Sukses

Lifestyle

7 Tips Menjaga Bumi dengan Pakaian Ramah Lingkungan, Perhatikan Material yang Digunakan

Fimela.com, Jakarta Seberapa banyak pakaian yang Sahabat Fimela miliki saat ini? Pasti cukup banyak bukan? Apalagi jika ada acara tertentu, pasti baju yang tersedia di lemari merasa tidak ada yang cocok, sehingga menimbulkan hasrat untuk membeli yang baru. Padahal hal sekecil ini memiliki dampak yang cukup besar untuk bumi. 

Industri yang dikenal sebagai “fast fashion” ini seringkali tidak melek akan dampaknya pada lingkungan, sehingga material pada pakaian yang digunakan mengandung campuran kimia. Apabila limbah ini dibuang sembarangan bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. 

Sahabat Fimela mulai dari sekarang harus mencoba lebih bijak untuk memilah pakaian untuk kehidupan berkelanjutan di bumi. Simak tips berikut yang dilansir dari climateseed.com dan earthday.org

1. Pilih kain organik atau daur ulang

ADEME, badan lingkungan hidup Perancis, menyarankan untuk memilih pakaian yang terbuat dari bahan-bahan seperti katun organik, katun daur ulang, atau poliester. Metode daur ulang telah terbukti dapat mengurangi dampak lingkungan sebesar 99%. Selain itu, selulosa kayu bisa menjadi alternatif untuk mendukung pakaian ramah lingkungan.

2. Hindari penggunaan kain sintetis

Sahabat Fimela sebisa mungkin menghindari jenis kain ini. Hal ini dikarenakan, jumlah mikroplastik yang berada dalam pakaian akan terlepas saat pencucian dan mencemari lingkungan. Sebagai gantinya, gunakan serat alami seperti rami. 

3. Gunakan merek yang mendukung sustainability

Meskipun fast fashion berkembang cukup pesat. Namun, masih terdapat merek yang menawarkan pakaian ramah lingkungan. Sahabat Fimela bisa memilih tokoh tersebut dengan melakukan riset yang mendalam. Hal ini dilakukan untuk menjaga bumi yang telah memberikan sumber daya yang melimpah

4. Memperbaiki bukan membeli baru

Apabila ada baju yang rusak, Sahabat Fimela pasti berpikir untuk membeli baju baru. Alangkah lebih baiknya, cobalah untuk memperbaikinya sebisa mungkin. Jika Sahabat Fimela langsung membuangnya, hal ini akan menambah lombah fashion ke tempat pembuangan sampah dan merusak lingkungan. 

5. Thrifting

Membeli barang second-hand tidak selalu buruk. Bahkan, jika Sahabat Fimela beruntung bisa mendapatkan baju yang sangat bagus dengan harga miring. Namun, tetap perhatikan kebersihan, cuci baju yang dibeli dengan bersih dan tidak meninggalkan kotoran sedikit pun. 

6. Gunakan deterjen ramah lingkungan saat mencuci

Jika sudah menerapkan hal diatas, jangan lupa untuk memperhatikan teknik mencuci baju agar memaksimalkan usaha menjaga bumi. Biasanya deterjen mengandung bahan petrokimia yang berasal dari minyak bumi. Jika hal ini dibiarkan, maka akan meracuni air di lingkungan sekitar. Mulai Sekarang pilih merek deterjen dengan lebih bijak. 

7. Jual pakaian atau gunakan untuk bahan kreativitas

Tips terakhir, jualah pakaian yang terasa bosan digunakan. Hal ini tentu bisa menghasilkan cuan yang cukup melimpah. Sahabat Fimela juga bisa berkreasi dengan pakaian tak terpakai, siapa tau bisa membuka peluang bisnis baru. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips berikut untuk menjaga bumi tercinta. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading