Sukses

Parenting

6 Tips ASI Tetap Lancar Saat Puasa Ramadan Bagi Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Ramadan adalah bulan yang identik dengan ibadah puasa. Wajib bagi setiap umat muslim untuk berpuasa di bulan Ramadan. Mengingat ini adalah ibadah wajib, Mom tentu tak ingin ketinggalan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Namun, bagaimana dengan Mom yang masih menyusui? Apakah puasa boleh dilakukan dan tetap aman untuk tumbuh kembang buah hati? 

Melansir dari laman klikdokter.com, puasa tetap aman dilakukan selama menyusui asal Mom memiliki pola hidup sehat. Puasa akan tetap berjalan lancar selama Mom memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan Mom di rumah demi dapatkan puasa yang lancar selama Ramadan bersamaan dengan momen menyusui. Berikut tipsnya.

Perhatikan Nutrisi yang Masuk ke Dalam Tubuh

Pastikan untuk memerhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan kurma untuk mendapatkan ASI yang tetap melimpah saat puasa Ramadan. Perbanyak porsi makan di waktu berbuka dan sahur. Penuhi juga kebutuhan karbohidrat, serat, protein dan vitamin.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips selanjutnya adalah perbanyak konsumsi air putih. Pastikan untuk mencukupi cairan dalam tubuh dengan lebih baik. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Usahakan untuk minum air putih lebih dari 8 gelas selama waktu berbuka hingga waktu sahur.

Tingkatkan Aktivitas Menyusui atau Memompa ASI

Semakin sering kamu menyusui buah hati dan memompa ASI, produksi ASI yang ada pun akan semakin melimpah. Usahakan untuk meningkatkan aktivitas menyusui atau memompa demi dapatkan ASI yang tetap lancar selama puasa Ramadan.

Hindari Stres

Pastikan untuk menghindari stres selama menyusui. Penelitian menemukan jika stres jika menghambat produktivitas ASI. Stres bahkan bisa membuat produksi ASI berhenti secara total. Sebaiknya jaga pikiran agar tetap bahagia.

Konsumsi Booster ASI

Usahakan untuk mengonsumsi booster ASI di malam hari saat puasa Ramadan. Booster bisa berupa makanan yang meningkatkan produksi ASI atau susu ibu menyusui. Booster penting dikonsumsi demi dapatkan ASI yang tetap melimpah saat puasa.

Miliki Istirahat Cukup

Pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Istirahat cukup akan membantumu memiliki tubuh yang lebih sehat dan pikiran yang lebih bahagia. Tubuh sehat dan pikiran bahagia berpotensi meningkatkan produksi ASI baik saat puasa maupun di luar waktu puasa. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan demi dapatkan produksi ASI yang lancar setiap harinya selama Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mengASIhi bagi Mom di manapun kamu berada.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading