Sukses

Lifestyle

5 Rutinitas Sebelum Tidur yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Fimela.com, Jakarta Memiliki kemampuan kinerja otak yang maksimal merupakan keinginan semua orang. Hal ini merupakan dasar kehidupan untuk melakukan adaptasi di lingkungan kerja maupun sekolah. Untuk meraihnya, Sahabat Fimela bisa melakukan sejumlah rutinitas sebelum tidur

Kebiasaan sederhana saat malam hari dapat membantu menjaga otak dalam kondisi prima. Mulai dari melindungi dari penurunan kognitif hingga meningkatkan memori dan fokus secara keseluruhan. Melakukan beberapa rutinitas sebelum tidur tidak hanya memberikan tidur yang nyenyak, tetapi juga kebugaran untuk otak 

Berikut rutinitas yang bisa Sahabat Fimela lakukan sebelum tidur untuk meningkatkan kinerja otak, dilansir dari Healthline dan Livestrong. Simak sampai habis dan lakukan!

Aktivitas Sebelum Tidur untuk Meningkatkan Kinerja Otak

1. Mencari suasana alam di sekitar rumah 

Menurut penelitian pada Juni 2019 dalam jurnal Current Directions in Psychological Science mengungkapkan bahwa paparan ruang hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama memori kerja, pemikiran fleksibel, dan fokus. Sahabat Fimela bisa menikmati pemandangan langit malam yang indah di teras bersama keluarga. Selain itu, cobalah untuk berjalan-jalan santai setelah makan malam di sekitar rumah untuk melintasi taman terdekat. 

2. Meditasi 

Setelah menjalani hari yang cukup melelahkan, Sahabat Fimela butuh ketenangan. Cobalah untuk melakukan meditasi sebagai wadah melepaskan stres dan ketegangan menjalani aktivitas keseharian. Rutinitas ini bisa meningkatkan kualitas tidur yang nyenyak dan mendukung fungsi otak yang optimal. 

Raih Kinerja Otak yang Maksimal dengan Melakukan Rutinitas Sederhana, tetapi Bermanfaat

3. Minum air putih

Selain membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, minum air putih sebelum tidur mempunyai pengaruh pada fungsi otak. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada bulan November 2018 dan dipublikasikan dalam jurnal Kedokteran & Sains dalam Olahraga & Latihan, dikatakan bahwa individu yang mengalami kekurangan hidrasi cenderung mengalami penurunan kinerja kognitif. Penurunan ini meliputi gangguan dalam kemampuan memusatkan perhatian, kecepatan pemrosesan informasi, dan koordinasi. Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan protein yang rusak menumpuk di otak, yang kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada neuron dan sinapsis. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan otak dan kinerja kognitif yang optimal.

4. Membaca buku 

Rutinitas satu ini memang memiliki banyak manfaat. Menurut penelitian kecil yang dilakukan pada bulan Desember 2013 dan diterbitkan dalam jurnal Brain Connectivity menemukan bahwa membaca sebuah novel dapat meningkatkan koneksi saraf dalam otak. Sahabat Fimela bisa memilih genre yang disukai dan membacanya sebelum tidur. 

5. Hindari barang elektronik dan lakukan permainan seru

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Association for Consumer Research, menempatkan ponsel dalam jangkauan dapat menyebabkan "brain drain", yang mengurangi kapasitas kognitif Anda, termasuk memori kerja, pembelajaran, penalaran logis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Jadi, cobalah untuk menghindarinya. Sebagai gantinya, Sahabat Fimela bisa melakukan hal berikut: 

  • Merakit puzzle
  • Menggambar atau mewarnai
  • Melakukan teka-teki kata atau angka

Penulis: Naela Marcelina

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading