Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Praktis untuk Sahur, Kuncinya di Stok Bahan!

Fimela.com, Jakarta Bagi umat muslim di seluruh dunia, selama bulan Ramadan, menjalani ibadah puasa menjadi fokus utama. Maka, kamu harus siap memasak untuk sahur setiap harinya. Namun, menyiapkan hidangan sahur kerap menjadi tanggung jawab yang menantang. 

Apalagi, kamu tentu mau menghidangkan panganan yang lezat, sehat, dan mudah diolah, bukan? Di sanalah keterampilanmu dalam mengkalkulasi waktu akan diuji. Lantas, apa solusinya?

Sahabat Fimela jangan terlalu khawatir dalam menghadapi sahur di bulan puasa. Berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat kamu ikuti agar bisa memasak praktis saat sahur. Simak selengkapnya, ya!

Selalu Siap Stok Bahan Masakan di Kulkas

Agar lebih efisien, sebaiknya belanja bahan masakan untuk satu minggu ke depan. Selain menghemat waktu, menyimpan bahan masakan dalam kulkas juga akan menjaga kesegaran daging, buah, dan sayuran. Sebelum disimpan, bahan belanjaan bisa langsung disiapkan seperti dicuci atau dipotong sehingga siap untuk digunakan saat memasak.

Pilih Resep yang Sederhana

Ketika waktu memasak terbatas, pilihlah resep yang simpel namun tetap lezat. Untuk buka puasa, kamu bisa membuat puding, gorengan, atau salad buah. Sedangkan untuk sahur, sajikanlah makanan berkuah sederhana seperti sayur asem, sop, atau bening.

Masak dalam Porsi Banyak

Untuk menghemat waktu, kamu dapat memasak menu buka puasa dan sahur sekaligus dalam satu sesi masak. Beberapa jenis makanan akan tetap lezat saat dipanaskan kembali, sehingga kamu tidak perlu bangun terlalu pagi untuk memasak. Namun, hindari menggoreng makanan yang sudah matang ulang karena dapat mengurangi kualitas rasa dan tekstur.

Simpan Sisa Makanan dengan Baik

Makanan sisa buka puasa yang tidak habis bisa disimpan untuk sahur nanti. Roti, buah-buahan, ketupat, atau bolu merupakan contoh makanan praktis yang dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tetap enak ketika dimakan kembali. Dengan begitu, kamu tidak melakukam hal yang mubazir dengan membuang-buang makanan layak makan.

Gunakan Bumbu Instan

Untuk memasak dengan lebih praktis, kamu dapat menggunakan berbagai produk instan seperti penyedap rasa, tepung, santan, sambal, dan bumbu masakan. Tidak hanya praktis, produk instan juga tetap dapat memberikan cita rasa yang lezat pada setiap hidangan.

Dengan mengikuti tips di atas, Sahabat Fimela diharapkan dapat memasak dan menyajikan hidangan sahur yang lezat, sehat, serta mengenyangkan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga di waktu sahur yang mepet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading