Sukses

Lifestyle

3 Tips Hidup Tenang dengan Prioritaskan Kedamaian Hatimu

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah menemukan tren #QuiteLife, yakni tren yang erat kehidupan ‘lembut dan lambat’. Konsepnya memprioritaskan perawatan dan kesenangan diri sekaligus berusaha meminimalkan stres sebisa mungkin. 

Quiet life adalah salah satu upaya untuk ‘membatasi’ diri kita secara pribadi dari kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu berpengaruh terhadap kedamaian dan ketenangan diri.

Camille Styles membagikan tips yang impactful untuk menciptakan ketenangan diri dalam hidup. Jika kamu tertarik dengan konsep ini, ikuti 5 tips hidup tenang berikut, ya!

Menciptakan ‘Ruang’ untuk Istirahat

Sebagai respons terhadap budaya kehidupan yang semakin ‘ramai’, tidak heran jika sebagian orang merasa perlu membatasi diri untuk menciptakan ketenangan hati. Dalam kehidupan yang sibuk ini, menciptakan ‘ruang’ untuk istirahat memang sangat penting untuk mencegah burnout.

Kehidupan yang tenang lebih dari sekadar menjauh dari komputer selama lima menit. Sebab, kita membutuhkan istirahat yang benar-benar restoratif untuk melakukan sesuatu yang disenangi dan menjauh dari tugas kantor.

Buatlah Jadwal Rutinitas dengan Mindful

Rutinitas harian adalah hal yang mencerminkan jati dirimu. Membangun rutinitas yang baik dapat membantumu menjadi the best version of yourself.

Menjalani kehidupan yang tenang bukan berarti tidak menggunakan media sosial atau menjadikan jam kerjamu lebih pendek dari rekan lain. Sebaliknya, kamu harus bisa memasukkan rutinitas pribadimu ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menjaga stres seminimal mungkin.

Buatlah Batasan Sosial

Batasan sosial mencakup aktivitas filterisasi terhadap orang-orang dalam kehidupanmu, lingkungan pekerjaanmu hingga memilah-milih konten yang dikonsumsi. Dengan membuat batasan, maka social batterymu dapt terjaga dengan baik.

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat batasan sosial.

  1. Jauhi batasan kerja setelah pukul 6 malam dan mengatur bahwa pesan hanya akan dibahas selama jam kerja.
  2. Membuat kesepakatan dengan keluarga terkait hari-hari di mana kamu akan silaturahmi dengan mereka.
  3. Memberikan pengertian kepada teman-temanmu terkait pembagian waktu antara bersosialisasi dan me time.

Demikianlah pembahasan tentang tips hidup tenang. Bagi Sahabat Fimela yang saat ini berencana menjalani quiet life, semoga diberikan kelancaran dan ketenangan dalam hidup, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading