Sukses

Lifestyle

6 Ciri-ciri Teman yang Hanya Ingin Memanfaatkan Kebaikanmu Saja

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin pertemanan pastinya tujuan utama seseorang bisa menjalin hubungan pertemanan dengan baik dan tulus, bukan? Bahkan tak sedikit orang rela melakukan banyak hal agar pertemanannya dapat berjalan dengan baik dan berlangsung lama.

Ikatan pertemanan pun menjadi suatu yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Namun sayangnya, tak semua teman menganggapmu demikian. Ada di antara mereka yang hanya ingin memanfaatkanmu saja. Mungkin kamu tak menyadari hal itu, karena kamu begitu tulus dalam menjalani pertemanan. 

Nah, untuk menghindari diri agar tidak dimanfaatkan secara terus menerus, alangkah baiknya jika kamu mengenali beberapa tanda atau ciri-cirinya berikut ini. 

1. Selalu Muncul saat Butuh Bantuan

Orang yang hanya memanfaatkanmu cenderung muncul saat mereka membutuhkan sesuatu darimu, seperti uang, bantuan, atau waktu luang. Mereka jarang atau bahkan tidak pernah muncul saat kamu membutuhkan mereka. Jika seseorang selalu datang kepadamu hanya saat mereka membutuhkan sesuatu, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka hanya memanfaatkanmu.

2. Tidak Pernah Memperhatikan Kebutuhanmu

Orang yang hanya memanfaatkanmu biasanya tidak peduli dengan kebutuhan dan perasaanmu. Mereka mungkin terlalu sibuk memikirkan diri sendiri dan kepentingan mereka sendiri sehingga tidak memperhatikan apa yang kamu butuhkan atau inginkan. Mereka hanya peduli dengan apa yang bisa kamu berikan kepada mereka.

3. Tidak Ada Empati atau Rasa Terima Kasih

Ketika kamu melakukan sesuatu untuk mereka, mereka tidak menunjukkan rasa terima kasih atau menghargai usahamu. Mereka mungkin bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang seharusnya kamu lakukan untuk mereka. Selain itu, mereka juga tidak menunjukkan empati terhadap situasi atau perasaanmu.

4. Memanfaatkan Kekuasaan atau Posisi

Orang yang hanya memanfaatkanmu mungkin juga memanfaatkan kekuasaan atau posisi mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kamu. Mereka mungkin menggunakan ancaman, manipulasi, atau pengaruh mereka untuk membuatmu melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu inginkan.

5. Menjauh saat Kamu Membutuhkan Dukungan

Saat kamu membutuhkan dukungan atau bantuan dari mereka, mereka mungkin menjauh atau menolak untuk membantumu. Mereka mungkin menghindari tanggung jawab atau menemukan alasan untuk tidak membantu. Ini menunjukkan bahwa mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri dan tidak mau repot dengan kebutuhan atau masalahmu.

6. Selalu Mengambil, Tidak Pernah Memberi

Orang yang hanya memanfaatkanmu cenderung selalu mengambil dari kamu tanpa memberi apa pun sebagai balasannya. Mereka mungkin merasa bahwa mereka berhak mendapatkan apa yang mereka inginkan darimu tanpa memberikan apapun sebagai imbalannya.

Mengenali ciri-ciri orang yang hanya memanfaatkanmu adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosionalmu. Jika kamu merasa bahwa ada seseorang di sekitarmu yang memenuhi beberapa ciri tersebut, pertimbangkan untuk menetapkan batasan yang jelas dalam hubunganmu dengan mereka atau bahkan mempertimbangkan untuk menjauh dari hubungan tersebut demi menjaga dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kamu pantas mendapatkan hubungan yang sehat dan saling menghargai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading