Sukses

Lifestyle

Jadi Pengusaha Perempuan Terkaya di Dunia, Pewaris L'Oreal Group Francoise Bettencourt Meyers Pilih Hidup Sederhana

Fimela.com, Jakarta Nama Francoise Bettencourt Meyers dinobatkan sebagai perempuan perngusaha terkaya di dunia. Mengutip dari Bloomberg pewaris tahta L'Oreal itu memiliki kekayaan sekitar USD 100 Miliar atau sekitar Rp1.541 triliun.

Francoise Bettencourt Meyers masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg pada 2023. Ia berada di urutan ke-12 dalam daftar tersebut, tepat di atas Mukesh Ambani dan di bawah Carlos Slim.

“Sekali lagi, saya tahu bahwa saya memiliki hak istimewa, tetapi seperti yang Anda lihat, saya tidak tinggal di rumah mewah. Kami bukan kolektor seni besar dan, seperti yang Anda lihat, saya tidak memakai perhiasan,” ujarnya saat menerima Majalah Le M.

Francoise merupakan anak tunggal dari Liliana Bettencourt dan cucu dari Eugene Schueller yang mendirikan grup L'Oreal pada 1909. Francoise resmi mewarisi takhta kepemilikan L'Oreal sejak ibunya meninggal pada 2017. Francoise sebelumnya menjadi chairwoman perusahaan induk keluarga Tethys dan wakil ketua dewan direksi L'Oreal Group.

 

Pilih jauhi gaya hidup mewah

Meski memiliki hak istimewa sebagai cucu tunggal perusahaan besar, rupanya Francoise mengalami masa hidup yang tidak menyenangkan. Sifatnya yang introspektif dan pemalu kerap kali membuatnya bersitegang dengan sang ibu, Liliane. Ibunya merupakan seorang kupu-kupu sosial yang kecanduan haute couture dan menikmati kekayaannya sebagai wanita kelas atas.

Perbedaan kepribadian ini yang membuat hubungan ibu dan anak kerap kerapi tegang sejak Francoise beranjak remaja. Menurut Vanity Fair, sang ibu bahkan pernah menyatakn Francoise adalah seorang yang berat dan lamban. Sementara itu, Francoise justru menanggapi ucapan sang ibu dengan tenang.

“Dia selalu cantik, ya, tapi saya tidak pernah merasakan persaingan sedikit pun. Kata 'cemburu' terasa asing bagiku. Saya melihatnya dengan kagum, karena dia selalu terlihat anggun. Apakah kita mempunyai selera dan kepribadian yang berbeda? Ya, sekali lagi, tapi apakah itu kendalanya?," kata Francoise dalam sebuah wawancara.

Francoise sadar uang bisa membuat seseorang menjadi gila. Meskipun ia punya hak istimewa, ia tidak pernah dibesarkan untuk memuja uang. Bahkan kekayaan tidak mempengaruhi hubungan pribadinya, baik itu kepada teman, keluarga, dan pasangan. Hingga akhirnya ia bertemu Jean Pierre-Meyers di usia 19 tahun yang kini menjadi suaminya. Butuh waktu 10 tahun bagi pasangan ini untuk berjuang karena latar belakang Meyers yang merupakan seorang Yahudi hingga akhirnya mereka menikah secara tertutup.

 

Jadi pewaris L'Oreal di usia 70 tahun

Pasangan ini dikarunai dua orang putra, Jean-Victor dan Nicolas yang terpaut usia dua tahun. Sebagai ibu, Francoise menghabiskan lebih banyak waktunya bersama anak-anak, mengenalkan dunia luar kepada anak-anak hingga keduanya menyelesaikan pendidikan dari sekolah bisnis dan komunikasi.

Francoise resmi menjadi pengusaha perempuan terkaya di dunia di usia 70 tahun. Setelah sang ibu meninggal di usia 94 tahun pada 2017. Limpahan takhta ini membuatnya naik ke level baru. Sejak akhir 2023, ia menyandang gelar wanita pertama yang mengumpulkan kekayaan lebih dari $100 Miliar.

Meski demikian, Francoise tetap memilih untuk tidak hidup dengan gaya yang mewah. Ia menikmati kemewahan terbesar yang diinginkan seorang miliarder sebagai anonimitas. Dalam kesehariannya, Francoise mengenakan setelan celana berwarna gelap yang sekilas tidak terlihat mereknya serta selendang di lehernya. Riasannya juga sangat rapi dengan memakai kacamata tebal dengan bingkai bergaya old school.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading