Sukses

Lifestyle

4 Jurusan Kuliah yang Terkenal Akan Kecerdasan Anak-Anaknya, Apakah Ada Jurusanmu?

Fimela.com, Jakarta Dalam menentukan jurusan untuk jenjang perkuliahan tidaklah bisa sembarangan. Berbagai aspek perlu untuk dipertimbangkan salah satunya adalah prospek kerja masa depan, demand dari pasar kerja hingga peminatan dan ketertarikan orang terhadap suatu jurusan.

Semakin banyaknya jurusan yang tersebar luas, semakin banyak pula stigma-stigma yang menjadi buah bibir. Terutama bagi jurusan yang sering di underestimate. Bahkan di anak muda sekalipun sampai membuat list jurusan yang underrated hingga overrated sekaligus. Dari sinilah kesenjangan antara anak yang cerdas dengan anak yang 'tidak cerdas' mulai muncul. 

Untuk mengetahui suatu kapasitas orang akan berhasil bertahan dan mempelajari ilmu dalam sebuah jurusan yang dipilih tentunya berbeda dengan yang lainnya. Salah satu tips nya adalah dengan melihat beban kuliah hingga daftar mata kuliah apa yang akan dipelajari, semuanya tersedia dalam web kampus tujuan dan bisa dilihat dari semester 1 hingga menjelang skripsi, bobot SKS pun juga dapat ditinjau agar menjadi bahan pertimbangan tersendiri. 

Terlepas dari berbagai 'drama' antara jurusan kuliah, alangkah baiknya kamu tahu bahwa semua jurusan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Untuk bisa berkuliah di kampus impian saja juga membutuhkan proses panjang dengan persaingan yang cukup ketat saja sudah membuktikan bahwa kamu juga tergolong sebagai anak yang cerdas bukan? 

Berikut adalah 4 jurusan yang terkenal akan kecerdasan anak-anak yang masuk dan belajar di dalamnya. Berikut informasinya dari Best Degree Program untukmu. 

4 Jurusan di bawah ini terkenal dengan kecerdasan anak-anaknya

1. Aktuaria

Menjadi jurusan yang "booming" di masyarakat khususnya anak-anak IPA, Aktuaria mempelajari risiko pada suatu bisnis serta finance. Mereka juga akan mengevaluasi serta memprediksi apa saja yang akan memberikan dampak positif serta negatif dari sebuah 'kejadian' sistematis dan matematis dan akan memberikan cara untuk mengurangi beban dari kejadian tersebut. Ketelitian dan ketekunan dalam mempelajari ilmu aktuaria juga dibutuhkan di sini dan tidak heran jika jurusan ini memiliki banyak anak-anak cerdas di dalamnya.  

2. Teknik dirgantara dan aerodinamika 

Urutan kedua ada jurusan teknik dirgantara serta aerodinamika. Jurusan ini mempelajari desain serta cara membuat pesawat hingga transportasi untuk luar angkasa. Meskipun di Indonesia jurusannya terpisah yakni dirgantara sendiri dan aerodinamika memiliki ranahnya masing-masing, di luar negeri kedua hal ini sering digabung. Tentu saja jurusan ini juga tidak hanya menjadi idaman saja tetapi juga dapat dijumpai banyak anak-anak yang cerdas. Tentu saja hal ini dikarenakan perlunya memperhitungkan perhitungan yang presisi serta ketelitian dalam melakukan praktik dan penguasaan materi pada bab-bab yang dipelajari. 

 

4. Astronomi

Jurusan keempat adalah astronomi. Jurusan ini berfokus mempelajari galaksi, sistem tata suryam perbintangan serta aktivitas yang berkaitan dengan langit dan berbagai peristiwa yang ada di luar angkasa. Jurusan ini juga banyak sekali anak-anak yang cerdas karena penuh dengan berbagai perhitungan khususnya dalam bidang fisika. Setelah lulus kamu bisa ditempatkan ke berbagai peluang kerja yang berkaitan dengan pemantauan aktivitas langit, salah satunya pasti kamu sudah familiar yaitu NASA. 

5. Psikologi

Psikologi terutama psikologi kognitif mempelajari bagaimana manusia memproses, menyimpan serta mengingat berbagai informasi. Jurusan ini pastinya memiliki banyak anak yang cerdas karena penuhnya dengan data-data dan menganalisa. Pada jurusan ini juga akan mempelajari bagaimana seorang manusia mengenal dan mengetahui sesuatu, bagaimana perasaan manusia dapat mempengaruhi pikiran serta bagaimana otak mempengaruhi proses pembentukan mental. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading