Sukses

Parenting

8 Cara Mencegah Sakit Kepala Selama Hamil

Fimela.com, Jakarta Pusing atau sakit kepala selama hamil sangatlah mengganggu dan tidak nyaman. Di trimester pertama, sakit kepala sering terjadi karena adanya perubahan hormon. Bagi yang baru pertama menjalani kehamilan, hal ini jelas sangat mengganggu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit kepala selama hamil. Seperti dikutip dari momjunction.com, cara pencegahannya bisa dimulai dari menjaga pola makan hingga mengondisikan rutinitas sehari-hari. Untuk selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

1. Selalu makan dengan teratur

Gula darah rendah bisa menyebabkan sakit kepala selama kehamilan. Kondisi gula darah rendah ini pun bisa terjadi karena melewatkan jam makan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil agar selalu makan teratur dan diselingi dengan menikmati camilan atau kudapan sehat setiap harinya.

2. Hindari begadang

Tidur yang cukup dan berkualitas bisa bantu mengurangi risiko terkena sakit kepala dan migrain. Ibu hamil sebaiknya tidak begadang. Cukupi kebutuhan istirahat dan tidur malam hari agar kondisi tubuh bisa tetap bugar.

3. Bikin jurnal makanan

Beberapa jenis makanan seperti daging olahan, cokelat, es krim, dan keju bisa memicu sakit kepala. Begitu merasa sakit kepala atau pusing, coba ingat kembali makanan apa yang baru dikonsumsi lalu catat di jurnal agar bisa lebih mudah melacak dan menandai jenis makanan yang sebaiknya dihindari bila tak ingin mengalami sakit kepala.

4. Batasi konsumsi kafein

Kalau dulu punya kebiasaan minum dua sampai tiga gelas kopi sehari, kini setelah hamil coba dikurangi cukup satu gelas per hari saja. Karena konsumsi kafein berlebihan bisa memicu sakit kepala pada ibu hamil.

5. Hirup udara segar

Kenakan baju longgar dan sering-seringlah menghirup udara segar. Mengenakan baju ketat atau terus-terusan berada di ruangan yang panas dan tertutup bisa memicu sakit kepala pada ibu hamil.

6. Hindari tempat-tempat bising

Suara bising dan berisik bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala. Ada baiknya untuk meluangkan lebih banyak waktu di tempat yang tenang agar bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

7. Jaga postur tubuh

Jangan kebanyakan membungkukkan tubuh. Saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, sebisa mungkin posisikan tubuh untuk bisa selalu tegak.

8. Ikuti aktivitas olahraga untuk ibu hamil

Kita bisa ikut kelas yoga, meditasi, atau latihan pernapasan khusus ibu hamil untuk mencegah pusing atau sakit kepala. Bahkan sekadar jalan-jalan santai pun bisa sangat membantu menurunkan risiko terkena sakit kepala.

Cara-cara di atas merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit kepala saat hamil. Semoga infonya bermanfaat, ya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jakarta Masuk Daftar 50 Kota Terbaik di Dunia Terkait Respons COVID-19
Artikel Selanjutnya
Hujan Deras, Terpantau Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air