Sukses

Lifestyle

Mematikan Lampu dan Mencabut Charger, Ini Hal-Hal Sederhana yang Dapat Bantu Jaga Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Lingkungan yang sehat akan berdampak juga pada kemaslahatan hidup makhluk hidup di dalamnya, termasuk manusia. Udara yang bersih, tanah yang bersih, hingga air yang bersih merupakan hak dasar manusia. Kini, kondisi bumi sudah semakin buruk. Pencemaran lingkungan sudah berada di luar kendali hingga menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan. Pemerintah sudah mulai turun tangan memberikan berbagai regulasi untuk menanggulangi sebelum lingkungan terlanjur rusak.

Namun, apakah kita juga dapat berkontribusi membantu lingkungan agar menjadi lebih sehat? Apakah semua aksi pencegahan hanya dapat dilakukan dengan skala nasional atau bahkan internasional? Tentu tidak! Sebagai individu, banyak sekali hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Tidak membutuhkan dana atau tenaga yang besar, melalui kegiatan sehari-hari pun kita juga dapat menjaga lingkungan, loh! Dilansir dari year13.au, ini 10 hal sederhana yang dapat membantu menjaga lingkungan.

Menggunakan botol minum

Menggunakan botol minum alih-alih botol plastik sekali pakai tentu dapat membantu menjaga lingkungan. Hampir 90% botol plastik hanya berakhir begitu saja di tempat pembuangan sampah akhir tanpa didaur ulang. Bawalah botol minum kemanapun Sahabat Fimela pergi. Selain menjaga lingkungan, Sahabat Fimela juga dapat menjadi lebih hemat.

Menggunakan transportasi umum 

Kendaraan pribadi merupakan salah satu penyumbang polusi udara. Dengan menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta api, Sahabat Fimela akan membantu mengurangi tingkat polusi udara yang semakin mengkhawatirkan ini. Selain berkontribusi dalam pengurangan tingkat polusi udara, Sahabat Fimela juga dapat menjadi lebih sehat dengan berjalan ke stasiun atau halte terdekat untuk menggunakan transportasi umum.

Lebih bijak dalam berbelanja 

Guna mengurangi sampah yang dihasilkan, Sahabat Fimela dapat membatasi barang-barang apa saja yang akan dibeli, mulai dari makanan hingga pakaian. Cobalah untuk lebih bijak dalam memutuskan, pertimbangkan terlebih dahulu apakah betul akan digunakan atau tidak sebelum membeli sesuatu. Apabila kita lebih bijak dalam berbelanja, tidak akan ada barang yang berakhir sia-sia karena tidak digunakan.

Menggunakan totebag 

Saat berbelanja bahan makanan, makanan siap saji, hingga kebutuhan sehari-hari hindarilah penggunaan kantong plastik. Seperti botol plastik, kantong plastik hanya akan berakhir mengenaskan tanpa didaur ulang di pembuangan akhir, bahkan di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Gunakan totebag untuk membawa seluruh barang belanjaan. Dengan demikian, Sahabat Fimela akan berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Membeli barang bekas 

Barang bekas yang dimaksud bukanlah barang ekstrem seperti sikat gigi bekas dan barang-barang pribadi bekas lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba melihat pakaian-pakaian bekas, perabotan rumah bekas, sepeda bekas, buku-buku bekas, hingga barang elektronik bekas. Jika kondisinya masih baik dan layak, Sahabat Fimela dapat mencoba menggunakannya kembali untuk mengurangi sampah produk yang semakin membludak.

Matikan saklar lampu dan elektronik lainnya

Ketika sudah selesai digunakan, matikanlah saklar lampu, komputer, atau cabutlah charger-charger barang elektronik. Tindakan sederhana tersebut dapat memberikan dampak yang luar biasa pada lingkungan. 

Gunakan kembali barang-barang kaca 

Sahabat Fimela pasti pernah membeli selai dalam botol kaca atau saus pasta dalam botol kaca. Namun, tahukah Sahabat Fimela bahwa kaca merupakan salah satu hal yang sangat sulit untuk terurai? Oleh karena itu, Sahabat Fimela dapat menggunakannya kembali untuk menyimpan hal yang lain. Dengan begitu, Sahabat Fimela dapat mengurangi polusi air sampai 50% dan polusi udara hingga 20%.

Gunakan baterai yang dapat diisi ulang 

Asam korosif yang ada dalam baterai yang dibuang begitu saja akan sangat berbahaya bagi tanah ketika mereka berada di tempat akhir pembuangan sampah. Walaupun kita jarang terpikirkan untuk menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai. Dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, Sahabat Fimela akan merasakan efek jangka panjang, seperti menjadi lebih hemat dan juga membantu lingkungan.

Biasakan mengambil sampah yang ditemui di jalan 

Bukan berarti Sahabat Fimela harus memungut seluruh sampah yang ada. Namun, kegiatan ini dapat dibuat menyenangkan, seperti “misi mengambil 5 sampah yang ditemui di jalan”. Kegiatan menyenangkan ini dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga, maupun teman. Kegiatan tersebut dapat menjadi aktivitas yang seru sekaligus dapat berkontribusi pada lingkungan.

Bertindak lebih kreatif 

Mari kita coba bertindak lebih kreatif! Sahabat Fimela dapat mencoba membuka koleksi-koleksi pakaian lama dan kembali menggunakannya dengan mix-and-match satu sama lain. Coba juga untuk simpan air hujan dan menggunakannya untuk menyiram tanaman. Jika Sahabat Fimela senang memberikan kado, cobalah untuk membungkus kado dengan koran bekas atau kertas bekas. Banyak sekali kegiatan sederhana yang dapat dengan mudah menjaga lingkungan agar tetap sehat, loh!

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading