Sukses

Lifestyle

6 Tips Cerdas untuk Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan yang melebihi batas normal bisa menimbulkan risiko kesehatan yang besar bagi siapa saja. Banyak orang bermimpi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang cepat dan mudah agar bisa memiliki tubuh yang ideal.

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengikuti prinsip bahwa kalori yang masuk harus lebih sedikit daripada kalori yang keluar. Kamu dapat melakukannya dengan membatasi ukuran porsi dan memilih makanan yang kaya serat dan protein, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

Hal ini bisa dicapai dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, makanan yang dikonsumsi, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Di bawah ini adalah beberapa cara dan saran yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat:

1. Perencanaan Diet

Susunlah menu makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan kalori dan nutrisi tubuh anda. Jangan lupa untuk mengonsumsi protein, karbohidrat, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan dalam proporsi yang seimbang. Perencanaan diet yang baik dapat membantu anda mencapai berat badan yang ideal, meningkatkan kesehatan, dan mencegah penyakit, berikut beberapa contohnya:

  • Sarapan: roti gandum panggang dengan selai kacang, telur rebus, dan jus jeruk.
  • Makan siang: nasi merah, ayam panggang, tumis brokoli, dan buah potong.
  • Makan malam: sup sayur, ikan bakar, dan salad.
  • Camilan: yogurt, kacang-kacangan, atau buah-buahan.

2. Olahraga Teratur

Berolahragalah secara rutin, setidaknya 30 menit tiap hari. Olahraga teratur dapat membakar kalori, membentuk otot, dan meningkatkan stamina. Olahraga juga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang membuat anda merasa bahagia dan rileks. 

  • Jalan santai: Kamu dapat berjalan santai di tempat yang nyaman dan dapat meningkatkan intensitas jalan anda dengan menambah kecepatan, jarak, atau durasi.
  • Bersepeda: Kamu dapat meningkatkan intensitas bersepeda dengan menambah kecepatan, jarak, atau durasi.
  • Berenang: Kamu dapat meningkatkan intensitas berenang dengan menambah kecepatan, jarak, atau durasi.

3. Kontrol Porsi Makan

Batasi jumlah makanan yang anda konsumsi dan kunyahlah dengan lambat agar perut merasa kenyang lebih lama. Kontrol porsi makan dapat membantu anda mengurangi asupan kalori dan mencegah kelebihan makan. Makan dengan lambat dapat memberi waktu bagi otak anda untuk menerima sinyal kenyang dari perut anda.

  • Gunakan piring yang lebih kecil untuk menata makanan. Hal ini dapat membuatmu merasa lebih puas dengan porsi yang anda makan.
  • Bagi makanan anda menjadi dua bagian, makanlah setengahnya terlebih dahulu, dan tunggu 20 menit sebelum makan sisanya. Hal ini dapat memberi waktu bagi otak anda untuk merasakan kenyang.
  • Jangan mengambil makanan tambahan. Jika kamu masih merasa lapar setelah makan, minumlah air atau makan buah-buahan.

4. Minum Air yang Cukup

Pastikan anda minum air minimal 8 gelas sehari agar tubuh anda tetap terhidrasi. Air dapat membantu mengontrol nafsu makan dan memperlancar proses metabolisme. Minum air yang cukup dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengeluarkan racun, dan menjaga fungsi organ tubuh. Air juga dapat membuat anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi minuman manis atau berkafein.

  • Bawa botol air kemana-mana dan isi ulang sesering mungkin. Hal ini dapat membuat anda lebih mudah untuk minum air kapan saja dan dimana saja.
  • Minum air sebelum dan sesudah makan. Hal ini dapat membantu anda mengontrol nafsu makan dan mencerna makanan dengan baik.
  • Minum air setiap kali merasa haus, bukan minuman lain. Hal ini dapat menghindari anda dari mengonsumsi minuman yang mengandung gula, kafein, atau alkohol.

5. Tidur yang Cukup

Pastikan anda tidur dengan nyenyak setiap malam, minimal 7-8 jam. Tidur yang cukup dapat memberi waktu bagi tubuh anda untuk beristirahat dan memulihkan energi. Tidur juga dapat mengatur hormon yang berpengaruh pada nafsu makan, yaitu leptin dan ghrelin.

  • Tetapkan jadwal tidur yang tetap. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini dapat membantumu mengatur ritme sirkadian tubuh.
  • Hindari kafein, alkohol, atau nikotin sebelum tidur. Zat-zat ini dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat anda sulit untuk tertidur atau terbangun.
  • Buatlah suasana kamar yang nyaman untuk tidur. Matikan lampu, suara, dan gadget anda. Gunakan tirai, penutup mata, atau penutup telinga jika perlu. Hal ini dapat membuat anda lebih rileks dan tenang.

6. Perhatikan Kesehatan Mental

Jaga kesehatan mental anda dengan mengurangi stres, bermeditasi, dan mendapatkan dukungan sosial. Kesehatan mental yang baik dapat membuatmu lebih tenang, percaya diri, dan bahagia, hindari stres karena dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat pola makan tidak terkontrol.

  • Lakukan hal-hal yang anda sukai, Cobalah untuk meluangkan waktu untuk melakukan hobi, minat, atau kegiatan yang membuat anda bahagia. 
  • Bermeditasi. Cobalah untuk bermeditasi setiap hari, minimal 10 menit. Kamu dapat menggunakan aplikasi, video, atau buku untuk membantu anda bermeditasi.
  • Cari dukungan sosial. Cobalah untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau orang lain yang anda percaya. Kamu dapat berbagi cerita, masalah, atau perasaan dengan mereka. 

Ketika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, sangat penting untuk memprioritaskan keselamatan dan kesehatan dengan mengikuti diet bergizi dan mempertahankan gaya hidup aktif.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading