Sukses

Lifestyle

4 Tips Berikut Bantu Tracking Resolusi Tahunan Agar Tercapai dan Terealisasi Dengan Baik

 

Fimela.com, Jakarta Pergantian tahun berarti terganti juga sebuah resolusi. Seperti namanya, resolusi dibuat oleh banyak orang sebagai simbol akan mulainya langkah serta kesempatan yang bagus untuk merubah seluruh kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik agar terjaga dari segi fisik, emosi, sosial, serta intelektual. 

Resolusi tentunya lebih mudah untuk dituangkan dalam berbagai tulisan daripada dibiarkan dalam pikiran begitu saja. Namun sayangnya, 3 bulan di awal tahun sering menjadi momen di mana banyak orang yang mengabaikan resolusi sehingga resolusi tidak dapat di tracking dengan baik. 

Tidak hanya itu saja, masih banyak pula yang belum bisa memilah goals atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai dikarenakan banyaknya keinginan. Padahal pemilihan tujuan-tujuan tertentu ini membantu memudahkan diri untuk mentracking resolusi sehingga resolusi tahun yang sekarang dapat terealisasi dan tercapai dengan baik. 

Meskipun akan ada saatnya dari salah satu tujuan tersebut berubah, bukan berarti resolusi tahunan tidak worth it untuk dibuat. Survei yang dilakukan oleh YouGov menghasilkan penemuan bahwa orang-orang dengan resolusi tahunan baru lebih optimis akan masa depan yang akan mereka hadapi. Lantas bagaimana tips untuk menjaga resolusi tetap tertracking agar dapat tercapai dan terealisasi dengan baik? Berikut informasi dari VerywellMind untukmu. 

Tips tracking resolusi agar tercapai dan terealisasi dengan baik

1. Pilih 'Goal yang spesifik 

Pastinya dalam satu tahun tidak hanya 1 goal saja yang ingin dicapai bahkan ribuan goal sekalipun ingin dicapai. Misalnya ingin memiliki berat badan yang tidak berlebih, lebih produktif, hingga memiliki badan yang lebih bagus di tahun depan. Goal-goal tersebut menunjukkan goal yang spesifik dan mudah untuk dicapai. Memilih goal yang spesifik dapat membantumu untuk membuat rencana serta menjaga untuk tidak lewat dari 'track' agar resolusi dapat tercapai dengan baik di tahun yang sekarang. 

2. Batasi resolusi yang ingin diraih

Dalam hidup pastinya kamu memiliki banyak resolusi yang ingin diraih, namun kamu bisa memilih beberapa resolusi atau resolusi yang 'dirasa' dapat dicapai pada tahun ini. Hal ini juga telah disarankan oleh Richard Wiserman, profesor psikologi dari Universitas Herthfordshire. 

3. Fokus pada satu goal baru melanjutkan goal lainnya

Sering sekali kita rasakan dalam banyaknya resolusi yang ingin dicapai kita jadi ingin mencapai semua tujuan atau goal dengan instan. Namun tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan sebab jika melakukannya dalam waktu yang bersamaan, konsentrasimu akan terpecah belah. Sebaiknya kamu fokus untuk mencapai satu goal barulah beralih ke goal lainnya. Bahkan The American Psychological Association (APA) juga menyarankan demikian agar kamu bisa memiliki sukses jangka panjang lho. 

4. Buat rencana sedetail mungkin

Membuat rencana dengan detail dapat membuatmu tetap fokus untuk mencapai tujuan yang ada dalam resolusimu. Mengapa bagian ini sangat penting agar resolusi dapat tercapai dengan baik dan sukses? Tentu saja karena kamu bisa menentukan berbagai strategi serta taktik ketika menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai resolusi yang baik. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading