Sukses

Lifestyle

Jangan Disepelekan, Ini 4 Tanda Kalau Kamu Mengalami Burnout saat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Di dunia perkantoran, fenomena burnout telah menjadi isu yang semakin meresahkan di kalangan pekerja. Dalam upaya untuk mencapai target, memenuhi harapan, dan bersaing dalam lingkungan yang kompetitif, pekerja seringkali terjebak dalam siklus stres yang berkepanjangan.

Dari jadwal kerja yang padat hingga ekspektasi yang tinggi, segala hal ini dapat menyebabkan burnout, sebuah kondisi di mana seseorang merasa kelelahan secara fisik, mental, dan emosional yang disebabkan oleh stres kronis yang berkepanjangan di tempat kerja.

Burnout bukan hanya sekadar masalah individu, tetapi juga mencerminkan ketidakseimbangan dalam budaya kerja yang terkadang mengabaikan kesejahteraan individu demi hasil yang cepat dan efisien. Dengan demikian, penting bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda terkena burnout saat bekerja. Penasaran apa saja? Yuk gali lebih jauh!

Penurunan Mutu dan Hasil Kerja

Salah satu tanda seseorang mengalami burnout adalah menurunnya kualitas dan hasil kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pembagian tugas dan jam kerja yang sesuai agar pekerjaan dapat terus berjalan lancar dan optimal.

Untuk mengatasi kendala tersebut, jadilah sosok yang proaktif. Seseorang yang proaktif cenderung berorientasi pada solusi daripada masalah. Mereka siap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghasilkan perubahan yang diinginkan.

Sering Bertingkah di Luar Karakter

Orang-orang yang terkena burnout biasanya tampak lebih aneh dan berbeda dari biasanya. Ketika seseorang mulai menunjukkan tingkah laku yang aneh, kemungkinan orang tersebut sedang mengalami stres berat dan berada di bawah tekanan yang luar biasa.

Jika polanya kadang-kadang berubah, diperlukan pendekatan secara intens terkait masalah yang sedang dihadapi. Jika perubahan polanya terjadi berulang-ulang, maka perlu campur tangan pemimpin dalam tahap awal pencegahan krisis.

Sering Mengeluh

Mengeluh jadi salah satu cara mengatasi burnout pada saat bekerja. Ketika seseorang mengeluh, umumnya memang disertai dengan emosi yang tak kunjung usai dan berapi-api. Jika hal tersebut tidak dapat dikendalikan, maka dapat membuat seseorang tampak lelah, kurang bersemangat, dan tak jarang terlihat putus asa. 

Jika kamu mengalami hal seperti itu, segera konsultasikan ke tenaga ahli yang mampu memberikan penanganan terkait pengendalian emosi agar terhindar dari burnout.

Terlihat Lelah

Sebagai pekerja pasti sering merasa tidak siap untuk menjalani hari-hari di kantor. Biasanya hal itu terjadi karena seseorang terlalu memaksakan diri sehingga butuh waktu dan tempat untuk beristirahat.

Beban kerja yang berat bisa jadi salah satu penyebab seseorang burnout dan terlihat lelah. Untuk itu, berusahalah untuk meluangkan waktu agar pikiran lebih fresh. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan gaya bekerja yang sehat sehingga tidak membuatmu tampak kelelahan.

Nah, itu dia empat tanda seseorang yang mengalami burnout pada saat bekerja. Untuk mencegahnya, pastikan kamu lebih enjoy dan tidak tergesa-gesa pada saat bekerja.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading