Sukses

Entertainment

5 Film Horor Paling Menakutkan di Era 1990-an

Fimela.com, Jakarta Film horor dibuat untuk menakut-nakuti sekaligus menghibur penonton. Sudah banyak film horor yang sukses mendulang banyak penonton dan dipuji para kritikus. Film horor tak hanya menampilkan mahluk halus, hantu atau mahluk dari dunia lain.

Namun bisa juga menampilkan nuansa maupun suasana yang menegangkan. Bahkan sesama manusia juga bisa saling menakut-nakuti. Berikut ini kami tampilkan lima film horor yang kami anggap paling menakutkan di sepanjang era 1990-an.

Bukan hanya Hollywood yang bisa membuat film seram dan disukai di seluruh dunia, negara Asia ternyata juga mampu melakukannya. Apa saja film-filmnya? Simak daftarnya berikut ini.


1. Bram Stoker’s Dracula

Bram Stokers Dracula. foto: cvltnation.com

Film garapan Francis Ford Coppola ini menampilkan cerita mahluk Drakula dengan pendekatan yang gothic, menarik dan tentunya menyeramkan sekaligus menghibur. Bram Stoker’s Dracula dibintangi aktor pemenang Oscar, Anthony Hopkins, Keanu Reeves, Winona Ryder dan Gary Oldman.

Peran Dracula sendiri dibawakan dengan sangat epik dan seram oleh Oldman. Film yang dirilis pada 1992 ini dinilai sebagai film terbaik yang mengangkat karakter Drakula. Sukses di box office dan dipuji kritikus, film ini berhasil meraih tiga piala di ajang Oscar 1993.


2. Candyman

Candyman. foto: youtube

Film ini diangkat dari cerita pendek karya Clive Barker, seorang penulis dan sineas asal Inggris yang dikenal dengan kisah-kisah horor dan fantasi. Candyman bercerita tentang legenda seorang pria berkulit hitam yang kerap membunuh orang dengan bantuan lebah.

Saat dirilis pada 1992, film yang dibintangi Virginia Madsen dan Tony Todd ini berhasil meraih sukses di box office. Keberhasilan itu berbuah dua film sekuel tapi tak sesukses film pertamanya.

3. Scream

Scream. foto: mlive.com

Dibintangi para pemain-pemain muda seperti Neve Campbell, Rose McGowan, Skeet Ulrich dan Matthew Lillard serta bintang top seperti Drew Barrymore dan Courteney Cox, Scream bisa dibilang membawa gaya baru dalam genre horor dan slasher.

Dibesut sutradara spesialis film horor, Wes Craven, film ini tidak menampilkan hantu atau mahluk halus untuk menakut-nakuti penonton. Manusia ternyata lebih seram dan kejam dari mahluk halus mana pun. Scream sukses besar saat dirilis pada 1996 dan membuahkan sekuel sampai Scream 4.

4. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project. foto: subscene.com

Dirilis pada 1999, film ini sempat disangka sebuah kejadian nyata karena pengambilan gambar dilakukan seperti dilakukan oleh orang biasa. Padahal ini film layar lebar biasa tapi dengan tehnik pengambilan gambar yang tak biasa. The Blair Witch Project menjadi pemicu film-film lain yang menggunakan tehnik handheld, yang membuat penonton seperti ikut terlibat di dalam film.

Bercerita tentang tiga mahasiswa yang mencari tahu dan mendokumentasikan mengenai keberadaan mahluk Blair Witch yang menjadi legenda lokal di Black Hills, Maryland. Mereka menghilang dan hanya ditemukan video rekaman kegiatan mereka sebelum menghilang. Dengan bujet hanya sekitar 22.500 USD dan meraih penghasilan sampai 250 juta USD, The Blair Witch Project menjadi film indie dengan keuntungan terbesar sepanjang sejarah perfilman.

5. The Ring

Film Horor Jepang, The Ring

Keberhasilan The Ring atau Ringu yang dirilis pada 1998 membuka mata dunia, ternyata bukan hanya Hollywood yang bisa sukses membuat film horor. Film produksi Jepang ini menampilkan sesuatu yang simpel tapi orisinil dan tentunya sangat menyeramkan. Suasana mencekam dan tegang dibangun dengan apik, bahkan adegan di siang hari yang terang pun bisa membuat penonton merinding!

Sutradara Hideo Nakata menggarap film horor psikologis ini berdasarkan novel berjudul sama. Hasilnya, The Ring sukses di banyak negara dan mendapat banyak pujian. Selain dibuatkan sekuel, film ini juga dibuat dalam versi Korea dan Hollywood. Pasca keberhasilan The Ring, film-film horor dari Asia mulai menarik perhatian dunia internasional termasuk Hollywood.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading