. Tips menata rumah minimalis ini memang recommended banget untuk dicoba. Selain cocok dengan desain rumah minimalis, tanaman indoor ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, lho. 

Untuk membuat rumah nyaman dan estetik dengan tanaman indoor, kamu cukup pilih saja tanaman yang sesuai dengan ruang dan gaya desain minimalis pada rumah. Setelah itu, tempatkan tanaman dalam pot atau rak dinding agar nggak mengganggu tata letak ruangan.

5. Simpan Barang-Barang yang Nggak Diperlukan

Tips menata rumah minimalis berikutnya yaitu menyimpan berbagai barang yang sudah nggak diperlukan. Rahasia menata rumah yang sempit seperti ini bisa dikatakan sangat mudah dilakukan dan dapat dicoba oleh siapapun. 

Seperti yang diketahui bahwa rumah minimalis modern seringkali menuntut kebersihan dan keteraturan agar bisa didiami dengan perasaan yang nyaman. Oleh karena itu, memiliki banyak barang di dalamnya sangat nggak disarankan karena dapat membuat tampilan rumah jadi lebih sempit dan berantakan. So, perhatikan cara bikin rumah estetik satu ini, apalagi jika kamu memiliki rumah minimalis.

6. Sentuhan Personal pada Dinding

Jika ingin membuat tampilan rumah minimalis jadi lebih estetik, maka jangan ragu untuk memberikan sentuhan dekorasi pada dinding. Cara menata ruangan yang sempit agar terlihat lebih indah ini bisa diterapkan dengan meletakkan jam dinding, lukisan abstrak, frame foto keluarga, dan aksesori dinding lainnya yang nggak berlebihan. 

Jika memerhatikan desain rumah minimalis, sebaiknya jangan menggunakan berbagai aksesori yang terlalu banyak, karena hal tersebut justru dapat membuat ruangan menjadi semakin padat. Cukup pilih saja beberapa hiasan dinding yang menurut kamu pas dan nggak mengganggu estetika di dalam rumah minimalis modern.  

7. Gunakan Cermin untuk Menciptakan Ilusi Ruang

Jika melihat berbagai inspirasi menata rumah minimalis modern, mungkin kamu akan menyadari bahwa banyak di antaranya yang menggunakan cermin sebagai pemanis di beberapa sudut rumah. Tapi, tahukah kamu jika sebenarnya cermin ini sengaja digunakan karena memiliki tujuan tersendiri. Ada yang tahu apa itu?

Jika melihat kembali desain rumah minimalis yang sempit dan nggak banyak ruang kosong, maka melakukan tips yang satu ini bisa dikatakan sangat tepat. Perlu diketahui bahwa pemanfaatan cermin secara bijak dalam desain interior bukan cuma menimbulkan kesan estetik saja, namun juga mampu menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan terang. 

Cermin memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya. Sehingga, lorong-lorong sempit dan gelap yang ada di rumah minimalis bisa terlihat lebih terang dan terkesan terbuka. Untuk cara bikin rumah estetik seperti ini, kamu bisa menempatkan cermin di dekat sumber cahaya alami berada. Misalnya saja seperti jendela atau pintu. 

Selain itu, kamu juga bisa pertimbangkan untuk menggunakan cermin dinding penuh di area tertentu, terutama di ruang tamu atau ruang keluarga. Sehingga, ruangan jadi lebih artistik dan kontemporer sesuai dengan desain interior. 

8. Atur Setiap Barang agar Tetap Pada Tempatnya

Cara menata ruangan yang sempit untuk rumah minimalis bisa dilakukan pula dengan mengatur setiap barang sesuai dengan penempatannya. Untuk rumah dengan konsep minimalis sendiri, keteraturan merupakan kunci yang pantang untuk dilupakan. Dengan adanya pengaturan benda-benda secara tepat, maka ruangan di dalam rumah minimalis sederhana akan jadi lebih rapi dan efisien.

Jika ingin melakukan tips yang satu ini, kamu wajib menyediakan sejumlah storage atau tempat penyimpanan. Pastikan barang-barang yang dimiliki disimpan di dalamnya sesuai dengan jenis dan kegunaan. Nah, biar nggak makan banyak tempat, kamu bisa memilih penyimpanan dinding, seperti papan dan pengait agar memudahkan jangkauanmu dan keluarga. Selain itu, pastikan pula penyimpanan yang digunakan kokoh, sehingga mampu menopang barang-barang yang ditaruh di atasnya.  

9. Gunakan Lantai dengan Pola Besar

Selain bagian dinding, lantai menjadi area lainnya yang juga perlu diperhatikan agar bisa menciptakan rumah dengan konsep minimalis menjadi lebih luas dan estetik. Lantai berpola besar dengan desain yang tepat dapat menghasilkan ilusi optik ruang yang lebih luas. 

Ini bisa terjadi karena pola besar memberikan kesan kontinuitas dan memberikan pandangan yang lebih terbuka, sehingga memberikan ruang yang lebih lega dan luas. Hal ini sangat sesuai dengan prinsip desain minimalis yang menekankan penggunaan ruang secara efisien.

Selain bisa membuat ruangan jadi lebih lega, cara bikin rumah estetik seperti ini nyatanya juga dapat memberikan kemudahan pada aspek pemeliharaannya. Permukaan lantai yang besar diketahui mampu meminimalkan jumlah sambungan dan celah, sehingga membuatnya lebih mudah dibersihkan dan dirawat. 

Di sisi lain, lantai berpola besar dapat membuat ruangan menjadi lebih estetik dan artistik. Makanya, banyak banget orang yang menggunakan trik ini agar rumah nyaman dan estetik, meski berdesain minimalis.

10. Pakai Wallpaper Bermotif

Untuk rumah dengan konsep minimalis, biasanya sering disarankan agar memakai wallpaper dengan motif yang tepat. Mengapa harus demikian? Cara bikin rumah estetik lewat pemasangan wallpaper diketahui dapat memberikan dimensi tambahan pada ruangan, sehingga terciptalah tampilan yang lebih menarik dan karakteristik.

Di satu sisi, wallpaper dengan pola atau motif tertentu dapat memberikan ilusi optik yang membuat ruangan terlihat lebih besar. Desain yang cerdas dapat memanfaatkan permainan warna dan pola untuk memperluas pandangan mata, menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka. Maka dari itu, demi bisa mewujudkan rumah nyaman dan estetik, maka pemilihan wallpaper yang tepat dan bagus wajib kamu lakukan.

Nah, itulah beberapa tips menata rumah minimalis biar terlihat lebih luas dan pastinya estetik. Menyulap rumah minimalis modern dengan karakteristik ruangan yang sempit dan minim ruang memang bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Meski begitu, pasti tetap ada jalan yang bisa diusahakan agar rumah minimalis bisa menjadi hunian yang nyaman dan enak untuk didiami. Maka dari itu, nggak ada salahnya jika kamu menerapkan berbagai tips di atas untuk hunian minimalis yang ditempati.

Untungnya, membeli aneka ragam peralatan atau barang-barang kebutuhan untuk membuat rumah minimalis jadi lebih indah bisa dilakukan secara mudah lewat e-commerce. Adanya platform belanja online ini memang bisa dikatakan sangat menguntungkan. Selain bisa berbelanja kapan saja dan di mana saja, kamu pun juga bisa berkesempatan menikmati ragam promo menarik yang ditawarkan. Mulai dari gratis ongkir, potongan harga, promo buy 1 get 1, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain peralatan untuk dekorasi rumah, kamu juga bisa menemukan barang-barang kebutuhan lainnya di platform belanja online ini, lho. Di antaranya seperti bahan makanan, aksesori, fesyen dan makeup, dan lain-lain. Yuk, jadikan hidup lebih praktis dan untung dengan memanfaatkan e-commerce.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading