Sukses

Parenting

Anak ngambek tak mau sekolah, ibu sebaiknya bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang harus dihadapi orangtua saat anak sudah memasuki usia sekolah adalah saat mereka mogok dan ngambek. Sebagai ibu jangan mudah naik pitam. Jangan memarahi anak karena cara tersebut bukanlah cara efektif dan malah membuat anak malas dan takut.

Lalu, apa sih yang seharusnya dilakukan saat anak mogok sekolah? Sebaiknya ibu memberinya semangat dan bukannya memarahi si anak. Tanyakan pada anak apa yang membuatnya enggan pergi ke sekolah, padahal sekolah baru saja dimulai. Dengan mengetahui penyebab anak malas sekolah, ibu akan tahu bagaimana menyelesaikan masalah ini.

Jika ia tidak menyukai teman-temannya, katakan padanya bahwa ia tidak harus menyukai semua orang di dunia ini, karena setiap orang itu berbeda. Jika ia tidak menyukai guru-gurunya, beritahu ia bahwa yang paling penting bukan siapa gurunya, tapi ilmu yang diajarkan. Berikan penjelasan yang baik dan bisa diterima oleh anak.

Sebisa mungkin ibu harus menghindari berkata yang buruk-buruk atau memarahinya tentang ketidakmauannya pergi ke sekolah. Anak akan semakin marah karena merasa orangtuanya tidak mendukungnya.

What's On Fimela
Loading