Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Self Awareness dengan 7 Cara Ampuh Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti pernah mendengar istilah self awareness. Secara bahasa memiliki arti kesadaran diri. Hal ini dimaksudkan sejauh mana kemampuan individu mengenal dan memahami dirinya sendiri.  Mulai dari sifat, watak, perasaan, emosi, bahkan cara pandang. 

Seberapa penting self awareness? Tentunya sangat penting, hal ini dikarenakan kesadaran diri yang tinggi dapat membawa peningkatan kesejahteraan. Orang yang lebih mengenal diri sendiri cenderung lebih proaktif dalam lingkungan kerja dan menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik. 

Yuk, tingkatkan self awareness sebagai bentuk kecintaan terhadap diri sendiri. Berikut 7 cara yang bisa diikuti oleh Sahabat Fimela, dilansir dari Psych Central

Cara Meningkatkan Self Awareness

1. Menulis jurnal harian 

Sahabat Fimela bisa mencoba menulis jurnal untuk bisa memahami emosi dan mendorong refleksi teratur. Saat mau tidur, cobalah menuliskan peristiwa yang berkesan. Siapa tahu, hal tersebut bisa dijadikan sebuah novel, menarik bukan? Jika bingung ingin memulai dari mana,  ajukan kepada diri sendiri mengenai pertanyaan berikut: 

  • Apa  yang terjadi hari ini?
  • Apa yang berkesan?
  • Apa konflik hari ini?
  • Apa yang bisa saya lakukan untuk lebih baik dari hari ini? 

2. Cari umpan balik dari orang lain 

Selanjutnya, Sahabat Fimela bisa meminta rekan keluarga atau sahabat untuk memberi masukan yang jujur mengenai sifat dan karakter diri sendiri. Saat melakukan cara ini, sebisa mungkin dengarkan apa yang dikatakan dan cobalah menyerap informasi baru ini. Rekomendasi pertanyaan yang bisa dilontarkan untuk meminta pendadpat: 

  • Apa kekuatan terbesar saya?
  • Apa yang bisa saya tingkatkan?
  • Apakah saya mempunyai kekuatan dalam satu konteks?

3. Membaca fiksi 

Terdengar sepele, tetapi hal ini memungkinkan Sahabat Fimela untuk berada di posisi orang lain, yang dapat membantu mengembangkan empati dan keterampilan sosial. Studi tahun 2006 mengemukakan bahwa orang yang membaca fiksi sastra cenderung mendapat nilai lebih baik dalam tes empati dan ketajaman sosial. 

Raih Kesejahteraan Hidup dengan Meningkatkan Self Awareness

4.  Praktikkan rasa syukur 

Saat bangun tidur, cobalah untuk memikirkan satu hal dalam hidup yang paling berharga dimiliki. Bersyukur dapat membantu mengembangkan kesadaran yang lebih dalam akan hubungan dengan dunia dan sekitar. Serta membantu dalam memahami apa yang paling penting bagi dirimu. 

5. Berlatih meditasi kesadaran 

Penelitian dari tahun 2012 menunjukkan bahwa mindfulness membantu mengembangkan kesadaran diri, pengaturan diri, dan hubungan positif dengan diri sendiri dan orang lain. Meditasi memungkinkan Sahabat Fimela untuk tetap berada pada saat ini dan mengarakan kesadaran pada nafas atau sensasi lain di tubuh. Kegiatan ini juga akan meningkatkan rasa empati. 

6. Periksa reaksi spontan 

Saat berada di situasi yang menjengkelkan, Sahabat Fimela cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dibanding mengeluarkan emosi kemarahan. Pertimbangkan secara spesifik reaksi yang ingin dikeluarkan agar tidak memperkeruh suasana. Sahabat Fimela bisa mencoba mengidentifikasi pemicu emosional dan mengatur emosi sebelum bereaksi. 

7.  Memahami nilai-nilai pribadi 

Nah, ini merupakan elemen terpenting dari kesadaran diri. Sahabat Fimela bisa memahami akar perilaku dan tindakan  untuk mengetahui nilai pribadi yang dimiliki.  Mengidentifikasi nilai-nilai pribadi dapat memainkan peran utama dalam meningkatkan self awareness. Buatlah daftar semua nilai-nilai dan kemudian cobalah untuk mengkategorikannya dan mempersempitnya menjadi nilai-nilai penting bagi diri Sahabat Fimela.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading