Sukses

Lifestyle

Penyebab Layar Laptop Berubah Putih yang Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Layar laptop yang tiba-tiba berubah menjadi putih seringkali menjadi masalah yang menyebalkan bagi para pengguna laptop. Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab yang berbeda. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu penyebab utama dari layar laptop yang berubah menjadi putih adalah koneksi yang tidak stabil antara layar dan motherboard. Hal ini dapat terjadi karena kabel fleksibel yang rusak atau lemah, atau bahkan karena kotoran atau debu yang menumpuk di dalam laptop. Selain itu, masalah dengan kartu grafis atau driver juga dapat menjadi penyebab dari layar laptop yang berubah putih.

Kondisi ini tentu perlu segera diatasi. Namun untuk mengatasinya, kamu perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu. Berikut berbagai kondisi yang menjadi penyebab layar laptop berubah putih.

Penyebab Layar Laptop Berubah Putih

Salah satu penyebab yang paling umum dari layar laptop putih adalah kerusakan hardware, seperti layar LCD yang rusak atau kartu grafis yang mengalami masalah. Hal ini bisa disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama atau terlalu sering, serta juga penggunaan yang tidak sesuai aturan.

Selain itu, masalah pada kabel atau konektor juga bisa menjadi penyebab utama dari layar laptop putih. Kabel yang rusak atau konektor yang lepas bisa mengakibatkan gangguan pada tampilan layar laptop, sehingga menyebabkan layar laptop menjadi putih.

Terakhir, masalah pada software juga dapat menjadi penyebab layar laptop putih. Pembaruan sistem yang tidak sempurna, atau instalasi program yang tidak sesuai, bisa mengakibatkan gangguan pada tampilan layar laptop.

Cara Mengatasi Layar Laptop Putih

1. Lepas Baterai Laptop

Beberapa orang mungkin menganggap metode ini relatif mudah. Menurut sebagian pengguna laptop, melepas baterai dapat mengatasi banyak masalah yang disebabkan oleh layar. Untuk melakukannya, harap ikuti petunjuk ini.

  • Lepas baterai laptop secara perlahan.
  • Jika sudah, pastikan tidak terhubung ke kabel daya.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power selama ± 30 detik.
  • Kemudian pasang kembali baterai laptop Anda lalu nyalakan laptop.
  • Setelah itu periksa, apakah layar laptop masih blank putih atau tidak.

2. Ganti Kabel Fleksibel LCD

Mungkin ada potensi masalah dengan kabel fleksibel pada laptop, yang dapat menyebabkan layar kosong berwarna putih. Kabel fleksibel adalah kabel elastis yang menghubungkan layar laptop dengan beberapa komponen di dalam motherboard.

Masalah kabel fleksibel yang bermasalah biasanya muncul apabila tutup laptop sering dibuka dan ditutup. Selain itu, faktor usia pakai dapat menyebabkan masalah pada komponen laptop, seperti layar. Kamu dapat mengganti kabel fleksibel sendiri. Disarankan untuk membawanya ke pusat layanan laptop untuk mendapatkan bantuan yang lebih baik.

3. Periksa VGA dan RAM Laptop 

Selain itu, disarankan untuk memeriksa kondisi VGA dan RAM laptop. Kedua komponen ini saling berhubungan dengan layar laptop. VGA atau RAM yang sudah ketinggalan zaman dapat menyebabkan berbagai masalah muncul, termasuk layar laptop yang bergaris-garis atau tidak ada tampilan sama sekali.

Silakan periksa VGA terlebih dahulu. Jika VGA pada laptop dapat dilepas, disarankan untuk membersihkan pin dengan penghapus karet.

Jika memungkinkan, lanjutkan dengan memeriksa RAM laptop. Untuk membersihkan RAM laptop dengan benar, lepaskan RAM, seka perlahan dengan penghapus, lalu pasang kembali dengan benar.

Setelah kedua komponen diperiksa, hidupkan ulang laptop dan periksa kondisi layarnya.

4. Hubungkan dengan Monitor Eksternal

Jika membersihkan Kartu VGA tidak membuahkan hasil apa pun, ada kemungkinan VGA rusak. Untuk mengonfirmasinya, Anda perlu mencoba menghubungkan ke monitor eksternal. Dengan mengikuti metode ini, Anda dapat menentukan apakah masalahnya terletak pada VGA atau layar laptop yang rusak. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ini.

  • Untuk menghubungkan laptop ke layar monitor, mulailah dengan menyiapkan monitor eksternal dan kabel HDMI.
  • Lihat logo untuk menyesuaikan mode layar pada keyboard. Untuk mengaktifkan fungsi ini, tekan F10 atau Fn+F10.

Setelah tersambung ke layar monitor, nilai kondisi layar dengan mempertimbangkan dua hal berikut ini.

  • Jika layar putih muncul, ini mengindikasikan potensi kerusakan pada kartu VGA di laptop.
  • Jika layar pada monitor tidak menampilkan warna putih, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah pada LCD laptop.

5. Ganti Layar LCD

Masalah ini dapat terjadi jika LCD laptop terbentur dengan benda keras, terkena tumpahan air, atau laptop terjatuh secara tidak sengaja. Kemungkinan blank putih terjadi akibat komponen layar yang rusak atau korsleting. Solusi yang paling praktis dan efisien untuk masalah ini adalah mengganti layar laptop dengan yang baru. Dalam situasi ini, kamu memiliki pilihan untuk menggantinya sendiri atau mencari bantuan dari layanan servis laptop yang berpengalaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading