Sukses

Lifestyle

5 Kebiasan Cinta Lingkungan untuk Mengurangi Pengunaan Plastik

Fimela.com, Jakarta Gerakan Save Earth mungkin sudah tidak asing lagi di telingan Sahabat Fimela. Gerakan ini hadir untuk mengingatkan kembali manusia akan kerusakan lingkungan masif yang bisa terjadi di masa depan. Salah satu urgensinya adalah semakin menumpuknya sampah plastik.

Sampah plastik memiliki sifat yang sulit terurai. Walaupun sudah terkubur berpuluh-puluh tahu. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi penggunaan plastik, terutama plastik sekali pakai yang terus menumpuk. Inilah 5 kebiasaan yang bisa dilakukan Sahabat Fimela untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

1. Membawa Wadah Makan Sendiri

Plastik sekarang ini sudah sangat lumrah digunakan untuk bungkus makanan jadi. Plastik dipakai membungkus makanan akan langsung dibuang begitu saja jika makanan sudah diambil. Sebelum membeli makanan, lebih baik membawa sendiri wadah untuk makananmu. Ini akan membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

2. Sedia Alat Makan Stainless

Hampir semua benda sekarang terbuat dari plastik. Salah satunya adalah alat makan makan. Alat makan plastik biasanya diberikan pada makanan yang dibungkus. Oleh sebab itu, untuk menguranginya lebih baik membawa alat makan stainless yang bisa digunakan berkali-kali. Bukan alat makan plastik yang sekali pakai lalu dibuang dan membuat sampah plastik semakin menumpuk dan semakin lama untuk diuraikan.

3. Membawa Botol Minum Sendiri

Minum air putih sangat penting bagi tubuh agar tidak dehidrasi. Tapi air mineral yang dijual di pasaran sekarang semuanya menggunakan botol plastik. Yang mana membutuhkan waktu yang lama untuk diuraikan. Daripada membeli air mineral kemasan, lebih baik membawa air dalam botol dari sendiri rumah. Ini akan mengurangi tumpukan sampah botol plastik yang sulit terurai.

4. Bawa Kantong Belanja

Plastik sekali pakai paling banyak digunakan untuk membungkus saat membeli barang. Setelah itu, plastik akan dibuang begitu saja. Untuk mengurangi penumpukan sampah plastik, lebih baik selalu sedia tas belanja sebelum belanja. Walaupun hanya tindakan kecil. Tapi ini akan sangat efektif untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai.

5. Daur Ulang

Sampah plastik yang sudah menumpuk bisa dikurangi jumlahnya dengan daur ulang. Agar sampah menjadi barang yang lebih berguna daripada dibuang percuma. Seperti pembuatan ecobrick yang bisa mendaur ulang sampah dalam jumlah banyak dan menjadi barang yang berguna. Atau mungkin bisa membuat pot bunga dari botol atau galon plasik yang sudah tidak terpakai.

Nah, itu tadi adalah 5 kebiasaan Save Earth untuk mengurangi plastik. Sahabat Fimela bisa langsung mempraktikkannya sendiri untuk mencegah kerusakan lingkungan karena sampah plastik. Semoga informasi tadi bermanfaat dan selamat mempraktikkan sendiri!

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading