Sukses

Entertainment

5 Lagu Hip Hop yang Sempat Ngehits di Indonesia Era 90an

Fimela.com, Jakarta Beragam genre musik silih berganti mewarnai skena pada zamannya. Hip hop contohnya, yang meninggalkan rekam jejak manis nan nostalgic di era 90an.

Musik yang diadaptasi dari budaya Amerika Serikat ini tumbuh subur di Indonesia. Bait demi bait lirik yang rapat dihujam, dikawal dengan irama dan beat yang membuat goyang.

Selain musiknya yang identik dengan rap dan beatnya, kultur hip hop juga membawa pengaruh terhadapĀ cara orang berpakaian. Karenanya hip hop pada masa itu cukup signifikan kehadirannya.

Untuk sejenak mengenang nostalgi di masa 90an, berikut sederet lagu hip hop yang berkesan bagi para penikmat musik.

Sweet Martabak - Tididit

Musik kerap mengambil referensi dariĀ eranya masing-masing. Contohnya di lagu Tididit dari Sweet Martabak, yang digambarkan sebagai bunyi pager.

Saat itu pager jadi alat komunikasi yang marak digunakan layaknya smartphone di era sekarang. Masih ingat penggalan liriknya? Tidit tidit pager ku berunyi, tidit tidit begitu bunyinya.

NEO - Borju

NEO jadi nama yang tak terlupakan sebagai produk era 90an. Karya-karya mereka masif didengarkan di berbagai daerah di Indonesia.

Grup yang muncul di akhir 90 ini dikenal dengan sederet hitsnya, termasuk Borju yang fenomenal. Pesan yang disampaikan di lagu ini cukup sederhana tapi juga menohok, khas racikan lirik di genre hip hop.Ā 

Black Skin - Cewek Matre

Cewek Matre berhasil membuat nama Black Skin dikagumi pada masanya. Lagu mereka itu masuk dalam album kompilasi Pesta Rap 1 yang sangat booming.

Di antara beberapa lagu karya mereka, Cewek Matre jadi yang paling ikonik dan hits. Grup ini juga sempat bongkar pasang personel yang jadi cikal bakal lahirnya NEO dan Sweet Martabak.

Boyz Got No Brain ā€“ Nyamuk

Masih dari album Pesta Rap yang rilis 1995, ada lagu unik berjudul Nyamuk dari Boyz Got No Brain. Liriknya terinspirasi dari cerita sehari-hari tentang hewan pengisap darah tersebut.

Tahun 1997, Boyz Got No Brain kembali memasukkan lagunya di album kompilasi Pesta Rap 3. BerjudulĀ Aku Ingin Pergi, mereka meninggalkan jejak sebagai grup yang disegani di skena hip hop.

Iwa K - Bebas

Tak lengkap rasanya membahas musik hip hop 90an tanpa menyebut nama Iwa K. Sang rapper legendaris ini bisa dibilang jadi pelopor perkembangan hip hop di Indonesia.

Ada lagu Bebas yang everlasting dan melegenda, lalu beberapa hits singlenya yang meledak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah Nombok Dong, Batman Kasarung hingga Malam Ini Indah.

Simak juga video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading