Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Jadi Orang Kuat dan Tangguh Hadapi Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Kehidupan mana yang berjalan tanpa masalah? Semua kehidupan mengajarkan manusia untuk belajar, bertahan atau mencari jalan keluar. Beberapa orang memang harus terjatuh dan bangkit untuk kembali memulai apa yang telah hancur. Tapi justru itulah yang membuat kehidupan menantang, dari situ juga manusia bisa berkembang. Terlepas dari masalah atau tantangan hidup apa pun yang pernah kamu hadapi, akan selalu ada sikap-sikap yang membuktikan bahwa kamu adalah orang yang kuat dan tangguh selama ini, seringkali tidak kamu sadari. Ini dia buktinya.

1. Terkadang diam adalah respon terbaik

Terkadang terlalu banyak bicara justru bisa memperkeruh suasana dan memperdalam masalah. Pemikiran tentang 'ada hal-hal yang sebaiknya tidak perlu diketahui orang lain' daripada mengumbarnya di depan umum adalah hal yang positif. Mengingat apa yang kita katakan bisa menjadi penawar atau justru racun untuk melukai kita sendiri, maka sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya. Tidak semua hal perlu direspon secara agresif, bahkan beberapa sebaiknya disikapi dengan cara diam.

2. Lebih banyak mendengar, lebih irit bicara

Ada kalanya banyak bicara justru tidak dibutuhkan dalam berberapa urusan. Kamu hanya perlu lebih banyk mendengarkan agar bisa memahami dan menelaah apa yang sedang terjadi. Dengan mendengarkan kamu juga bisa memperluas persepsi dan melihat bahwa ada banyak sudut pandang yang diutarakan setiap orang. Bisa menjadi pendengar yang baik juga jadi cara terbaik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ketika kamu tak lagi banyak bicara, seringkali justru saat itulah kamu tahu lebih banyak.

3. Utamakan bersikap baik daripada benar

Siapa yang tidak ingin diakui benar? karena menyenangkan menjadi orang yang benar. Terkadang kita harus beradu argumen agar bisa diakui dan dianggap benar, tapi sepertinya sangat melelahkan jika harus menuntut hal itu setiap hari. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu tidak perlu menjadi selalu benar, tapi lebih baik jika menjadi pribadi baik. Tidak semua hal harus diperdebatkan dan dibuat bahan bertengkar, seringkali justru memperparah masalah. Jadi jika masih bisa menoleransi beberapa hal, pilih bersikap baik ketimbang bersikap benar.

4. Setiap kegagalan adalah kesempatan belajar

Kamu tahu kegagalan dan rasa malu akan selalu membayangi di setiap tindakan yang kamu lakukan. Tapi justru dari situlah kamu bisa belajar hal baru dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jika bisa berpikiran terbuka dan fleksibel dalam menerima perubahan, bisa jadi kegagalan itu adalah kesempatan untuk menemukan hal baru. Lagipula setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan, jadi tak perlu merasa kecil dan paling merana.

5. Tindakan bicara lebih lantang ketimbang ucapan

Daripada mengatakan pada seseorang kamu mencintainya, lebih baik buktikan dengan tindakan dan aksi nyata. Bahkan jika tak diakui pada akhirnya, paling tidak kamu sudah berusaha. Itu juga yang bisa kamu lakukan ketika kehidupan terasa berat dan melelahkan. Daripada berkata-kata kasar dan menghabiskan waktu untuk mengeluh dan menggerutu, lakukan sesuatu untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik. Itu lebih berdampak ketimbang hanya marah-marah dan menuntut keadilan Tuhan.

Jika semua hal di atas sudah kamu miliki dalam hidup, pertanda bahwa kamu adalah orang yang kuat dan tangguh dalam menghadapi kehidupan.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading