Sukses

Lifestyle

Cara Refund Tiket Kereta di Aplikasi KAI Access, Mudah, Praktis dan Tidak Ribet

Fimela.com, Jakarta Kereta api merupakan salah satu moda transportasi darat yang paling banyak dipilih masyarakat, baik untuk perjalanan antar kota maupun  lintas provinsi. Di samping waktu tempuh yang relatif cepat, fasilitas kereta api– khususnya lintas provinsi– cukup lengkap, mulak dari toilet hingga ketersediaan makanan.

Kabar baiknya, PT KAI terlihat senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Dari yang hanya menjual karcis kertas hingga menjajal metode pembayaran dengan kartu dan pemesanan tiket kereta melalui aplikasi KAI. Meskipun mengikuti perkembangan teknologi, bukan berarti sistem pembelian tiket kereta api sudah terbebas dari masalah.

Setelah memfasilitasi pemesanan tiket via online, pelanggan moda transportasi kereta masih terkendala dalam hal pengembalian tiket untuk perjalanan yang mereka batalkan. Agar tidak bingung lagi, berikut cara refund tiket kereta di aplikasi KAI Access!

Syarat Refund Tiket Kereta Api Online

Sebelum beranjak ke pembahasan tentang cara refund tiket kereta di aplikasi KAI Access, kamu tentu harus mengetahui persyaratan refund terlebih dulu. Dilansir dari situs KAI, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum refund tiket kereta api lewat aplikasi.

  1. Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi Access serta menggunakan akun Access pemohon.
  2. Pembatalan tiket melalui Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 2 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass.
  3. Jika lewat dari waktu tersebut, maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
  4. Untuk pembatalan tiket dikenakan bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  5. Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank.
  6. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan.
  7. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  8. Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses pembatalan akan ditolak oleh sistem dan penumpang dapat melakukan pembatalan manual di loket stasiun yang ditentukan perusahaan.
  9. Apabila proses pengembalian bea tiket yang dibatalkan mengalami kegagalan transfer, maka penumpang akan mendapat pemberitahuan berupa notifikasi sms dan email serta berhak mendapatkan bea tiket yang dibatalkan paling lama/maksimal 1 tahun terhitung sejak proses pembatalan dilakukan.
  10. Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi Access dan kode booking dapat masuk ke menu Tambahkan Tiket dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user Access.
  11. Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Fimela dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id.

Cara Refund Tiket Kereta Api via Aplikasi KAI Access

Jika sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan pengembalian tiket secara online, barulah kamu bisa mengimplementasikan cara refund tiket kereta api di aplikasi KAI Access, sebagaimana tertulis di bawah ini.

  1. Buka aplikasi KAI Access di smartphone kamu. Aplikasi KAI Access sendiri dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).
  2. Klik menu “Tiket” Kemudian pilih menu “Kode Booking” tiket yang akan dibatalkan Jika sudah dipilih, lalu klik “Pembatalan”.
  3. Baca dan pahami ketentuan kemudian centang dan pilih “Lanjut” Selanjutnya isi akun bank dengan benar agar pengembalian dana atau refund bisa diterima Lanjutkan ke proses pembatalan dan cek apakah seluruh data pembatalan sudah sesuai.
  4. Pilih “Ya saya yakin” proses pembatalan tiket kereta pun selesaiSebagai informasi bahwa pembatalan paling lambat adalah tiga jam sebelum keberangkatan dan dikenakan bea administrasi 25 persen.
  5. Proses refund dilakukan 30 hingga 45 hari kemudian.

 

Sahabat Fimela, itulah tadi pembahasan tentang syarat dan cara refund tiket kereta lewat aplikasi KAI Access. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang mengalami kesulitan dalam melakukan pengembalian tiket, ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading