Sukses

Entertainment

Ahmad Dhani: Jawa Saya 25 Persen, Lebih ke Jerman

Fimela.com, Jakarta Ahmad Dhani kembali menyebut-nyebut darah Jerman yang ada pada dirinya. Seperti diketahui, garis keturunan itu Dhani dapatkan dari sang ibu, Joyce Theresia Pamela Kohler yang menikah dengan mendiang ayahnya, Eddy Abdul Manaf.

Dalam sebuah album miliknya, Dhani pernah menyebut nama Jan Pieter Frederich Kohler dan berterimakasih atas gen yang diwariskan kepadanya. Disebut-sebut, Jan Pieter Frederich Kohler merupakan orang Jerman.

Ahmad Dhani gelar Tedak Siten. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Kalau saya lebih Jerman. Justru saya Jawanya cuma 25 persen," kata Ahmad Dhani di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/1).

Pernyataan itu Dhani lontarkan ketika ia menggelar prosesi Tedak Siten untuk anak bungsunya, Ahmad Syailendra Airlangga. Ia telah melakukan prosesi adat Jawa ini semenjak anak pertamanya, Al Ghazali.

Ahmad Dhani gelar Tedak Siten. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ia berharap anak-anaknya kelak bisa melestarikan salah satu tradisi Jawa yang menurutnya sangat baik tersebut. Dan baginya, secara gen anak-anaknya lebih berhak menggelar prosesi ini dibandingkan dirinya.

"Ya mau nggak mau (harus ikut melestarikan), kan sebenarnya anak-anak lebih Jawa dari saya. Kan ibu mereka Jawa, keluarga semua Jawa. Kalau mereka sebenarnya cukup banyak (gen Jawa)," tutur Dhani.

Bagi Dhani, Tedak Siten merupakan warisan leluhur yang layak untuk terus dipertahankan. Ada banyak filosofi yang diambil dalam tahap-tahap prosesi tersebut. "Intinya dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Ini tradisi yang baik," tegas Ahmad Dhani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading