Sukses

Parenting

3 Tanda Asupan ASI untuk si Kecil Cukup

Fimela.com, Jakarta Sebagia seorang ibu, tentu Sahabat Fimela ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Termasuk dengan memberikan asupan ASI yang cukup. Kebutuhan ASI harus terpenuhi karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Nah, apakah pernah terlintas dalam pikiran ASI yang diberikan untuk si kecil sudah cukup? Berikut ini adalah tanda jika ASI yang diminum si kecil sudah cukup. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Frekuensi menyusu yang cukup

Kebutuhan ASI setiap bayi berbeda. Namun yang perlu diketahui salah satu tanda jika kebutuhan ASI bayi terpenuhi adalah, frekuensi menyusunya cukup. Dibandingkan dengan intensitasnya, frekuensi menyusu bayi akan makin sering seiring bertambahnya usia. Sebagai patokan, anak baru lahir dapat menyusu hingga 12 kali atau tiap dua atau tiga jam.

Frekuensi menyusu ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia si kecil.

 

2. Mood bayi terjaga

Pernah merasa ingin tahu si kecil tiba-tiba sangat moody? Ternyata kecukupan asupan ASI sangat berpengaruh dengan tingkat mood bayi.Mood bayi yang meningkat setelah menyusu juga terkait bahwa mereka telah mendapatkan cukup ASI.

Bayi juga akan memiliki kualitas tidur yang baik saat ia mendapatkan cukup ASI. Nah, saat si kecil rewel saat tidur kemungkinan kebutuhan ASI nya tidak terpenuhi.

 

3. Memiliki berat badan yang seimbang

Jika berat badan bayi menurun ketika ia baru lahir, hal ini termasuk hal yang wajar. Yang perlu diingat setelah berumur 1-2 minggu maka berat badannya akan meningkat. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui apakah berat badannya normal. Kenaikan berat badan yang normal adalah 500 gram hingga 1 kilogram tiap bulannya. Jika kenaikan berat badan bayi kurang dari tersebut kemungkinan ia kekurangan ASI.

Sahabat Fimela demikian 3 tanda jika bayi mendapatkan asupan ASI. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Loading