Sukses

News & Entertainment

Perjalanan di Balik Dua Album Reality Club

Fimela.com, Jakarta Skena musik indie belakangan ramai berkat hadirnya para musisi yang menawarkan kualitas dan karakter dalam karyanya. Di antara sejumlah nama, Reality Club jadi salah satu yang mencuri perhatian penikmat musik, terutama kawula muda.

Dimotori oleh kakak beradik Faiz Novascotia dan Fathia izzati, lalu Iqbal, Nugi, Era Reality Club cukup solid dengan karakter musik yang diusung. Sejauh ini band asal Jakarta tersebut telah menelurkan dua album, yakni Never Get Better (2017) dan yang terbaru Whad Do You Really Know? (2019). 

Wajar jika orang mengenal Reality Club berkat Fathia Izzati yang notabene seorang Youtuber dan content creator. Namun musik mereka bicara tak kalah keras dari popularitas sang vokalis di dunia maya.

Langkah-Langkah Awal Reality Club

Faiz Novascotia Saripudin, gitaris sekaligus vokalis Reality Club mengenang kembali perjalanan awal bandnya. Rupanya justru sang adik, Fathia Izzati yang mengajaknya untuk bergabung.

"Awalnya diajakin gabung Reality Club itu udah ada Fathia, Era sama Mayo. Latihan pertama kirain bakal cover bawain lagu orang lagi, terus Mayo nanya ada yang punya lagu nggak? Trus gue tunjukin Is It The Answer ke mereka dan semua kayanya suka," kata Faiz kepada Fimela.com belum lama ini.

Singkat cerita, album perdana mereka, Never Get Better terselesaikan dan dirilis pada 2017. Proses rekaman yang 'home-made' tak menyurutkan semangat Reality Club untuk memperkenalkan lagu-lagunya. "Bener, album pertama emang DIY banget, kita sampe take vocal di kloset biar suaranya dapet, belum kalo ada suara bocor kita harus ngulang lagi," ujarnya.

Album Kedua, Tur Luar Negeri

Terinspirasi dari band-band seperti Arctic Monkeys, Two Doors Cinema Club hingga Last Dinosaurs, memberi keunikan tersendiri terhadap musik Reality Club. Perspektif mereka pun cukup cepat berevolusi dari album pertama menuju album kedua.

What Do You Really Know? jadi tajuk yang diusung Faiz Cs. Memiliki tema umum lebih mature dan menggambarkan kehidupan secara lebih nyata, track-track yang terdapat di album ini menyumbang cerita masing-masing. Yang jelas, proses pengerjaan album kedua lebih matang dri sisi produksi.

SSR dan Alexandra menjadi dua single yang memperkenalkan layer demi layer album kedua. Reality Club pun menggelar tur di Malaysia dan Singapura, yang jadi salah satu konser tak terlupakan bagi Faiz.

"Pas manggung di Singapura kaget banget sih, Alexandra baru rilis semingguan kalo ga salah, tapi semua orang nyanyi pas di showcase, itu berkesan banget sih," tuturnya. Selain Singapura dan Kuala Lumpur, Reality Club juga menyambangi Bali, Palembang, dan Makassar untuk bernyanyi bersama para pendengar.

Simak juga video menarik berikut ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Reality Club akan Unjuk Gigi di SXSW Texas, Amerika Serikat