Sukses

Lifestyle

Kenali Penyabab Munculnya Fenomena Equinox Hingga Tips Menghadapinya

Fimela.com, Jakarta Equinox adalah peristiwa di mana titik subsolar suatu planet melewati ekuatornya. Equinox menjadi satu-satunya waktu ketika belahan bumi utara dan selatan mengalami jumlah waktu siang dan malam yang kira-kira sama. Di bumi ada 2 titik equinox setiap tahunnya, yakni pada 21 Maret dan sekitar 22 September. Terkadang, equinox dijuluki “Vernal Equinox” (Equinox Musim Semi) dan “Autumnal Equinox” (Equinox Musim Gugur), meskipun keduanya mempunyai arti yang berbeda.

Menyadur dari National Geographic Society, equinox bulan Maret adalah equinox musim semi di belahan bumi utara, dan equinox musim gugur di belahan bumi selatan. Sedangkan equinox bulan September adalah equinox musim gugur di belahan bumi utara dan equinox musim semi di belahan bumi selatan.

Selama equinox, deklinasi matahari adalah 0°. Deklinasi matahari menggambarkan garis lintang bumi di mana matahari berada tepat di atas kepala pada siang hari. Jadi, equinox adalah satu-satunya waktu dalam setahun ketika titik subsolar berada tepat di Khatulistiwa. Seperti namanya, equinox menunjukkan belahan bumi yang memiliki penerangan yang sama, dengan terminator matahari yang membagi bumi secara merata dari utara ke selatan.

Penyebab Equinox

Equinox dan titik balik matahari terjadi dan menandai perubahan musim yang penting sepanjang tahun. Oleh karena itu, equinox terjadi karena alasan yang sama dengan terjadinya musim di bumi. Lokasi geografis yang berbeda di bumi mengalami iklim yang berbeda karena bentuk bumi dan sudut dampak radiasi matahari terhadap bumi. Perubahan musim terjadi di bumi karena iklim bumi bervariasi secara geografis sepanjang tahun, hal ini juga berkaitan dengan kemiringan bumi saat mengorbit matahari.

Bumi berbentuk bulat pipih, sehingga radiasi matahari tidak tersebar merata di seluruh permukaan bumi. Radiasi matahari berdampak paling langsung pada bumi ketika posisinya tegak lurus dengan permukaan bumi. Karena bumi berbentuk bulat, wilayah geografis yang mengarah ke kutub bumi menerima radiasi matahari dari sudut yang lebih rendah sehingga jumlah radiasi yang sama menyebar dan menutupi area permukaan bumi yang lebih luas, sehingga mengurangi intensitas radiasi. Hal ini mengakibatkan perbedaan iklim secara geografis.

Dampak Autumnal Equinox bagi Manusia

Sebagian besar wilayah Indonesia yang terletak di belahan bumi selatan, berarti fenomena equinox saat ini dijuluki sebagai “Autumnal Equinox” atau equinox musim gugur. Inilah dampak autumnal equinox yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia yang disadur melalui bustle.com.

1. Represi sistem kekebalan tubuh

Saat cuaca dingin, tubuh kita lebih mudah terserang penyakit. Jadi, ketika musim gugur tiba dengan segala cuaca dinginnya, sistem kekebalan tubuh kita tertekan dan kita lebih mungkin terserang pilek dan bakteri atau virus lainnya.

2. Penurunan tingkat energi

Dengan lebih sedikit sinar matahari, maka lebih sedikit vitamin D, dan lebih banyak awan, kombinasi pemicu fisik dan psikologis membuat Sahabat Fimela merasa jauh lebih lelah dibandingkan saat musim panas.

3. Perubahan jadwal tidur

Wajar jika kita tidur lebih banyak selama musim dingin, namun Sahabat Fimela mulai menyadari bahwa kamu tidur lebih larut dari biasanya tepat di awal musim gugur.

4. Ketidakseimbangan suasana hati

Winter blues bisa dimulai pada musim gugur. Jika Sahabat Fimela menderita gangguan afektif musiman, Sahabat Fimela tahu bahwa beban berat mulai muncul. Kurang tidur dan cuaca yang kurang cerah membuat kamu sulit untuk meningkatkan suasana hati.

5. Iritasi kulit

Sinar matahari dapat menjaga kulit tetap bersih dan penuh warna, namun begitu kita mulai mengurangi waktu di luar ruangan, kemungkinan besar kulit kita akan melalui masa penyesuaian.

6. Sakit kepala dan nyeri sendi

Penurunan suhu yang bercampur dengan perubahan tekanan barometrik dapat memicu sakit kepala dan nyeri sendi.

7. Peningkatan gairah seks

Testosteron meningkat pada laki-laki dan perempuan di musim gugur. Bagi kedua jenis kelamin dapat meningkatkan libido. Jadi, Sahabat Fimela mungkin menyadari bahwa kamu lebih memikirkan tentang seks, dan itu sangat wajar.

Tips Mempersiapkan Sistem Kekebalan Tubuh pada Autumnal Equinox

Equinox musim gugur menandai dimulainya persiapan menghadapi bulan-bulan musim gugur dan musim dingin yang lebih sejuk. Peralihan musim ini membawa perubahan pada kebutuhan fisik dan nutrisi tubuh. Menyadur dari wildnutrition.com, berikut tips untuk menandai equinox musim gugur dan mempersiapkan sistem kekebalan tubuh di bulan-bulan mendatang.

1. Vitamin D

Hanya 10% dari asupan harian kita yang berasal dari makanan, yang berarti sisanya dibutuhkan dari sinar matahari yang konsisten atau melalui suplemen. Pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D selama bulan-bulan gelap untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Bumbu dan rempah-rempah

Gunakan banyak bumbu dan rempah penghangat dalam makanan berkuah, seperti sup, untuk mendukung sirkulasi guna mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Buah dan sayur

Tingkatkan pencernaan dengan campuran sayur dan buah musiman seperti apel atau beri untuk vitamin C dan sirkulasi yang mendukung antosianin.

4. Makanan kaya zinc

Perbanyak makanan kaya zinc, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, dan ikan. Zinc memainkan peran mendasar dalam keseimbangan hormon, dukungan kekebalan dan perlindungan antioksidan.

5. Protein

Mengkonsumsi protein setiap kali makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan setelah kita mencerna protein, akan membentuk bahan pembangunan neurotransmiter. Kesehatan neurotransmiter bantu mendukung cara berpikir, merasakan, dan berperilaku.

6. Lakukan pembersihan tubuh

Pembersihan untuk memelihara dan mengisi kembali jalur vital di hati dan usus. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh melakukan detoksifikasi dan melawan batuk dan pilek yang tidak diinginkan, serta membantu mengendalikan ketidakseimbangan hormon.

7. Kurangi gula rafinasi

Gula tidak hanya memiliki efek menekan sistem kekebalan tubuh, gula juga meningkatkan jenis peradangan yang salah dalam tubuh dan umumnya merupakan katalis kimiawi untuk kerusakan sel, yang mungkin melemahkan sistem tubuh.

Rekomendasi Material Baju yang Cocok di Musim Panas

Kain bernapas yang terbuat dari serat alami akan menyesuaikan dengan suhu tubuh dan membantu Sahabat Fimela tetap sejuk dalam cuaca hangat. Di bawah ini adalah rekomendasi bahan baju untuk musim panas yang disadur melalui laman steamerystockholm.com.

1. Linen

Linen terbuat dari serat rami dan secara alami bersifat antibakteri dan anti noda. Linen memiliki daya serap yang lebih rendah dibandingkan katun, cepat kering, dan terasa sejuk saat dipakai.

2. Sutra

Sutra merupakan serat protein alami yang dihasilkan oleh ulat sutera. Sutra mengangkat kelembapan dengan baik dan akan terasa sejuk serta lapang alih-alih menempel di tubuh seperti bahan sintetis.

3. Seersucker

Seercucker adalah kain musim panas abadi yang nyaman dipakai di hari yang panas. Ini adalah jenis kain katun yang dibuat dengan proses tenun khusus yang membuat permukaan kain berkerut sehingga memungkinkan aliran udara ekstra.

4. Lyocell

Lyocell merupakan varian viscose semi sintetik yang dihasilkan dari serat selulosa. Bahan ini sering digunakan sebagai pengganti katun atau sutra karena memiliki kualitas serupa. Bahan ini menyerap keringat dan membuat nyaman dipakai pada musim panas.

5. Rami

Rami sangat mirip dengan linen, tetapi sering kali dicampur dengan katun untuk menghasilkan bahan campuran yang nyaman. Rami dibuat menggunakan serat dari batang tanaman Cannabis Sativa, memberikan kehangatan dan kelembutan tekstil alami.

6. Kapas

Kapas adalah tekstil alami yang terbuat dari serat halus tanaman kapas. Pakaian berbahan kapas sangat nyaman dipakai saat musim panas. Kain ini dapat menahan banyak cairan yang menguap secara perlahan dan membuat pakaian menjadi lebih dingin.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading