Sukses

News & Entertainment

Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia, 5 Film Bertema Nasionalis Ini Patut Ditonton

ringkasan

  • Sambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun, lima film berikut patut ditonton.
  • Film Soekarno menjadi salah satu film yang wajib ditonton untuk mengetahui perjuangan sang proklamator merebut kemerdekaan RI.
  • Terbaru adalah film Perburuan yang tayang pada 15 Agustus 2019 lalu.

Fimela.com, Jakarta Indonesia sebentar lagi akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke-74 tahun pada 17 Agustus 2019 esok hari. Tentu banyak hal yang dapat dilakukan untuk merayakannya selain mengikuti upacara bendera dan berbagai perlombaan. Lewat karya yang lahir dari tangan-tangan sineas kebanggaan bangsa Indonesia, hari kemerdekaan juga bisa dirayakan dengan menyaksikan film-film yang bertemakan nasionalis dan juga sejarah tentang tanah air.

Berikut ini adalah 5 film yang mengisahkan tentang sejarah bangsa Indonesia yang patut ditonton sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 silam.

Soekarno

Film Soekarno garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang Soekarno dan rekan-rekan seperjuangannya dalam mengupayakan kemerdekaan Indonesia. Dibintangi Ario Bayu sebagai sang proklamator.

Di film yang tayang pada 2013 ini juga menampilkan pidato-pidato Soekarno yang disampaikan dengan penuh semangat. Selain itu dikisahkan juga tentang Soekarno dan kawan-kawannya yang diasingkan hingga detik-detik kemerdekaan Indonesia.

Kartini

Perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dalam mengenyam pendidikan, dikisahkan dalam film Kartini yang tayang pada tahun 2017 lalu. Dian Sastrowardoyo, didapuk memerankan karakter Kartini.

Film yang berhasil mengantarkan Christine Hakim meraih Piala Citra kedelapan dalam perannya sebagai Ngasirah (ibu dari Kartini), menceritakan tentang Kartini yang tumbuh dengan menyaksikan sang ibu menjadi orang yang terbuang di rumahnya sendiri.

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Di awal-awal kemerdekaan, tokoh nasional bernama Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto juga memiliki andil yang begitu besar dalam mempertahankan martabat bangsa. Di film yang bertajuk Guru Bangsa Tjokroaminoto yang tayang pada tahun 2015 lalu mengisahkan tentang perjuangan Tjokroaminoto dalam menyadarkan bangsa yang kala itu masih minim dalam dunia pendidikan dan kemiskinan juga di mana-mana. 

Melalui organisasi Sarekat Islam, ia melakukan aksi dan sosialisasi di masyarakat dengan sangat gigih. Tujuannya lagi-lagi untuk mempertahankan martabat bangsa Indonesia. Film garapan Garin Nugroho ini dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai HOS Tjokroaminoto, Alex Abbad, Putri Ayudya, Maia Estianty, Didi Petet, Chelsesa Islan, dan bintang lainnya.

Perburuan

Film garapan sutradara Richard Oh ini berlatarkan tentang enam bulan setelah tentara Pembela Tanah Air (PETA) melawan tentara Jepang di Indonesia yang menyebabkan Hardo (Komandan PETA) yang terluka akibat perang. Ia memilih untuk bersembunyi di hutan karena tentara Jepang yang menganggapnya sebagai musuh negara.

Namun, satu jelang hari kemerdekaan terungkap bahwa adanya pengkhianatan yang dilakukan ayah tunangan Hardo dan sahabatnya, Karmin. Film yang baru tayang pada 15 Agustus 2019 lalu dan masih mewarnai layar bioskop ini dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Hardo, Ayushita sebagai tunangan Hardo, dan masih banyak lagi.

Rumah Merah Putih

Bukan tentang perjuangan merebut kemerdekaan, film Rumah Merah Putih garapan Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale ini mengisahkan tentang anak-anak asli NTT yang hidup sederhana di perbatasan namun memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang begitu tinggi. Banyak pesan yang diangkat dalam film ini, namun Ari berhasil mengemasnya dengan menarik dan ringan untuk ditonton semua kalangan.

Film Rumah Merah Putih ini dibintangi oleh Pevita Pearce, Shafira Umm, Yama Carlos, Abdurrahman Arif, Dicky Tatipikalawan dan masih banyak lagi.

Lima film di atas pastinya cocok banget disaksikan kembali sebagai bentuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun ini. Tujuannya, untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan di tahun 1945 lalu. Selamat Hari Kemerdekaan!

Saksikan Video Pilihan Berikut

Loading