Sukses

Lifestyle

Kebiasaan Minum Kopi di Setiap Lintas Generasi yang Disebut Sebagai Lifestyle

Fimela.com, Jakarta Kopi telah melekat dari rutinitas hidup generasi muda untuk memulai hari dengan semangat. Setiap orang memiliki gaya minum dan menikmati kopinya masing-masing. Ada yang memilih untuk menyeduh kopi bubuk instan atau membiarkannya di kedai kopi yang saat ini sudah banyak beredar. 

Farida Hasna, seorang Research Lead di Jakpat mengatakan Lebih dari sekedar produk, kopi bagi masyarakat Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup, dinikmati sambil nongkrong atau menikmati koneksi. Hal ini membuka peluang bagi brand untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang unik dan berkesan bagi konsumen,”

Jakpat telah melakukan survei untuk menggali kebiasaan konsumsi kopi saat ini. Laporan tersebut melibatkan 1008 responden dan membahas berbagai aspek terkait ngopi, termasuk konsumsi waktu, pengeluaran, jenis kopi yang disukai, dan merek yang paling populer. Simak hasil pengawasannya dengan membaca artikel ini sampai habis!

Kebiasaan Minum Kopi Setiap Generasi

Berdasarkan hasil survei menunjukkan 45% orang mengonsumsi kopi setiap hari, baik satu kali maupun beberapa kali. Lebih detailnya, sebanyak 66% Gen Z mengaku ngopi tiap hari, sementara 55% Milenial hanya sesekali. Lalu, 37% Gen X mengungkapkan mereka minum kopi 2-3 kali sehari. Mengai waktu meminumnya, kebanyakan orang lebih suka menyeruput kopi saat menjelang sore (37%) atau setelah sarapan (34%).

58% responden menyatakan bahwa mereka menyukai minuman kopi susu instan atau campuran kopi instan. Selain itu, produk kopi hitam instan juga populer dengan 42% penggemar, diikuti oleh es kopi susu buatan kedai kopi dengan 34% penggemar. Generasi Z lebih condong untuk mengonsumsi es kopi susu, baik dari kedai kopi (47%) maupun minimarket (44%). Di sisi lain, generasi lebih tua lebih menyukai kopi hitam instan, dengan persentase Generasi X sebesar 48% dan Milenial 46%.

Kopi dan Gaya Hidup

Minum kopi telah menjadi lebih dari sekadar cara untuk menghilangkan dahaga. Menurut survei, 45% dari semua responden dari berbagai generasi mengaku bahwa mereka minum kopi untuk bersantai dan bersosialisasi dengan teman, sementara 37% lainnya menggunakan kopi untuk meningkatkan fokus saat bekerja.

Biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk segelas kopi memakan Rp13 ribu. Generasi Z cenderung mengeluarkan lebih banyak uang untuk kopi dibandingkan dengan dua generasi lainnya. Namun, generasi ini juga gencar mencari promosi dan diskon untuk mendapatkan harga kopi yang lebih terjangkau, bahkan jika itu berarti mereka harus mengubah merek kopi yang mereka minum (sebanyak 27%). Sementara itu, 3 dari 10 orang dari Generasi X memiliki kecenderungan untuk selalu membeli merek kopi yang sama.

Kebiasaan Minum Kopi Pada Gen Z

Husna mengatakan "Sebagai generasi yang selalu mengikuti perkembangan terkini, Gen Z memiliki kecenderungan kuat terhadap kopi kekinian. Hal ini juga mendorong mereka untuk lebih memilih membeli kopi di kafe atau minimarket. Di sisi lain, Gen Z juga lebih peka dan jeli dalam mencari harga terbaik dan memanfaatkan promo yang tersedia.”

Hampir 20% dari responden mengatakan bahwa mereka mengetahuinya melalui merek kopi yang diminumnya melalui Instagram. Selain itu, 12% mengungkapkan bahwa mereka mengetahui merek tersebut dari aplikasi pemesanan online.

Penasaran apa merek kopi yang sering dikonsumsi? Temukan jawabannya dalam laporan Jakpat “Indonesia Consumer on Coffee” pada tautan berikut: https://blog.jakpat.net/indonesia-consumer-on-coffee/.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading