Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Membersihkan Kompor Listrik

Fimela.com, Jakarta Kompor listrik sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Kini, penggunaan kompor listrik sudah bisa banyak ditemukan. Berbagai alasan melatarbelakangi beralihnya masyarakat dari menggunakan kompor gas menjadi kompor listrik, salah satunya adalah perihal efisiensi.

Dilansir dari 2-10.com, penggunaan kompor listrik lebih membuat suhu dapur menjadi lebih sejuk daripada menggunakan kompor gas karena kompor listrik tidak menghasilkan panas sebesar kompor gas. Selain itu, efisiensi penggunaan kompor listrik juga terdapat pada cara membersihkannya. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut adalah cara mudah membersihkan kompor listrik Sahabat Fimela di rumah!

Hal-hal yang perlu disiapkan

Mengutip dari laman Reader’s Digest, co-CEO AspenClean, Alicia Sokolowski menyatakan bahwa cara membersihkan kompor listrik tergantung dengan tipe yang dimiliki. Namun, berkat permukaan kompor listrik yang mulus untuk segala tipe, kompor listrik dapat dibersihkan menggunakan pembersih alami. Ingat, jangan menggunakan cuka dan baking soda dalam waktu yang bersamaan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membersihkan kompor listrik

  1. Cuka
  2. Botol semprotan
  3. Baking soda
  4. Lap dapur
  5. Lap microfiber
  6. Sarung tangan sekali pakai (opsional)

Langkah-langkah untuk membersihkan kompor listrik

Siapkan larutan cuka

Buatlah campuran cuka dengan air hangat di dalam botol semprotan dengan perbandingan 1:1. Jika sudah tercampur, semprotkan campuran cairan tersebut ke bagian kaca atau bagian paling atas dari kompor listrik Sahabat Fimela. Jika sudah disemprotkan, Sahabat Fimela dapat mengusapnya dengan lap microfiber hingga bersih.

Taburkan baking soda

Rendam lap dapur ke dalam air panas. Taburkan baking soda ke permukaan kompor listrik, lalu ambil lap dapur yang sudah direndam air panas sebelumnya. Letakkan lap dapur di atas sebaran baking soda yang ada di seluruh permukaan kompor, diamkan kurang lebih 15 menit.

Gosok hingga bersih

Singkirkan lap dapur, lalu gosok permukaan kompor listrik Sahabat Fimela hingga tidak ada lagi baking soda yang tersisa. Gosoklah secara perlahan agar tidak merusak permukaan kompor. Jika ada noda membandel, Sahabat Fimela dapat menambahkan baking soda di bagian tersebut dan ulangi langkah yang sebelumnya. Jika sudah, silakan gosok kembali hingga bersih.

Lap sisa-sisa kotoran

Setelah membersihkan permukaan kompor dari baking soda, Sahabat Fimela dapat menyemprotkan kembali campuran cuka dan air, lalu lap dengan lap microfiber. Jika sudah, gunakan lap microfiber untuk membuat efek mengkilap pada kompor.

Penulis: Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading