Sukses

Lifestyle

5 Konsep Orang Jepang untuk Mendapatkan Ketenangan Batin dan Kebahagiaan

Fimela.com, Jakarta Di dunia yang serba cepat, kompleksitas dan stres dalam kehidupan kerja dan hubungan dapat berdampak buruk pada emosi seseorang. Namun, sering dikatakan bahwa hidup dengan penuh kesadaran dan menumbuhkan pola pikir penerimaan dan rasa syukur dapat membantu seseorang mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan batin yang lebih besar. Melansir dari timesofindia.indiatimes.com (24/5), ada beberapa konsep populer Jepang yang dapat membantu seseorang menemukan kedamaian dan kebahagiaan batin. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Wabi-Sabi

Wabi-Sabi adalah filosofi Jepang yang berpusat pada menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan sehari-hari dan ketidakkekalan hidup. Ini mendorong seseorang untuk menerima siklus alami kehidupan yang meliputi, pertumbuhan, pembusukan, dan kematian. Menganut konsep Wabi Sabi dapat membantu seseorang menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan dan hal ini dapat menimbulkan rasa kedamaian batin.

2. Ikigai

Konsep Ikigai dalam bahasa Jepang sering diterjemahkan menjadi "tujuan hidup" seseorang. Hal ini mendorong orang untuk menemukan kegembiraan, kepuasan, dan makna dalam kehidupan sehari-hari, sering kali dengan terlibat dalam aktivitas yang selaras dengan minat, nilai, dan bakat seseorang. Mengikuti konsep ikigai dapat mendatangkan kegembiraan, kepuasan, dan kedamaian batin dalam hidup seseorang.

3. Kintsugi

Konsep Kintsugi dalam bahasa Jepang adalah seni memperbaiki pecahan tembikar dengan pernis yang dicampur dengan bubuk emas, perak, atau platinum. Sehingga membuat pecahan-pecahan tersebut menjadi sebuah karya seni yang indah dan bernilai. Kintsugi melambangkan bahwa alih-alih menyembunyikan kekurangan dan ketidaksempurnaan seseorang, seseorang dapat merangkul dan melihat keindahan dalam proses penyembuhan.

4. Shinrin-Yoku

Shinrin-Yoku, yang berarti mandi di hutan, adalah praktik menghabiskan waktu di alam atau hutan, dan dengan penuh perhatian merasakan beragam pemandangan, suara, dan aroma lingkungan. Praktek ini terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres, tekanan darah, dan meningkatkan mood seseorang.

5. Mono no Aware

Mono no Aware berarti "kesedihan terhadap sesuatu" atau "empati terhadap sesuatu." Konsep Jepang ini mendorong seseorang untuk mengapresiasi momen-momen singkat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan dunia di sekitar kita. Hal ini juga dapat membantu seseorang menerima kehidupan apa adanya serta menemukan kedamaian batin dalam prosesnya.

Nah, dari beberapa konsep di atas, apakah Sahabat Fimela tertarik untuk mencoba salah satu konsepnya. Semoga kamu senantiasa mendapatkan ketenangan batin dan kebahagiaan. Kebahagiaan bisa tercipta dari dirimu sendiri. Karena itu, dirimu perlu untuk memberdayakan diri pada hal-hal positif untuk mencapai kebahagiaan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading